Tidak Ada Dunia Open World di Final Fantasy XVI

Lupakan harapanmu jika ingin melihat dunia open world Final Fantasy XVI. Producer Naoki Yoshida telah mengkonfirmasi bahwa Final Fantasy XVI tidak memiliki dunia open world. Informasi ini diungkap saat ia diwawancara oleh IGN.

Sebagai gantinya, Final Fantasy XVI akan menampilkan dunianya per wilayah dalam satu area saja. Menurut Yoshida cara ini dinilai bisa membuat pemain Final Fantasy XVI bisa lebih merasakan cerita dan konflik yang ada di dalam game.

Meski tidak lagi menghadirkan dunia open world, Yoshida meyakinkan bahwa hal tersebut tidak akan berdampak banyak. Sebabnya ia tetap menggunakan ide dari game open world lainnya dalam mendesain Final Fantasy XVI. Ia juga merasa bahwa gamer muda zaman sekarang tidak pernah memainkan game Final Fantasy sebelumnya. Oleh karena itu ia mencoba untuk membuat Final Fantasy XVI bisa tetap diminati oleh gamer muda sekaligus fans Final Fantasy.

Informasi lainnya yang diungkap Yoshida soal Final Fantasy XVI adalah karakter utama yaitu Clive akan memiliki karakter pendamping. Namun karakter pendamping ini tidak bisa dikendalikan oleh pemain alias otomatis. Pemain hanya bisa menggunakan Clive. Selain membantu dalam pertempuran, karakter pendamping ini juga akan berinteraksi dengan Clive.

Final Fantasy XVI akan dirilis pada musim panas 2023 eksklusif di PlayStation 5.