Review: MinuteQuest

Review Game MinuteQuest

Halo gamers! Selamat datang di review pertama dari Playcubic. Kali ini saya akan mengulas satu judul game mobile yang awalnya saya kira adalah game yang tidak menarik, tapi ternyata saya salah besar! Penasaran apa judul game beruntung yang mendapat kehormatan (ciyeee…) menjadi game pertama yang direview oleh Playcubic? Oke simak terus artikel ini yah! Game yang kali ini saya review berjudul MinuteQuest. Game besutan Moitititi yang diluncurkan awal tahun 2014 dan baru saja mendapatkan update pada tanggal 26 Januari 2015 kemarin ini menceritakan tentang kisah seorang ksatria yang harus membasmi monster-monster “lucu dan imut” di dunia dengan sudut pandang ala game side-scrolling.

Moitititi sendiri menyebut MinuteQuest sebagai sebuah game retro-styled, one-finger, time-killing RPG, namun saya akan menyebutnya dengan lebih sederhana saya yaitu sebuah game  “RPG bergaya klasik yang bisa membuat kecanduan bermain”.

 

Saya menemukan game ini di Google Play tanpa sengaja, ada rekomendasi dari Google untuk saya mengunduh game ini, mungkin karena saya sering atau pernah mengunduh game dengan grafis dan tema sejenis (RPG).  Pertama kali ketika melihat tampilan MinuteQuest saya rasa game ini mungkin tidak akan bertahan lama di smartphone Android saya, namun ternyata setelah memainkannya selama hampir setengah jam, saya rasa MinuteQuest akan menjadi salah satu judul game yang akan lama tinggal di smartphone saya.

Bukan hanya grafis pixel-art dan latar belakang 2D imutnya yang saya sukai, tetapi gameplay MinuteQuest ternyata juga sangat asik. Pemainan di mulai dengan memilih senjata dan item sederhana lainnya yang akan dibawa untuk leveling dan mencari gold. Monster yang harus kita hadapi di MinuteQuest levelnya disesuaikan dengan area yang kita datangi. Contohnya area 1 adalah monster level 1, area 2 monster level 2, dan seterusnya.

Review Game MinuteQuest

Tiap area memiliki monster unik tersendiri dan juga bangunan yang berbeda pula. Misalnya di area 0 ada bangunan kastil tempat karakter kita bangkit lagi jika mati, di area 3 ada toko senjata dan area 6 ada bangunan untuk menyimpan pet yang kita miliki. Hal unik dari game ini adalah kita tidak harus menunggu sampai bosan saat ingin memulihkan HP karakter, cukup tekan tombol home pada smartphone kita, lakukan hal produktif lainnya (browsing, chating, atau apa saja) dan saat kita kembali ke game maka HP karakter sudah kembali pulih. Untuk mengetahui level monster, kalian cukup menyentuh  monster tersebut dengan jari, maka informasi detil mengenai monster akan terlihat detil.

Ada pilihan status karakter yang dapat dinaikkan saat karakter kita naik naik level. Pilihan status itu adalah POW (untuk meningkatkan kekuatan serangan), VIT (menambah HP dan defense), SPD (menambah kecepatan serangan dan hit rate), INT (berguna bagi karakter dengan skill magic) dan LUK (memungkinkan uang jatuh lebih banyak dan juga memungkinkan serangan kritikal lebih sering keluar). Karena saya menyukai job Knight, maka status yang saya naikkan adalah STR, VIT dan LUK. Selain menaikkan status secara manual, disediakan pula pilihan untuk menaikkan status karakter secara otomatis.

Semakin jauh permainan berlangsung, maka semakin banyak juga gold, EXP, dan item yang bisa kalian kumpulkan. Di perjalanan kalian akan menemukan banyak kejutan, seperti misalnya harta karun berisi pet yang akan membantu karakter kalian untuk menghabisi musuh. Salah satu hal yang membuat betah berlama-lama memainkan MinuteQuest adalah sound game. Suara musik dan juga gebukan senjata membuat saya seperti sedang bernostalgia memainkan games NES. Menggerakkan karakter ke arah kanan dan kiri area juga tidak sulit, kalian cukup sentuhkan jari di bagian kanan bawah atau kiri bawah layar smartphone.

Review Game MinuteQuest

Fitur yang cukup menjadi nilai plus dalam game ini adalah fitur tweet. Yup, dengan fitur tweet pemain dapat mengirimkan tweet seperti tweet status karakter, koleksi yang sudah dimiliki, skill memo, dan memperkenalkan karakter  ke akun Twitter pemain. Oh iya, jika sudah bosan memainkan satu job tertentu, kalian diperbolehkan membuat 4 job lagi (total ada 5 save data untuk menyimpan karakter) dalam game ini.

Review Game MinuteQuest

Oke sekarang saya akan membahas beberapa kekurangan yang terdapat dalam game ini. Kekurangan pertama yang menurut saya harusnya hadir di dalam game seperti MinuteQuest adalah ada sistem leveling secara online bersama-sama pemain lain. Jika fitur leveling secara online dihadirkan, tentu game ini menjadi semakin asik untuk dimainkan. Kekurangan ke dua adalah layar informasi yang tertalu mengambil porsi besar, membuat tampilan game menjadi cukup kecil. Menurut saya itu saja kekurangan yang terdapat dalam MinuteQuest.

Review Game MinuteQuest

Bagi gamers yang sudah terbiasa memainkan game RPG atau MMORPG pastinya sudah tidak asing lagi dengan sistem leveling yang dihadirkan dalam MinueQuest. Informasi yang cukup detil dalam game juga akan memudahkan bagi gamers yang tidak pernah menyentuh game RPG. MinuteQuest adalah game yang cocok untuk sekedar iseng menghabiskan waktu atau juga bisa menjadi game yang sangat serius untuk dimainkan. Selamat bermain gamers!

Kalian bisa mengunduh MinuteQuest secara gratis melalui  GoolePlay dan juga App Store.