Teknologi USB4 Versi 2.0 Resmi Diumumkan, Bawa Kecepatan Hingga 80 Gbps

Teknologi USB4 yang diumumkan pada tahun 2019 lalu telah merevolusi industri teknologi yang ada di dunia. Di mana pengguna bisa merasakan kecepatan bandwith hingga 40 Gbps. Kini, USB4 versi 2.0 telah diumumkan dan kemampuannya dapat melampaui generasi pertama, yang diklaim memiliki dukungan kecepatan bandwith hingga 80 Gbps.

Mengutip Businesswire.com, USB Promoter Group mengumumkan generasi baru USB4 versi 2.0 memiliki pembaruan kecepatan yang signifikan, bahkan dua kali lipat dibanding generasi pertama. Itu bisa dilakukan melalui kabel dan konektor USB-C.

“Karakteristik utama dari solusi USB4 yang diperbarui meliputi: Hingga 80 Gbps operasi, berdasarkan arsitektur lapisan fisik baru, menggunakan kabel pasif USB Type-C 40 Gbps yang ada dan kabel aktif USB Type-C 80 Gbps yang baru ditentukan,” kata USB Implementers Forum dalam siaran persnya.

Semua pembaruan spesifikasi ini diharapkan akan dipublikasikan sebelum rangkaian acara pengembang USB DevDays pada 15-16 November mendatang di Seattle dan Seoul, Korea Selatan.

USB Developer Days 2022 sendiri akan mencakup pelatihan teknis terperinci yang mencakup pembaruan terbaru untuk spesifikasi USB4, USB Type-C, dan USB PD. Pendaftaran untuk dua acara yang dijadwalkan, 1-2 November di Seattle, WA dan 15-16 November di Seoul, Korea Selatan, akan segera dibuka di situs web USB-IF (www.usb.org).

Pembaruan versi saat ini secara khusus ditujukan untuk pengembang. Pedoman branding dan pemasaran akan diperbarui di masa mendatang untuk menyertakan USB 80 Gbps baik untuk mengidentifikasi produk bersertifikat maupun kabel bersertifikat.

Sekadar informasi, USB Promoter Group terdiri dari Apple Inc., Hewlett-Packard Inc., Intel Corporation, Microsoft Corporation, Renesas Electronics Corporation, STMicroelectronics, dan Texas Instruments. Grup ini mengembangkan rangkaian spesifikasi USB untuk memenuhi kebutuhan pasar akan peningkatan fungsionalitas dan kinerja solusi USB.

Kedepannya, mungkin saja kita akan melihat perangkat dock atau hub yang telah menggunakan USB4 generasi terbaru dengan koneksi upstream melalui Thunderbolt. Dengan bandwidth hingga dua kali lipat dibanding Thunderbolt 4, yang memungkinkan lebih banyak tampilan dan perangkat bisa terhubung secara bersamaan. Ini juga memungkinkan kecepatan pengisian hingga 240W, yang sebelumnya Thunderbolt dibatasi hingga 100W.