Home Review: Resident Evil Zero HD Remaster

[Update] Review: Resident Evil Zero HD Remaster

Rebecca Chamber is back! Tagline inilah yang terus digembor-gemborkan oleh Capcom untuk mempromosikan Resident Evil Zero HD Remaster. Pertanyaannya sekarang adalah apakah pesona Rebecca saja cukup untuk membuat Resident Evil Zero HD Remaster ini menjadi game yang layak dimainkan oleh fans setia Resident Evil maupun gamer baru?

Sedikit kilas balik, sebelum dibuat versi HD Remaster-nya Resident Evil Zero sudah muncul terlebih dahulu di tahun 2002 untuk konsol Gamecube. Resident Evil Zero ini memiliki dua tokoh utama yaitu anggota S.T.A.R.S. Rebecca Chamber dan narapidana Billy Coen. Lokasi dari Resident Evil Zero akan terjadi di dua tempat yaitu kereta api Ecliptic Express serta fasilitas rahasia milik Umbrella. Resident Evil Zero merupakan awal dari seri game Resident Evil dimana pemain akan menemukan keberadaan T-Virus.

review_resident_evil_zero_remastered1

Versi Remaster dengan Tampilan Grafis yang Lebih Baik

Karena game ini adalah versi Remaster maka yang akan menjadi pertanyaan pertama gamer sebelum membeli game ini adalah bagaimana tampilannya? Gamespot sebelumnya sempat membahas mengenai perbedaan grafis Resident Evil Zero HD Remaster dengan versi Gamecubenya (Baca artikelnya di sini). Dari segi grafis tidak akan ada banyak perubahan dalam versi Remaster ini. Satu-satunya perubahan yang paling terlihat adalah segi pencahayaan dimana Resident Evil Zero HD Remaster lebih terang dan mendetail dibandingkan versi Gamecubenya. Playcubic sendiri tidak keberatan dengan tampilan grafis ini tapi mungkin bagi kalian yang sudah terbiasa tampilan grafis next gen akan merasa sedikit aneh dan ketinggalan zaman ketika memainkan Resident Evil Zero HD Remaster.

Berikut adalah video perbandingan grafis Resident Evil Zero antara versi original dengan versi HD Remaster:

Selain Story Mode Ada Pula Mode Lainnya

review_resident_evil_zero_remastered2

Resident Evil Zero HD Remaster juga memiliki fitur baru yang dinamakan Wesker mode. Dalam Wesker mode karakter Billy Coen akan digantikan oleh Albert Wesker. Skin dari Wesker ini diambil dari game Resident Evil 5. Agar lebih menarik Wesker akan dilengkapi oleh dua skill baru yaitu Shadow Dash dan Death Stare. Shadow Dash dapat digunakan untuk menghindari serangan musuh sedangkan Death Stare dapat digunakan untuk menghancurkan musuh dengan sekali serangan saja. Kostum yang dikenakan oleh Rebecca dalam Wesker mode ini juga berbeda. Ia tidak lagi menggunakan rompi anti peluru melainkan kostum hitam dengan mata berwarna merah menyala. Wesker Mode baru dapat diakses setelah pemain menamatkan Resident Evil Zero HD Remaster.

review_resident_evil_zero_remastered3

Selain Wesker Mode, Resident Evil Zero HD Remaster juga memiliki mode ekstra lain yaitu Leech Hunter mode. Capcom juga melengkapi game ini dengan sistem achievement. Beberapa achievement juga baru bisa diperoleh dengan cara spesial. Jadi untuk replay value, Resident Evil Zero HD Remaster ini bisa dimainkan sampai dengan beberapa kali apabila kalian juga mencoba beberapa mode yang sudah Playcubic sebutkan diatas.

