Review: Fallout Shelter

Review Fallout Shelter

Fallout Shelter merupakan sebuah game yang dikembangkan untuk tujuan promosi dari Bethesda Softworks sebagai ancang-ancang perilisan game utama mereka, Fallout 4. Sungguh tidak disangka, Fallout Shelter yang awalnya hanya tersedia bagi pengguna iOS dan baru saja tersedia di Android ini ternyata banyak disukai oleh gamers mobile, selain tentu saja fans seri game Fallout.

Review Fallout Shelter

Dalam Fallout Shelter gamers diminta untuk membuat “kehidupan baru” di penampungan yang terletak di bawah bukit bagi para dweller (sebutan bagi mereka yang bertahan hidup di dunia Fallout Shelter). Pemain harus membangun dapur umum, ruang penyedia energi, ruang penyedia air dan lain sebagainya dengan menggunakan uang dalam game (berupa Caps alias tutup botol) untuk menghidupi dweller di dalam penampungan.

Review Fallout Shelter

Di awal permainan gamers akan diberikan beberapa Caps dan sejumlah dweller sebagai modal menciptakan kehidupan baru dalam lubang penampungan. Dweller yang datang langsung ke penampungan tidak akan selalu terjadi, untuk itu gamers harus menciptakan bayi-bayi agar jumlah dweller bertambah (ini salah satu fitur menarik dalam game). Tempatkan dweller laki-laki dan perempuan dalam satu ruangan kamar istirahat dan tunggu saja hingga akhirnya mereka berdua “membuat” bayi-bayi lucu yang setelah dewasa siap menjadi pekerja dalam Shelter.

Review Fallout Shelter

Untuk mengumpulkan Caps, items dan juga Exp dweller, gamers bisa menyuruh para dweller untuk menjelajahi dunia luar selain mencari elemen penting tersebut di dalam lubang penampungan. Hati-hati jika ingin mengirim para dweller ke luar area penampungan, siapkan mereka dengan berbagai perlengkapan penting seperti senjata dan armor khusus agar dapat selamat dari bahaya yang mengintai di luar sana. Selain itu, dalam membuat berbagai kebutuhan dasar para dweller di masing-masing ruang produksi, gamers harus berhati-hati dan selalu melihat kemungkinan terjadinya kegagalan produksi. Jika gagal, dweller harus siap untuk memadamkan api ataupun menghabisi kecoa raksasa yang mencoba masuk ke dalam Shelter.

Dalam memainkan game ini saya merasa bahwa gamers harus memiliki cukup banyak keberuntungan, terutama jika waktunya mendapatkan items gratis pada waktu tertentu ataupun saat memproduksi kebutuhan bagi para dweller. Kunci dari kesukseskan menciptakan penampungan yang sehat dan baik bagi para dweller adalah gamers diharuskan rajin-rajin memeriksa keadaan Shelter karena semua items yang dibutuhkan oleh dweller harus disiapkan manual alias harus diklik sendiri oleh gamers.

Review Fallout Shelter

Selama satu bulan sejak game dirilis, Bethesda mengumumkan sudah ada sekitar 85 juta Vaults yang diciptakan oleh gamers. Berikut ini adalah informasi grafis dari Bethesda terkait angka fantastis yang sudah berhasil diciptakan oleh gam Fallout Shelter:

Review Fallout Shelter