Review: ASUS VP249QGR, Monitor Gaming Berfitur Lengkap Sesuai Budget

0
189

Mencari monitor yang bisa mendukung keperluan gaming dan kebutuhan casual bukanlah perkara mudah. Apalagi jika budget yang disediakan terbatas. ASUS VP249QGR adalah monitor multifungsi yang bisa mengakomodir semua kebutuhan tersebut.

ASUS VP249QGR memiliki layar berukuran 23,8 inci Full HD yang dibalut dengan body berwarna hitam. Untuk bagian depan, ASUS VP249QGR tidak memiliki frame alias frameless. Semua fitur dari ASUS VP249QGR bisa diakses melalui tombol yang berada di samping kiri tombol power.

ASUS VP249QGR on action

Pada bagian belakang monitor terdapat port untuk sambungan Display Port, HDMI, dan D-sub Port atau VGA Port. Meski diproduksi tahun 2020, ASUS VP249QGR ternyata masih memiliki port lintas generasi. Tidak lupa juga speaker stereo 2W yang bisa menjadi solusi untuk kamu yang tidak memiliki speaker.

Ada dua cara untuk menggunakan monitor ASUS VP249QGR. Cara pertama sama seperti monitor lain yaitu dengan memasang bagian kaki agar monitor ini dapat berdiri tegak. Cara kedua adalah dengan memasang monitor ini ke dinding. ASUS VP249QGR sudah memiliki teknologi VESA, cocok untuk gamer yang membutuhkan banyak ruang di meja.

Membahas Jeroan ASUS VP249QGR

Ada alasannya kenapa ASUS VP249QGR bisa memenuhi kebutuhan casual dan gaming. Cukup dengan menekan tombol di samping kiri tombol power, semua fitur ASUS VP249QGR akan tersaji.

Fitur yang sering saya pakai adalah splendid mode. Fitur ini menyesuaikan pencahayaan dan ketajaman gambar di monitor agar sesuai dengan fungsinya. Fitur Splendid dibagi menjadi standard, game mode, scenery, theater, sRGB, night view, darkroom, dan reading.

Untuk bermain game biasanya saya memakai standard mode atau gaming mode disesuaikan dengan gamenya. Ketika menonton film atau video di YouTube, saya menggunakan theater mode.

ASUS VP249QGR juga memiliki fitur blue filter. Fitur ini berfungsi untuk mereduksi cahaya biru dari monitor sehingga tidak membuat mata cepat lelah. Fitur lainnya seperti pengaturan color, image, dan sound juga dapat diatur dan disesuaikan dengan selera.

Fitur khusus gaming yang dimiliki oleh ASUS VP249QGR adalah GamePlus. Ada 4 mode yang bisa dipilih yaitu crosshair, timer, FPS counter, display alignment. Semua mode ini dibuat untuk mendukung kenyamanan gamer saat memainkan game favoritnya.

Dari semua fitur gaming yang ada, fitur yang paling saya perhatikan adalah crosshair. Fitur ini berguna untuk game FPS yang tidak memiliki crosshair. Sedangkan kebanyakan game FPS sudah memiliki crosshair. Tapi bukan berarti fitur ini jadi sia-sia. Fitur crosshair juga bisa digunakan untuk game yang bukan FPS.

Crosshair made in GamePlus

Fitur gaming lainnya dari ASUS VP249QGR adalah kemampuan refresh rate 144hz lewat Adaptive-Sync (NVIDIA GeForce dan FreeSync (AMD Radeon). Fitur ini dapat diaktifkan untuk game yang sudah mendukung refresh rate lebih dari 60hz. Efeknya adalah gambar menjadi lebih smooth dan mengeliminasi lag, cocok untuk game yang membutuhkan reaksi cepat.

FPS Counter bisa dilihat pada pojok kanan atas

Jika ingin FPS tetap stabil maka diperlukan pula PC yang mendukung. Untuk mengetes ASUS VP249QGR saya menggunakan PC dengan spesifikasi I5-9400F dan Radeon RX 580. Untuk beberapa game saya bisa mendapatkan FPS stabil. Tapi untuk game yang berat seperti Borderlands 3, FPS akan naik turun.

Fitur shadow boost mungkin lebih cocok digunakan untuk game yang lebih mengedepankan eksplorasi. Ketika ruangan di dalam game yang dimainkan terlalu gelap dan kamu tidak bisa melihat sekeliling, kamu bisa mengaktifkan fitur shadow boost. Fitur ini membuat daerah yang gelap di dalam game menjadi lebih jelas.

Kesimpulan

Dari segi fungsi, ASUS VP249QGR dapat memenuhi kebutuhan gamer akan monitor gaming dengan budget yang terbatas. Kemampuan monitor ini bisa dibilang lengkap untuk kebutuhan gaming, mulai dari Splendid yang mengatur pencahayaan dan ketajaman gambar, GamePlus untuk membantu saat bermain game, dan yang paling penting refresh rate tinggi. Kekurangan dari monitor ini hanyalah ketinggian yang tidak dapat diatur.