Review Stranger of Paradise Final Fantasy Origin: Chaos!

Jika Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin ingin disimpulkan dalam satu kata jawabannya adalah chaos. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia chaos adalah kekacauan.

Selama ini kita mengenal franchise Final Fantasy sebagai game RPG dengan gameplay turn-based atau action. Apa yang disajikan di Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin berbeda. Game yang dibuat oleh Team Ninja ini bisa dibilang adalah Nioh yang dikemas dengan cover Final Fantasy.

Square Enix juga mencoba pola baru di Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin yaitu mengeksplorasi cerita dari sudut pandang villain. Meski diadaptasi dari game Final Fantasy I, karakter utama game ini bukanlah seperti game originalnya. Garland yang merupakan main villain Final Fantasy I justru menjadi karakter utama Stranger of Paradise.

Dengan racikan yang berbeda apakah Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin berhasil? Jawabannya seperti yang saya tulis pada awal paragraf yaitu CHAOS!

Gameplay yang Berbeda dari Game Final Fantasy Lain

Review akan saya mulai dari segi gameplay yang menurut saya adalah hal terbaik di game Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin. Gameplay hack’n slash ala Nioh yang diimplementasi di Strange of Paradise membuat permainan menjadi intens. Pemain tidak hanya mengandalkan strategi, tapi juga refleks dan pemahaman dari skill yang tersedia.

Contohnya untuk skill bertahan ada defense, evade, dan mekanik yang dinamakan soul shield. Untuk bisa menggunakan skill-skill dengan optimal pemain harus memahaminya dulu. Menerapkan skill yang salah akan berujung dengan kematian instan karena musuh di game ini tidak kenal ampun.

Penggunaan soul shield

Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin menyediakan tiga tingkat difficulty yang dapat dipilih. Bagi yang ogah kena bully bisa memilih mode story. Untuk yang ingin mencicipi serunya battle system di Stranger of Paradise bisa memilih mode action. Khusus untuk veteran Nioh dan game Souls yang suka menyiksa diri sendiri bisa memilih mode hard. Setelah menamatkan game akan muncul mode tambahan yaitu mode chaos.

VS Chimera

Hal lain yang harus dimengerti dalam Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin adalah equipment yaitu armor dan weapon. Setiap armor dan weapon di game ini memiliki atribut yang berbeda. Tugasmu adalah menemukan yang cocok dan sesuai playstyle. Mencarinya pun cukup mudah. Setiap bermain dalam satu misi kamu akan diguyur oleh berbagai variasi armor dan weapon. Menurut saya ini cukup overwhelming terutama bagi mereka yang terbiasa dengan pilihan armor dan weapon yang lebih sedikit.

Setelah mendapatkan armor dan weapon yang mau digunakan, langkah selanjutnya adalah enchanting. Hancurkan yang tidak dipakai untuk mendapatkan material yang diperlukan untuk enchant armor dan weapon pilihanmu. Malas enchanting? Tidak masalah karena game ini menggunakan sistem scalling. Setiap membuka misi baru kamu akan mendapatkan armor dan weapon dengan level yang lebih tinggi.

Contoh disassembly, menghancurkan weapon untuk material enchanting

Kekurangan sistem scalling ini menurut saya adalah tidak dapat menaikkan level equipment. Hanya atribut dan efeknya saja yang dapat ditingkatkan. Misalnya saya mendapat weapon level 5 yang cocok. Bentuknya pun menarik dan saya ingin memakainya terus. Saya bisa memodifikasi atribut dan efek senjata ini. Tapi saya tidak bisa menaikkan levelnya. Pada akhirnya senjata ini akan obsolete karena saya akan mendapat senjata baru yang lebih kuat pada misi berikutnya.

Kekurangan ini baru tertutup saat mode chaos terbuka. Pada mode ini baru semua equipment akan berada di level maksimal. Menurut saya untuk mencapai tahap ini terlalu jauh karena gamenya harus ditamatkan dulu. Bagaimana jika ada gamer seperti saya yang ingin menggunakannya dari awal?

Kemudahan yang Disediakan

Jika saya tidak suka game seperti Nioh atau Souls, apakah artinya saya juga tidak akan suka Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin? Jawabannya mungkin saja. Tapi sebelumnya saya memintamu untuk mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

Saat bertarung kamu tidak akan sendiri. Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin memiliki party system. Karaktermu akan didampingi oleh dua NPC. Kehadiran mereka akan membuat battle menjadi lebih mudah. Kamu juga dapat memberikan perintah kepada NPC untuk menyerang musuh. Anggap saja mereka sebagai tank dan kamu adalah damage dealer-nya.

NPC maju sementara Jack casting serangan magic

NPC bisa juga diganti dengan pemain. Mode multiplayer co-op Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin bisa dimainkan oleh tiga orang. Kamu bisa memilih bermain bersama teman atau bermain random dengan orang lain.

Lobby untuk multiplayer

Selain bisa multiplayer, kemudahan lain yang ditawarkan dalam Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin adalah sistem job class. Semua job class memiliki spesialisasi yang berbeda-beda. Ada yang berfungsi sebagai tank, healer, damage dealer (Close range dan long range), dan job class hybrid. Setidaknya ada 27 job class yang bisa dipakai. Namun untuk memakainya harus kamu unlock terlebih dahulu.

Kehadiran job class ini tidak hanya memudahkan tapi juga membuat gameplay Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin menjadil lebih menarik. Kamu diizinkan untuk memilih dua job. Saat bermain kamu bisa berganti-ganti antara kedua job tersebut. Setiap job akan memiliki skill yang bisa digunakan untuk sinergi dengan job yang lain. Misalnya job Black Mage dan White Mage. Black Mage bisa menyerang dengan magic tapi membutuhkan MP. Sedangkan White Mage bisa menyerap MP setiap kali menyerang musuh.

1
2
REVIEW OVERVIEW
Visual & Grafis
Storyline
Gameplay
Sound (Soundtrack & sound effect)
Replay Value
Editor Playcubic. Gamer dengan cita-cita punya PC kelas dewa. Disamping PCnya ada PS5 dan Xbox Series X