Dua minggu belakang ini saya sering ditanya dan bertanya kepada teman-teman seperjuangan, “Apa sudah coba main Red Dead Redemption 2? Gimana sih grafisnya? Gameplaynya nagih? Emang bener gede ya hampir 100GB?” dan banyak lagi pertanyaan menarik lainnya seputar game ini. Menjawab pertanyaan seperti itu tentunya tidak afdol jika hanya berdasarkan pantauan gameplay di YouTube saja seperti rekan kerja saya yang merupakan gamer PC 😀 (yep, game hanya tersedia di konsol saja). Untuk itu beberapa hari ini saya coba memainkan game ini dan merasakan sendiri feel  dari sekuel Red Dead Redemption yang baru saja dirilis Rockstar Games  tanggal 26 Oktober lalu ini.

Ketika mulai bermain, perasaan yang saya dapat adalah dingin… sedikit ngantuk namun penasaran. Perasaan semacam itu didapat dari chapter game yang diawali kehidupan para koboi pada musim dingin dengan salju yang sangat lebat. Arthur Morgan (karakter yang kita mainkan) dan Dutch van der Linde (ketua geng Van der Linde) serta beberapa anggota koboi lainnya dari koloni yang tengah kita “lindungi” ini tengah mencari perlindungan sementara dari incaran kelompok lain dan ancaman cuaca yang sangat buruk. Untunglah keberuntungan memihak kepada kelompok ini hingga akhirnya bisa melewati musim salju yang sangat dingin.

Kok ngantuk? Yap, alur permainan Read Dead Redemption 2  berjalan cukup lambat alias slow paced. Buat kalian sudah terbiasa dengan seri GTA V dari Rockstar Games mungkin akan sedikit lemes-lemes sedap mengikutu alur permainan yang santai namun penuh pemandangan indah ini. Menunggang kuda mungkin adalah salah satu fitur mengasyikkan dari banyak fitur keren dalam game ini. Kontrol menunggang kuda berjalan sangat mulus namun memang perlu sedikit berlatih agar tidak sering bertabrakan ataupun berlari terlalu kencang melewati anggota koboi lainnya. Jujur hal pertama yang saya pikirkan ketika mencoba game ini sebenarnya adalah keyakinan bahwa Read Dead Redemption 2 seperti “gerbang masuk” ke GTA 6 (atau apapun namanya nanti).

Klik untuk memperbesar gambar

Setelah melewati chapter awal banyak sekali yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan karakter ataupun membuat koloni koboi kita menjadi semakin besar dan kuat baik secara finansial maupun sosial. Game ini cukup banyak menghadirkan “pengalih” agar kita tidak fokus menyelesaikan misi utama (hehehe), salah satunya adalah binatang legenda yang bisa diburu dan tersebar di map game. Ada lebih dari 15 binatang legendaris yang bisa kalian temui dan buru dalam game ini, diantara adalah Legendary Panther, Legendary Wolf dan Legendary Fox.  Oh iya, sistem crafting di RDR2 juga akan menjadi pengalih utama kalian dalam menyelesaikan misi utama lho, jadi “hati-hati” ketagihan.

Klik untuk memperbesar gambar

Dalam perjalan ke suatu misi, biasanya kalian juga akan menemukan event tak terduga, seperti misalnya dihadang oleh serigala kelaparan, ataupun bertemu orang lain yang membutuhkan bantuan. Semakin sering kalian berbuat kebaikan, maka kalian juga akan terkenal dengan citra yang baik dikalangan koboi lainnya. Jika harus menentukan pilihan untuk menghabisi ataupun melepaskan seseorang yang sedang bermasalah dengan Arthur, sebaiknya sih pilih lepaskan saja jika kalian memang ingin jadi koboi insyaf, namun kalau ingin di cap sebagai koboi bandel, langsung saja habisi orang tersebut.

Wanted level kalian akan naik jika sering melakukan kegaduhan di kota, apalagi jika sampai membunuh orang. Maka dari itu sebisa mungkin hindari perselisihan dengan orang-orang, namun jika terpaksa ya apa boleh buat. Tenang saja, kalian bisa menghapus “dosa” kalian tersebut dengan membayar sejumlah uang di kantor pos agar tidak dicari-cari oleh para pemburu hadiah. Daripada mencari-cari masalah, lebih kalian masuk ke dalam hotel dan mandi bersama gadis-gadis hehe… 😀 Oh iya, jangan lupa untuk sumbangkan sebagian uang atau barang yang kalian temukan ke camp agar bisa mendapatkan keuntungan-keuntungan selama berpetualang.

Klik untuk memperbesar gambar

Layaknya game open world buatan Rockstar Games lainnya, kalian bisa terus menjelahi map yang ada dan menemukan banyak rahasia. Itu semua bisa kalian cari sambil menyelesaikan misi ataupun memang fokus mencari rahasia-rahasia tersebut baru setelah itu menyelesaikan misi utama. Singkat kata “game ini kelewat bebas”, makanya silahkan bermain sesuka kalian. Nah, daripada kalian penasaran dan gregetan, silahkan beli sendiri RDR2 versi PS4 ataupun Xbox One di toko game ataupun online di toko digital masing-masing konsol.

FYI, penjualan RDR2 berhasil mencapai lebih dari USD 725 juta hanya dari minggu pertama penjualannya dan dikapalkan keseluruh wilayah dunia sebanyak 17 juta kopi hanya dalam waktu 12 hari. Selamat Rockstar Games!

Klik untuk memperbesar gambar

Akhir kata, selamat bermain dan selamat menjalani hidup sebagai koboi sejati!

 

*Saya memainkan versi PS4-nya

Nah, agar lebih aman dan nyaman, beli PSN Card lewat tombol di bawah ini :

REVIEW OVERVIEW
Graphics
Gameplay
Storyline
Manjaro Jare
Making love to you is like a dream to me Having you beside me is a fantasy I've been reaching for a star Trying to catch the morning sun I long for you, my lady in the night