Rewind: Menjajal Destiny 2 yang Sekarang Gratis

Bulan Oktober ini sebetulnya adalah bulannya bagi gamer yang doyan game gratisan untuk bergembira. Apa sebabnya? Karena game shooter Destiny 2 mengratiskan layanannya! Ya, kamu tidak salah baca. Destiny 2, game AAA shooter buatan Bungie gratis!

Loh bukannya Destiny 2 itu Buy To Play (B2P) yah? Buat kamu yang ketinggalan berita, perubahan Destiny 2 dari B2P menjadi Free To Play (F2P) bersamaan dengan keputusan Bungie berpisah dengan Activision. Karena tidak lagi berada di bawah sayap Activision, Bungie juga mengeluarkan Destiny 2 dari Battle.net. Sebagai gantinya, Bungie memilih Steam sebagai platform baru Destiny 2. Bungie juga merubah kebijakan dari B2P menjadi F2P.

Eits jangan kesenengan dulu. Destiny 2 memang gratis, namun tidak untuk semua konten. Ekspansi baru Destiny 2, Forsaken dan Shadowkeep tidak bisa diakses secara gratis alias harus dibeli terlebih dahulu. Tapi jangan khawatir, Destiny 2 masih memiliki banyak konten lain bisa kamu nikmati.

Main story The Red War dan dua campaign sesudahnya bisa dimainkan gratis

Konten F2P Destiny 2 diberi nama New Light. Jika dilihat dari isi kontennya, kamu hampir mendapatkan semua konten Destiny 2 di New Light. Untuk main story, kamu bisa memainkan tiga campaign:

  • The Red War
  • Curse of Osiris
  • Warmind

Berbagai fitur yang bisa diakses lewat New Light:

  • Black Armory Forges
  • Gambit + Gambit Prime
  • The Menagerie
  • Crucible
  • Strikes + Nightfall Strikes
  • Raid

Pemain Destiny 2 New Light juga bisa mendapatkan item dan armor exotic, namun jumlahnya terbatas. Item dan armor exotic yang ada di ekspansi Forsaken dan Shadowkeep tidak bisa didapatkan oleh pemain New Light. Hal yang sama juga berlaku dengan konten-konten lainnya yang baru diimplementasi di Forsaken dan Shadowkeep. Semuanya tertutup kecuali kamu mau mengeluarkan uang untuk membeli ekspansinya.

Semua planet di Destiny 2 bisa kamu jelajahi dengan New Light. Artinya kamu bisa menjelajahi planet yang ada di ekspansi Forsaken dan Shadowkeep. Tapi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu tetap tidak bisa menikmati konten dari kedua ekspansi tersebut. Setidaknya kamu bisa mencicipi dulu rasa dari Forsaken dan Shadowkeep. Jika suka silahkan beli, jika tidak juga tidak masalah.

Untuk detailnya mengenai konten apa saja yang gratis di New Light, kamu bisa membaca secara detail di infographic yang dibuat oleh Bungie. Satu lagi, jika kamu memainkan Destiny 2 dengan New Light, game akan dimulai di lokasi yang bernama Old Cosmodrome. Level perkenalan ini diambil dari game Destiny pertama.

 

Destiny 2 New Light dari Sudut Pandang Gamer Baru

Jujur saja, ini pertama kalinya saya memainkan Destiny 2. Sebagai gamer baru, menurut saya Destiny 2 sangat menyenangkan untuk dimainkan. Konten gratis yang bisa saya coba di New Light sangat banyak. Belum lagi tampilan visual game ini yang memanjakan mata. Tidak ada game shooter F2P lain yang bisa menyaingi Destiny 2.

Destiny 2 memiliki main story yang dimulai dari The Red War. Setelah itu kamu bisa melanjutkan ke ekspansi berikutnya, Curse of Osiris dan Warmind untuk yang gratis, lalu Forsaken dan Shadowkeep yang berbayar. Sayangnya main story Destiny 2 hanya pemanis saja. Justru core dari game Destiny 2 ada di konten multiplayernya.

Konten multiplayer di Destiny 2 banyak variasinya, mulai dari PVE dan PVP. Untuk PVE ada strikes dan raid. Mode ini memiliki matchmaking, tapi ada juga yang harus fixed party. Lalu untuk PVP ada crucible dan mode hybrid gambit. Dalam gambit kamu tidak hanya bertarung dengan NPC, tapi juga pemain lain. Saking banyaknya konten multiplayer di Destiny 2, saya sempat bingung saat awal-awal.

Karaktermu di game Destiny 2 bisa kamu buat sendiri. Ada tiga ras yang bisa dipilih, yaitu Human, Awoken, dan Exo. Kamu juga bisa memilih class untuk karaktermu, dari Titan, Hunter, dan Warlock. Ketiga class memiliki spesialisasi sendiri. Titan adalah class tank yang bisa menyerap banyak damage. Hunter adalah class yang paling lincah dan bisa bergerak dengan cepat. Warlock adalah satu-satunya class yang bisa menggunakan magic.

Jika kamu adalah tipe gamer collector yang suka mengkoleksi barang, Destiny 2 memiliki berbagai macam item yang bisa dikoleksi. Item weapon dan armor ini dibagi dalam grade, dari common yang paling rendah sampai exotic yang super rare.

Armor set di Destiny 2

Kesimpulannya

Kesimpulannya adalah kamu wajib mencoba Destiny 2! Alasannya jelas karena ini adalah game AAA yang bisa dimainkan secara gratis. Dari segi visual, gameplay dan konten, Destiny 2 New Light sangat memuaskan.

Kekurangannya penjelasan yang njelimet bagi pemain baru. Itulah saya rasakan saat pertama kali memainkan New Light. Ketika saya pertama kali mulai, saya sempat bingung karena tidak diberikan arahan yang jelas. Terlalu banyak perkenalan konten-konten PVE dan PVP sampai-sampai saya tidak diarahkan ke main story.

Meski bukan lagi game baru, keputusan Bungie untuk menggratiskan Destiny 2 membuat banyak gamer baru tertarik mencobanya. bisa kamu mainkan secara gratis dari Steam (PC), PS4 dan Xbox One.