HomeBerita GameReview Crisis Core: Final Fantasy VII Reunion: Remaster yang Bagus

Review Crisis Core: Final Fantasy VII Reunion: Remaster yang Bagus

Halo kawan-kawan Playcubic, kembali lagi di artikel review Playcubic. Game yang saya bahas kali ini adalah Crisis Core: Final Fantasy VII Reunion versi Nintendo Switch. Kenapa saya pilih Nintendo Switch? Karena saya rasa ini yang akan paling mewakili sebuah remaster dari game versi aslinya, Crisis Core: Final fantasy VII, yang dulu pernah dirilis untuk PSP.

Crisis Core: Final Fantasy VII Reunion Menceritakan Kisah Zack Fair

Masih menghadirkan plot cerita yang sama, Crisis Core: Final Fantasy VII Reunion terpusat pada kisah karakter Zack Fair yang merupakan anggota dari pasukan elite kepunyaan Shinra, SOLDIER. Zack ditugaskan untuk melacak salah satu anggota SOLDIER yang memberontak, Genesis Rhapsodos. Tidak hanya Angeal (mentor dari Zack) yang akan kalian temukan dalam game ini, karakter legendaris Sephiroth juga siap untuk berhadapan dengan kalian.

Klik untuk memperbesar gambar

Salah satu hal yang ingin ditunjukkan dalam Crisis Core: Final Fantasy VII Reunion tentu saja adalah visualnya yang sangat mantap dan HD pula. Model 3D dan background dalam game sangat berbeda dari versi aslinya dahulu di PSP. Kebetulan saya juga memiliki gamenya yang di PSP. Bisa saya simpulkan peningkatan dari segi grafis Crisis Core: Final Fantasy VII Reunion dengan game originalnya sangat kentara.

Performa dan Frame Rate Berjalan Dengan Baik di Nintendo Switch

Bagaimana dengan performa dan frame rate game ini di Nintendo Switch? Mungkin jika kalian memainkan game ini di PC atau di konsol rumahan lainnya kalian tidak perlu merasa khawatir dengan adanya isu performa dan frame rate, tapi di Nintendo Switch, hal ini perlu kita bahas dengan serius. Menakjubkannya, animasi yang dihadirkan sangat baik, terutama saat sedang bertarung ataupun saat sedang fokus pada karakter dan juga musuh.

Klik untuk memperbesar gambar

Limitasi Hardware Mematok Resolusi Berjalan di 720p dan 30 fps

Grafis game yang dihadirkan sangat bersih dan juga mulus, menu dan juga berbagai macam efek yang tampil di layar Nintendo Switch berjalan dengan rapih dan apik. Oh iya perlu diingat bahwa baik dalam mode docked maupun handheld, karena limitasi pada hardware maka game ini dipatok pada resolusi 720p dan 30 fps di Nintendo Switch. Memang di beberapa lokasi terasa adanya penurunan kualitas grafis, namun iniĀ  sangat minimal dan masih sangat bisa ditoleransi. Bagaimana dengan frame rate? tidak ada yang perlu dikhawatirkan, bersyukur karena dikunci pada 30 fps, semuanya berjalan lancar alias stabil.

Klik untuk memperbesar gambar

Sangat Mantap dan Nyaman dimainkan Dalam Mode Handheld

Nah di mode handheld game ini terasa sangat mulus dan cocok, ini mungkin karena memang aslinya game ini terlahir di konsol genggam. Saran saya, jika kalian agak canggung bermain dengan joy con ataupun tombol bawaan di Switch Lite, gunakan saja pro controller. Namun perlu diingat bahwa Crisis Core: Final Fantasy VII Reunion adalah jenis game yang menampilkan banyak sekali menu informasi dilayar, terutama saat bertarung. Nah memainkan game ini di mode handheld mungkin agak kurang nyaman bagi gamer yang menggunakan kacamata ataupun yang penglihatannya sudah kurang baik karena layar yang cukup kecil dibandingkan jika kalian bermain di TV.

Klik untuk memperbesar gambar

Namun perlu saya ingatkan bahwa salah satu keuntungan bermain di Nintendo Switch adalah kalian bisa memainkan game dengan story serta misi sampingan yang panjang ini dimana saja dan kapan saja. Karena Nintendo Switch merupakan konsol hybrid (bahkan ada khusus handheldnya yaitu Switch Lite) maka membawa konsol dan gamenya saat sedang bepergian jauh ataupun bermain di luar rumah menjadi lebih mudah, tinggal pencet tombol home tiga kali, masuk ke game dan mulai bermain!

Mode Bertarung Yang Dinamis dan Tidak Membosankan

Saat dalam mode bertarung, asiknya kalian bisa mengganggu musuh yang sedang melakukan casting untuk mengeluarkan skill. Jika musuh ini diserang terus maka skill tersebut secara otomatis dapat dihentikan. Selain itu ada juga pembagian skill antara abilities dengan magic. Abilities bisa digunakan dengan mengkonsumsi AP. Sedang magic akan mengkonsumsi MP karakter kalian. Jangan lupa untuk menekan tombol X jika kalian sudah siap meluncurkan jurus pamungkas. Kalau malas menghadapi musuh tinggal arahkan karakter kalian ke ujung battle map saja untuk keluar atau lari dari pertarungan.

