Review: NieR:Automata The End of YoRHa Edition Nintendo Switch

Akhirnya saya bisa memainkan game keren sambil rebahan, hehehe. Game apa tuh? Yep minggu ini game yang saya mainkan adalah NieR:Automata The End of YoRHa Edition di Nintendo Switch. NieR:Automata The End of YoRHa Edition sendiri adalah game portingan dari seri game NieR:Automata yang pernah dirilis ke beberapa platform beberapa tahun lalu. The End of YoRHa Edition dilengkapi dengan DLC 3C3C1D119440927 yang berisi tiga colosseums plus sejumlah kostum keren. Tidak hanya itu, kalian juga akan mendapatkan DLC 6C2P4A118680823 yang tentu saja disediakan gratis bagi gamer Nintendo Switch.

Oh iya, kalian bisa membaca review ini dengan tenang karena saya tidak akan mengumbar spoiler berlebihan, terutama dari sisi cerita. Kalian yang baru pertama kali memainkan game NieR:Automata (termasuk saya) bisa membaca review ini tanpa perlu merasa resah apalagi gelisah. Sebelum membahas lebih jauh mengenai sisi gameplay, grafis atau hal detil lainnya, ada baiknya kita berkenalan dahulu dengan game ini. NieR:Automata The End of YoRHa Edition dirilis ke konsol Nintendo Switch pada tanggal 6 Oktober 2022. Game bertema action-role-playing buatan PlatinumGames bernyawa Engine Proprietary yang dirilis oleh Square Enix ini bisa kalian beli versi fisiknya di marketplace kesayangan kalian seharga sekitar IDR 529.000 atau versi digitalnya di eShop US seharga USD 39.99.

Nah mari kita bahas lanjut ke sisi permainan. Saat mulai bermain kalian akan diberikan sejumlah pilihan setting permainan yang bisa kalian tentukan sebelum bermain dan tentu saja bisa kalian ubah pula setelah masuk ke dalam permainan. Dari sejumlah setting tersebut, yang paling menyita perhatian saya adalah mode permainan. Mode permainan yang disediakan mulai dari Easy hingga Very Hard. Untuk tingkat kesulitan ini kalian bisa memilihnya sesuai selera ya, kalo saya sih karena hidup sudah terlalu normal bahkan cenderung sulit (hehehe) maka untuk game ini saya memilih mode Easy saja alias gampang. Toh saya pribadi hanya ingin menikmati cerita, grafis serta menjajal sepenggal gameplaynya saja, bukan ingin baku hantam sampai stress melawan para robot “iseng” di game ini.

Klik Untuk Memperbesar Gambar

Perlu diketahui, dalam mode Very Hard karakter kalian bisa mati hanya dalam sekali pukul saja dan kalian tidak bisa menggunakan fitur “lock-on”. Sedangkan di mode Easy selain musuh-musuhnya tidak over power, kalian juga menggunakan fitur auto-chips alias tidak perlu memencet tombol terlalu sering untuk melakukan serangan terhadap musuh karena semuanya hampir otomatis (termasuk mengelak serangan). Jadi… pilih mode permainan dengan bijak.

Klik Untuk Memperbesar Gambar

Dalam game ini kalian akan berpetualang sebagai karakter 2B, android wanita yang merupakan Soldier dari squadron YoRHa. Kalian tidak sendiri karena android pria, 9S, akan menemani petualangan kalian untuk menyelamatkan bumi dari pasukan mesin jahat yang diciptakan oleh ras alien misterius. Dari komando yang berada di bulan, kalian harus menyelesaikan sejumlah misi di bumi. Selain menyelesaikan misi, kalian bisa menikmati “indahnya” bumi yang telah hancur sambil sesekali memancing dan juga menangkap hewan untuk digunakan sebagai tunggangan.

Klik Untuk Memperbesar Gambar

Di sisi gameplay, NieR:Automata The End of YoRHa Edition juga menawarkan aspek permainan yang beragam, mulai dari tembak-tembakan ala game shooter klasik, platformer, hingga action dengan sudut pandang orang ke tiga. Semuanya dibalut sebagai action RPG yang nampaknya tidak akan membosankan untuk dimainkan lebih dari satu kali tamat. Dunia dalam game ini juga cukup dinamis. Contohnya adalah ketika kalian menjelajahi area gurun pasir, kalian bisa berselancar di atas pasir, walaupun terkesan kocak, tapi ternyata mengendalikan 2B sambil berselancar di lautan pasir asik juga lho, apalagi dimainkan dalam mode konsol handheld.

Dialog dan alur cerita dalam game ini juga terasa manis dan segar. Terbukti saya tidak mengantuk saat menyimak video cerita yang sesekali muncul dan tidak pula melewatkan video cerita dengan menekan tombol skip. Musik dalam game ini saya rasa juga cukup asik menemani bertualang di dataran bumi yang sebagian besar sudah rusak berat.

Oh iya, fitur menyimpan progress permainan dalam game ini cukup unik. Kalian tidak bisa melakukan penyimpanan progress permainan alias save game seenaknya dan dimana saja. Untuk menyimpan progress permainan kalian harus berada di area in-game yang terdapat “sinyal”. Kalian bisa membuat suatu area menjadi memiliki sinyal dengan mengaktifkan access point yang tersebar di titik tertentu dalam map game. Jadi rajin-rajinlah menjelajahi map yang ada ya. Menjelajahi map tentu tidak ada ruginya, selain untuk menemukan access point, kalian juga bisa mendapatkan berbagai macam item yang kalian butuhkan selama bermain.

Klik Untuk Memperbesar Gambar

Nah, masuk ke kesimpulan. Jika kalian belum pernah memainkan seri game NieR:Automata dan kebetulan memiliki konsol Nintendo Switch, nampaknya NieR:Automata The End of YoRHa Edition wajib kalian coba. Jalan cerita yang dikemas apik, gameplay yang menarik serta karakter yang mantap ini sayang sekali kalian lewatkan untuk dimainkan di konsol Nintendo kalian. Yuk tunggu apalagi? Segera cari game berformat fisiknya di marketplace kesayangan kalian atau langsung saja beli gamenya di eShop Nintendo Switch untuk game berformat digital.

Akhir kata, jaga kesehatan dan selamat bermain!

*Game untuk review disediakan oleh Square Enix