Review ROG Fusion II 500: Headset Berkualitas Premium untuk Gamer

Ingin bermain game sambil menikmati suara dentuman atau soundtracknya secara mantap di telinga? Mungkin kamu bisa mencoba headset ASUS ROG Fusion II 500. Headset ini diklaim oleh ASUS tidak hanya menghasilkan suara yang baik, tapi juga mampu menyaring suara melalui mic secara otomatis.

Kebetulan saya mendapatkan kesempatan untuk menjajal headset ASUS ROG Fusion II 500. Jika dilihat secara sekilas, headset ini memang memiliki tampilan yang meyakinkan. Tapi bagaimana dengan fitur-fitur dan fungsinya? Saya akan jelaskan secara pertahap dimulai dari deskripsinya terlebih dahulu

Deskripsi Produk

Headset ASUS ROG Fusion II 500 memiliki bagian body berwarna hitam yang memang identik dengan produk ROG. Ukuran headset ini terbilang besar. Meski begitu bobot dari headset ini hanya 310 gram saja. Tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan alias pas.

Keseluruhan bagian body headset dilapisi oleh bahan plastik hitam yang terlihat kokoh dan terkesan premium. Untuk bagian headband terbuat dari besi. Pada bagian atasnya dilapisi oleh bantalan busa. Uniknya jika headband ini ditarik maka akan terlihat ukiran bertuliskan ROG.

Bagian earcup ROG Fusion II 500 adalah yang membuat headset ini terlihat besar. Pada bagian luar earcup terdapat logo sekaligus tulisan ROG dengan warna silver. Pada bagian ini juga terdapat fitur RGB Aura yang menyala jika headset ini disambung dengan menggunakan kabel USB type-c.

Bantalan busa cushion pada bagian earcup sangat empuk dan terbukti dapat meredam suara dari luar secara baik. Jika kamu merasa kurang nyaman dengan busa pada earcup, kamu bisa menggantinya dengan bantalan yang terbuat dari kain. Kamu juga tidak perlu membeli lagi karena bantalan kain ini sudah tersedia sebagai ekstra.

Tombol pengaturan headset terletak pada bagian earcup. Mulai dari tombol on/off untuk mic, pengaturan volume suara dari headset, tombol untuk aktivasi fitur 7.1 surround sound, dan tombol sinkronisasi untuk PC/konsol.

Untuk konektivitas, kamu bisa memilih untuk menggunakan kabel USB type-c atau kabel audio jack 3,5mm. Sayangnya ASUS belum menyematkan fitur wireless pada headset ini.

Suara yang Mantap!

Ketika seseorang menggunakan headset, hal pertama yang dicari pasti adalah suaranya. Untuk suara yang dihasilkan oleh ASUS ROG Fusion II 500 saya bisa mengkonfirmasi jika hasilnya sangat baik. Kualitas suara yang muncul jernih terutama pada untuk bassnya yang nendang.

Ini berkat teknologi yang disematkan dalam headset ROG Fusion II 500. Headset ini telah menggunakan chip ESS 9280 Quad DAC dan tidak hanya satu, melainkan 4 chip. Teknologi ini memungkinkan proses penyaringan suara menjadi lebih smooth dalam 4 frekuensi yaitu low, medium, high, dan ultra high. Teknologi ini lalu ditambah dengan ASUS Essence drivers berukuran 50mm yang disematkan pada bagian earcup. Hasilnya adalah suara yang dihasilkan menjadi jernih.

Saya sempat menyebut bahwa ROG Fusion II 500 memliki fitur 7.1 surround sound. Jika fitur ini diaktifkan, kamu akan bisa mendengar suara sesuai dengan arah datangnya. Fitur ini cocok untuk digunakan saat bermain game FPS. Saya sudah mencoba menggunakan fitur 7.1 surround sound untuk menonton film. Hasilnya adalah saya mendapatkan pengalaman menonton yang imersif.

Untuk aktivasi fitur 7.1 surround sound cukup dengan menekan tombol yang ada di bagian earcup. Untuk pengaturan yang lebih mendalam bisa dengan menggunakan aplikasi ASUS armoury crate. Selain untuk pengaturan fitur suara, melalui armoury crate kamu juga bisa mengatur sistem pencahayaan RGB.

Memiliki Microphone dengan Teknologi AI

Awalnya saya bingung ketika melihat headset ASUS ROG Fusion II 500 tidak memiliki boom mic. Karena biasanya headset gaming wajib memiliki boom mic untuk alat komunikasi ketika bermain game terutama yang kompetitif. Ternyata microphone dari ROG Fusion II 500 memang tidak berbentuk boom mic, melainkan dalam bentuk AI Beamforming Microphones.

ASUS mengklaim bahwa teknologi AI Beamforming Microphones lebih efektif dalam menyaring suara. Memang fitur noise canceling yang dimiliki teknologi ini bisa dibilang cukup baik. Suara dari luar bisa diredam dengan baik sehingga membuat suara saya menjadi jelas.

Mic dari headset ini juga bisa digunakan dalam aktivitas di luar bermain game. Misalnya saat meeting dengan menggunakan Google Meet atau sekedar ngobrol melalui aplikasi obrolan seperti Discord,

Headset Multiplatform

Headset ASUS ROG Fusion II 500 adalah headset multiplatform. Headset ini bisa digunakan pada berbagai macam perangkat, tidak terbatas hanya PC saja. ROG Fusion II 500 bisa digunakan untuk beragam konsol dari PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series bahkan Nintendo Switch dan perangkat mobile pun juga bisa.

Kesimpulan

Untuk ukuran headset gaming, ASUS ROG Fusion II 500 bisa dibilang sempurna. Dari segi kenyaman headset ini sangat memanjakan kuping penggunanya. Untuk suara headset ini juga bisa memenuhi kebutuhan akan suara yang jernih dan nendang. Bentuk mic yang tidak lagi fisik juga membuat headset ini bisa digunakan selain untuk bermain game.

Sangat disayangkan headset ini tidak memiliki fitur wireless. Padahal fitur ini sudah menjadi keharusan untuk headset gaming sekarang.

Saat ini headset ASUS ROG Fusion II 500 sudah dijual di Indonesia dengan harga sekitar Rp2,9 juta.

REVIEW OVERVIEW
Fungsionalitas
Desain
Fitur-fitur
Editor Playcubic. Gamer dengan cita-cita punya PC kelas dewa. Disamping PCnya ada PS5 dan Xbox Series X