Klik untuk memperbesar gambar

Gameplay yang Khas dan Pastinya Tidak Asing Bagi Fans Seri Game Final Fantasy

Gameplay yang dihadirkan sangat khas ala seri game Final Fantasy, kalian akan menjelahi berbagai tempat dan menemukan pertarungan yang acak alias random. Namun yang cukup berbeda adalah pertarung yang dihadirkan berupa arena based dengan kontrol karakter yang relatif sederhana. Kalian bisa menyerang, menghindar dan juga menangkis serangan musuh dengan mudah. Selain menyelesaikan misi cerita, cukup banyak pula terdapat side quest, dan kalian bisa menyelesaikan misi-misi tersebut dengan bantuan karakter lain.

Serangan magic dalam game juga sangat asik dan menyenangkan untuk dihempaskan ke arah musuh, jadi silakan jangan ragu untuk mencobanya. Sistem pertarungan terasa cepat dan juga responsif, jadi tidak ada rasa bosan sangat bertarung dengan musuh yang kalian temui di sepanjang petualangan.

Klik untuk memperbesar gambar

Sisi Sound Terutama Dialog Karakter Lebih Cocok Jika Memilih Bahasa Jepang

Oh iya, dialog karakter serta soundtrack game juga telah diperbaharui dari versi aslinya. Tapi perlu saya ingatkan bahwa mengganti opsi bahasa percakapan karakter ke bahasa Jepang nampaknya lebih otentik dan cocok dibandingkan jika kalian memilik bahasa percakapan karakter ke bahasa Inggris. Bagaimana dengan efek suara, suara percakapan karakter, suara dari skill dan musik dalam game? Semuanya bisa dibilang sangat baik, apalagi jika kalian mengubah suara karakter ke opsi bahasa Jepang, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya. Semua terasa sempurna. Terima kasih kepada bapak Takeharu Ishimoto, komposer dari seri game originalnya, yang sudah memperbaharui aransemen soundtrack game.

Tidak bisa dipungkiri bahwa setelah beberapa misi selesai, gameplay terasa cukup linier, tapi itu semua tergantung pendapat masing-masing gamer, kalian harus mencobanya sendiri. Perlu diketahui bahwa game ini tersedia dalam dua edisi yaitu edisi standar dan edisi digital deluxe. Kalian bisa membeli game versi Nintendo Switch di eShop ataupun membeli game versi fisiknya di toko game kesayangan kalian, contohnya di sini.

Klik untuk memperbesar gambar

Bisa Dinikmati Oleh Gamer Baru Ataupun Veteran Yang Pernah Memainkan Versi Aslinya

Apakah Crisis Core: Final Fantasy VII Reunion layak untuk dibeli? khususnya versi Nintendo Switch? Jawaban Yes!. Kalian yang sudah cukup sibuk dan terlalu lelah memainkan game di TV atau monitor dan ingin bermain sambil rebahan, sangat saya sarankan menjajal game ini di Nintendo Switch. Jika kalian ingin merasakan pengalaman bermain yang lebih mantap, terutama dari sisi grafis, kalian bisa mencoba mainkan game ini di konsol rumahan ataupun di PC. Gamer yang belum pernah menyentuh versi aslinya di PSP, saya rasa akan baik-baik saja dan tidak menyelesal jika memainkan Crisis Core: Final Fantasy VII lagi di konsol jaman sekarang ataupun PC. Nikmati proses grinding level karakter dan selesaikan misi sampingan sebelum menyelesaikan cerita utama.

Akhir kata, selamat bermain dan selamat nostalgia bagi yang pernah memainkannya dulu di PSP.

*Game untuk review disediakan oleh publisher

REVIEW OVERVIEW

Visual & Grafis
Storyline
Gameplay
Sound (Soundtrack & sound effect)
Replay Value
Weez
Weez
Doyan Nongkrong di Warung Kopi | Random Boy | Sedang Belajar
RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

Terpopuler

Crisis Core: Final Fantasy VII Reunion versi Nintendo Switch menjadi jawaban bagi kalian yang ingin memainkan game serius sambil rebahan dan bersantai dimana saja. Bagi hardcore gamer, opsi bermain di PC atau konsol rumahan nampaknya adalah pilihan tepat. Tidak perlu harus memainkan dulu versi aslinya di PSP untuk bisa menikmati versi remaster-nya ini, semua sudah ada takarannya masing-masing, jadi kalian tinggal nikmati saja. Game berbanderol 600 ribuan rupiah yang mempunyai waktu bermain cukup lama ini saya rasa layak untuk kalian beli.Review Crisis Core: Final Fantasy VII Reunion: Remaster yang Bagus