Unsur Action Hilang, Unsur Survival dan Puzzle Kembali

Resident Evil Zero HD Remaster akan kembali keakarnya yaitu elemen survival horor. Jangan berharap kalian bisa menyaksikan adegan action yang ada dalam seri-seri terbaru game Resident Evil dalam game ini. Selama permainan kalian akan terus dihadapkan dengan ruangan sempit, peluru yang sangat terbatas serta sistem aiming yang sangat buruk. Masalah angle dan fixed camera juga sering menjadi permasalahan utama ketika Playcubic memainkan Resident Evil Zero HD Remaster. Tidak adanya gaya pandang third person shooter (TPS) yang biasa digunakan dalam game Resident Evil baru juga sering menjadi masalah. Sangat sulit untuk menembak bagian kepala zombie dengan tepat.

review_resident_evil_zero_remastered4

Puzzle super rumit yang juga termasuk dalam ciri khas game Resident Evil klasik juga akan kalian jumpai dalam game ini. Hampir 80 persen dari gameplay Resident Evil Zero HD Remaster akan dihabiskan untuk memecahkan puzzle. Beberapa puzzle dari game Resident Evil Zero HD Remaster ini bahkan sangat sulit untuk dipecahkan sampai akhirnya Playcubic harus menggunakan guide. Tidak semua puzzle dapat diselesaikan dalam satu ruangan saja, beberapa diantaranya bahkan mengharuskan pemain untuk terus berpindah-pindah dari satu ruangan ke ruangan lain. Karena sistem loading antar map yang cukup lama, berpindah-pindah antar ruangan ini menjadi sangat membosankan dan menghabiskan waktu.

review_resident_evil_zero_remastered5

Playcubic yakin gamer generasi next gen pasti tidak akan menyukai kedua hal diatas. Memang seri game Resident Evil klasik kadang terlalu ekstrim dalam hal puzzle maupun gameplay. Meskipun begitu, dua hal ekstrim ini justru menjadi ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh game-game lainnya. Bagi para fans setia Resident Evil kembali mencicipi gameplay serta puzzle ini akan menjadi sensasi tersendiri.

review_resident_evil_zero_remastered6

Intinya adalah jika kalian adalah fans dari game Resident Evil terutama seri klasiknya pasti tidak akan keberatan dengan gameplay serta puzzle yang ada dalam game ini. Namun, jika kalian adalah gamer yang baru mengenal Resident Evil dari seri ke-5 dan ke-6 maka ada kemungkinan kalian tidak akan menyukai Resident Evil Zero HD Remaster. Kenapa karena gameplay dari Resident Evil Zero HD Remaster ini sangat lambatĀ  dan tidakĀ  penuh action seperti seri ke-5 atau ke-6.

Fitur Tag Team

Karena Resident Evil Zero HD Remaster memiliki dua karakter utama, Capcom telah mengimplementasi fitur Tag Team. Melalui fitur ini pemain dapat memainkan secara bergantian antara Rebecca Chamber dan Billy Coen. Masing-masing karakter memiliki kemampuan spesial seperti Rebecca yang dapat mengkombinasikan item dan Billy yang dapat menggunakan lighter. Meskipun fitur ini menarik kadang fitur ini justru malah merepotkan. Sistem AI yang digunakan bisa dibilang kurang pintar contohnya ketika sedang berhadapan dengan monster didaerah sempit AI justru menghalangi pemain untuk menembak.

Kesimpulan Playcubic

Kesimpulan dari review Resident Evil Zero HD Remaster ini adalah game ini wajib dimainkan oleh kalian yang merupakan fans setia dari Resident Evil. Playcubic tidak menyarankan bagi gamers yang baru mengenal Resident Evil untuk membeli game ini, kecuali jika kalian ingin mengenal lebih jauh bagaimana asal-usul cerita dari game horor ini.

Resident Evil Zero HD Remaster versi PC sudah dapat kalian beli melalui Steam.

Pros
+ Rebecca Chamber Kawaii!
+ Tema yang kembali ke akar, survival horor + puzzle
+ Memiliki replay value
+ Karakter bisa diganti-ganti karena ada fitur Tag Team

Cons
– Gaya pandang fixed camera yang sangat mengganggu
Puzzle kadang terlalu sulit terutama untuk Newbie

REVIEW OVERVIEW

Grafis
7/10
Sound
7/10
Gameplay
6/10
Aryo
Aryo
Editor Playcubic. Gamer dengan cita-cita punya PC kelas dewa. Disamping PCnya ada PS5 dan Xbox Series X
RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terpopuler

Rebecca Chamber is back! Tagline inilah yang terus digembor-gemborkan oleh Capcom untuk mempromosikan Resident Evil Zero HD Remaster. Pertanyaannya sekarang adalah apakah pesona Rebecca saja cukup untuk membuat Resident Evil Zero HD Remaster ini menjadi game yang layak dimainkan oleh fans setia Resident Evil...[Update] Review: Resident Evil Zero HD Remaster