Yoshida: Tidak Semua Orang akan Suka dengan Combat System FF XVI

Final Fantasy XVI adalah salah satu judul game yang paling dinanti perilisannya. Nama besar sekaligus proses pembuatannya yang lama membuat para fans berharap game ini sempurna saat rilis nanti. Akankah ekspektasi tersebut terwujudkan? Bisa saja iya, bisa saja tidak.

Saat diwawancara oleh Comic Days (Diterjemahkan oleh VGC), producer Final Fantasy XVI Naoki Yoshida langsung memberikan peringatan bagi para fans Final Fantasy. Ia menjelaskan bahwa mungkin saja combat system dari Final Fantasy XVI tidak bisa diterima oleh semua fans karena menggunakan gaya yang berbeda.

Yoshida mengakui bahwa Final Fantasy XVI sudah meninggakan combat system turn-based yang selama ini menjadi ciri Final Fantasy dan beralih ke action. Alasannya adalah gaya tersebut lebih disukai oleh gamer zaman sekarang. Ia mencontohkan game sekarang sangat responsif dimana pemain cukup menekan satu tombol untuk membuat karakternya menembak atau mengayunkan pedang.

Perubahan combat system bukan satu-satunya ciri khas yang dihilangkan oleh Yoshida. Konsep open world yang selama ini melekat juga tidak akan digunakan di Final Fantasy XVI. Sebagai gantinya developer akan memproyeksikan dunia Final Fantasy XVI dalam per wilayah atau area.

Final Fantasy XVI akan rilis pada musim panas 2023 eksklusif di PlayStation 5. Kira-kira perlu waktu berapa tahun sampai versi PCnya rilis?