Review Horizon Zero Dawn PC: Tak Seindah yang Dibayangkan

Setelah 4 tahun, akhirnya gamer PC bisa menjajal Horizon Zero Dawn. Game yang dibuat oleh Guerrilla Games ini dulu menjadi jagoannya PS4. Horizon Zero Dawn tidak hanya laris manis bak kacang goreng, tapi juga berhasil menyabet berbagai macam penghargaan.

Dengan kualitas tersebut, wajar jika ekspektasi gamer PC pada Horizon Zero Dawn sangatlah tinggi. Harapannya adalah dengan kekuatan PC, game ini bisa memperlihatkan kualitas yang lebih baik dari versi PS4nya. Apakah ekspektasi ini bisa terpenuhi? Sayangnya tidak.

Dunia yang Indah Tapi Dari Segi Teknis Tak Mendukung

Horizon Zero Dawn memperlihatkan bagaimana bentuk bumi di masa depan. Guerilla Games mengangkat tema kiamat dimana peradaban manusia telah musnah. Tidak ada lagi gedung pencakar langit, kendaraan mobil atau motor, semuanya hancur dan telah bersatu kembali dengan alam. Satu-satunya teknologi yang tersisa adalah robot berbentuk hewan yang entah bagaimana caranya telah menjadi spesies dominan di bumi.

Karakter utama Horizon Zero Dawn adalah seorang wanita bernama Aloy. Perjalanan hidup Aloy dari kecil sampai dewasa dijelaskan dengan baik oleh Guerilla Games melalui introduction yang cukup panjang. Pada bagian awal game, kamu akan melihat bagaimana Rost menjadikan bayi Aloy sebagai “anaknya” sendiri.

Pada bagian selanjutnya kamu akan merasakan kehidupan Aloy saat masih anak-anak. Karena sering dibully oleh anak-anak yang lain, Aloy mulai mempertanyakan alasannya kenapa ia dikucilkan. Rost lalu menjelaskan jika pertanyaan tersebut bisa dijawab jika Aloy menang dalam The Proving.

Setelah berlatih bersama Rost selama bertahun-tahun, Aloy yang sudah remaja akhirnya siap untuk mengikuti The Proving agar ia diakui oleh clan Nora. Disinilah game Horizon Zero Dawn akhirnya dimulai.

Sayangnya semua itu tidak didukung oleh performa yang bagus. Horizon Zero Dawn PC dari segi teknis bisa dibilang gagal. Ada banyak masalah yang menganggu performa game ini di PC. Mulai dari stuttering, crash, sampai frame rate yang tidak konsisten. Saya pun mengalaminya dan bahkan sempat terpikir untuk refund karena kecewa.

Pada tahap instalasi akan ada proses optimalisasi yang memakan waktu cukup lama. Pengalaman saya proses ini bisa lebih dari 1 jam. Tapi nyatanya proses optimalisasi ini malah tidak membantu karena masalah teknis masih terus terjadi. Saya terpaksa harus mengutak-atik menu graphic agar game ini bisa berjalan lancar tanpa stuttering. Masih untung PC saya bisa memainkan game ini. Ada gamer PC lain yang mengaku sama sekali tidak bisa memainkannya padahal sudah menggunakan PC level sultan.

Gameplay Menarik Pada Masanya

Horizon Zero Dawn menyajikan open world dimana Aloy bebas menjelajah kemana-mana sesuka hati. Dunia Horizon Zero Dawn sangat luas dan tidak memerlukan proses loading jika berpindah wilayah.

Setiap wilayah juga memiliki bentuk alam yang berbeda-beda. Ada padang rumput luas, hutan dengan pepohonan besar, bekas kota yang telah hancur lengkap dengan sisa bangunan, sampai gunung bersalju. Saya salut dengan Guerilla Games karena bisa menyuguhkan penampilan dunia yang telah hancur menjadi indah. Game ini juga sudah memiliki fitur photo mode sehingga kamu bisa mengabadikan momen-momen favorit.

Dunia Horizon Zero Dawn tidak lengkap tanpa kehadiran para robot. Desain para robot ini unik karena menyerupai binatang, bahkan ada yang mirip dinosaurus. Setiap wilayah memiliki robot yang berbeda dan disesuaikan dengan keadaan alamnya. Misalnya pada wilayah padang rumput banyak robot berbentuk kijang bernama Grazer yang hidup berkelompok. Ketika mendatangi reruntuhan kota kamu bisa bertemu dengan Scrapper, robot yang berfungsi untuk mendaur ulang sampah. Menyaksikan para robot ini bertingkah seolah-olah adalah hewan biasa adalah suatu kesenangan tersendiri.

Horizon Zero Dawn memiliki progression system. Aloy memiliki level yang bisa ditingkatkan dengan experience point. Setiap kali naik level, Aloy bisa mendapatkan ability baru. Cara mendapatkan experience point salah satunya adalah dengan menjalankan quest. Side quest di game ini sangat banyak dan hebatnya semua NPC quest giever menggunakan voice acting. Untungnya game ini sudah ada fast travel, karena lokasi quest biasanya berjauhan dengan quest giver.

Satu lagi cara mendapatkan experience point adalah dengan membunuh robot. Ada banyak cara untuk membunuh robot dan kamu bisa memilih sendiri caranya. Kamu bisa melakukannya dengan stealth. Bisa juga memakai cara hunter style (My favorite!) dengan membuat jebakan. Buat yang ingin YOLO pun juga bisa. Pro tip: sebelum mulai menyerang cari tahu dulu kelemahan robot yang jadi target.

Aloy akan memiliki berbagai macam jenis senjata dan armor. Semuanya disesuaikan dengan cara bermain kamu. Saya biasa bermain one-hit-kill, jadi saya menggunakan bow jenis sharpshot dan armor dengan perk silent hunter. Senjata favorit saya adalah tripcaster yang bisa membuat robot terjatuh dan stun untuk beberapa saat. Semua senjata memiliki elemen dan bisa disesuaikan dengan kelemahan robot yang menjadi target.

Horizon Zero Dawn juga memiliki fitur crafting. Senjata dan armor memerlukan requirement item sebelum bisa dibuat. Amunisi senjata juga harus dibuat dengan crafting. Jangan lupa juga untuk selalu upgrade slot item inventory. Saya sering mengalami masalah slot item inventory yang kepenuhan. Masalahnya banyak sekali item yang bisa diambil di dunia Horizon Zero Dawn.

Ketika rilis di PS4 dulu, gameplay Horizon Zero Dawn menarik. Namun saat dimainkan sekarang di tahun 2020 sayangnya gameplay ini tidak semenarik dulu. Mungkin karena dalam rentang waktu 4 tahun sudah banyak game yang memiliki konsep gameplay dan fitur sama. Untungnya Horizon Zero Dawn diselamatkan oleh kehadiran para robot. Mereka satu-satunya yang membuat game ini jadi unik.

Kesimpulan

Jadi pertanyaan utamanya, apakah Horizon Zero Dawn versi PC worth it? Jawabannya tidak untuk sekarang melihat kondisi gamenya sendiri yang belum optimal. Saran saya tunggu sampai Guerilla Games memperbaiki masalah tersebut, kecuali kamu memang sudah kebelet dan tidak masalah untuk mengutak-atik setting PC.

Jangan pula berharap ada semacam hal baru di Horizon Zero Dawn. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, saat ini sudah banyak game lain dengan konsep sama yang bahkan lebih bagus.