Dimulai dari Pokemon Sun & Moon wilayah baru memiliki Pokemon native atau Pokemon asli. Biasanya Pokemon ini memiliki ciri khas sendiri yang membedakannya dengan Pokemon lain. Pada Pokemon Sword & Shield jenis Pokemon ini ternyata juga ada.

Weezing dan Zigzagoon akan memiliki variasi di Pokemon Sword & Shield. Weezing di game ini akan memiliki cerobong seperti topi di kepalanya. Tipenya pun berubah, dari Poison menjadi Poison/Fairy. Zigzagoon juga akan mengalami perubahan. Tipe Pokemon ini akan berubah menjadi Dark/Normal. Evolusi Zigzagoon juga akan bertambah. Setelah Linoone, Pokemon ini masih bisa berevolusi menjadi Obstagoon. Jenis Pokemon baru lainnya adalah Morpeko. Pokemon berbentuk tikus ini bisa berubah jika tidak diberi makan.

Trailer baru Pokemon Sword & Shield juga memperkenalkan rival. Ada dua rival yang diperlihatkan, yaitu Bege dan Marnie. Khusus untuk Marnie, ia memiliki kelompok fans bernama Team Yell. Sama seperti Team Rocket, Team Yell juga sering membuat masalah demi menjadikan Marnie sebagai trainer Pokemon terbaik.

Fitur baru yang diperkenalkan di Pokemon Sword & Shield adalah Pokemon bisa menerima job. Kamu hanya tinggal memilih Pokemon yang sesuai dengan kriteria job yang diambil lalu mengirimnya. Jika job tersebut selesai maka Pokemon akan mendapatkan experience points

Pokemon Sword & Shield rencananya akan dirilis pada tanggal 15 November 2019 eksklusif di Nintendo Switch.