Review ASUS TUF Gaming M4 Air: Mouse dengan Desain Unik

Coba bayangkan bagaimana jika ada mouse gaming yang desainnya berlubang-lubang? Konsep inilah yang diterapkan dalam mouse ASUS TUF Gaming M4 Air. Desain ini membuat mouse TUF Gaming M4 Air tampil beda dibandingkan dengan mouse gaming lainnya.

Tim Playcubic mendapat kesempatan untuk menjajal mouse unik ini. Meski kelihatannya aneh, mouse ASUS TUF Gaming M4 ternyata memiliki kemampuan yang mumpuni sekaligus nyaman untuk digunakan.

Deskripsi Produk

Mouse ASUS TUF Gaming M4 memiliki bodi berwarna hitam. Terdapat 6 tombol di mouse ini yaitu 2 tombol bagian depan, 1 tombol untuk scroll, dan 1 tombol untuk pengaturan DPI. Sedangkan 2 tombol lagi berada di bagian samping. Ada empat mode DPI yang dapat dipilih. Untuk menggantinya cukup dengan menekan tombol pengaturan DPI saja.

Bagian bodi atas, bawah, dan sebagian bodi samping mouse TUF Gaming M4 memiliki rangka berlubang. Kamu bahkan bisa melihat langsung isi jeroan dan papan sirkuit mouse di dalamnya. Papan sirkuit mouse TUF Gaming M4 sudah dilapisi oleh pelindung tahan air IPX6. Jadi tidak perlu khawatir seandainya tidak sengaja tersiram cairan atau terkena keringat dari telapak tangan.

Pada bagian bawah terdapat sensor optic 16.000 dpi kelas gaming. Kecepatan maksimum yang dapat dihasilkan adalah 400IPS dan akselerasi maksimum adalah 40G. Kaki mouse juga dilengkapi oleh bantalan berbahan 100% PTFE murni rendah gesekan. Bantalan ini membuat pergerakan mouse menjadi lancar. Logo TUF Gaming juga berada di bagian bawah.

Untuk kabel mouse TUF Gaming M4 menggunakan TUF Gaming Paracord. Kabel ini sangat fleksibel dan ringan sehingga tidak menganggu mobilitas mouse. Bahan yang digunakan untuk membungkus kabel mouse juga lembut dan tidak terasa kasar ketika dipegang.

Ringan dan Pas di Tangan

Keunggulan utama dari ASUS TUF Gaming M4 adalah ringan. ASUS mengklaim mouse gaming ini hanya memiliki berat 47gram saja. Teknologi Air Shell yang berperan membuat mouse ini menjadi ringan. Kerangka mouse yang berlubang adalah bagian dari teknologi Air Shell. Rupanya lubang-lubang ini bisa menurunkan berat sekaligus mempertahankan ketahanan dan integritas struktur.

Memang jika dilihat sekilas, mouse TUF Gaming M4 terlihat ringkih. Tapi setelah dipegang baru akan terasa jika mouse ini sebetulnya cukup kuat.

Selama mencoba mouse TUF Gaming M4 Tim Playcubic merasa nyaman dari segi genggaman. Ukuran mouse ini pas saat digenggam baik saat palm grip maupun tip grip. Lokasi tombol mouse TUF Gaming M4 baik di depan maupun di samping juga terasa sesuai saat ditekan. Rangka berlubang yang awalnya dikhawatirkan menimbulkan rasa kurang nyaman ternyata justru tidak menimbulkan rasa apa-apa.

Memiliki Lapisan Pelindung Anti Bakteri

Sudah bukan rahasia lagi jika mouse merupakan perangkat yang gampang kotor. Untuk mengatasi hal tersebut, mouse ASUS TUF Gaming M4 sudah dilapisi oleh lapisan ASUS Antibacterial Guard. Lapisan ini terbukti dapat menghalangi pertumbuhan bakteri lebih dari 99% dalam waktu 24 jam. Selain itu lapisan ini juga berfungsi menjaga mouse agar lebih bersih dan juga steril.

Kehadian ASUS Antibacterial Guard ini sangat berguna terutama pada era pandemi sekarang ini. Tapi meski sudah dilapisi oleh lapisan pelindung, pastikan untuk selalu cuci tangan baik sebelum maupun sesudah menggunakan mouse. Karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

Dukungan Armoury

Sama seperti produk ASUS yang lain, ASUS TUF Gaming M4 sudah mendapat dukungan fitur Armoury. Cukup dengan menginstall aplikasinya, kamu bisa mengatur fungsi mouse seperti membuat profil atau memetakan tombol sesuai dengan keinginan. Sekedar catatan, ASUS TUF Gaming M4 tidak memiliki fitur RGB. Kabar baik untuk kamu yang mungkin lebih suka dengan gaming peripheral yang tidak bling-bling.

Salah satu fitur menarik dari mouse TUF Gaming M4 adalah mode stealth. Mode ini bisa diakses melalui Armoury. Fungsi dari mode ini adalah mematikan semua suara dan mengecilkan tampilan windows hanya dengan satu tombol.

Kesimpulan

Apa yang dilihat belum tentu sama saat dirasakan. Ketika pertama kali melihat mouse ASUS TUF Gaming M4 Tim Playcubic merasa kurang yakin dengan kemampuannya. Namun setelah mencoba Tim Playcubic justru merasa nyaman.

Keunggulan utama mouse TUF Gaming M4 jelas adalah bobotnya yang ringanan. Mouse ini seakan melayang saat meluncur di atas mousepad. Adanya tambahan Antibacterial Guard juga menjadi nilai plus.

Kekurangan dari mouse TUF Gaming M4 justru terletak pada desainnya yang berlubang-lubang. Orang yang memiliki Trypophobia kemungkian akan merasa tidak nyaman dengan desain ini. Selain itu lubang-lubang ini juga justru bisa membuat sampah atau benda dari luar masuk ke dalam mouse.

Untuk saat ini mouse ASUS TUF Gaming M4 masih belum dirilis secara resmi di Indonesia.

REVIEW OVERVIEW
Fungsionalitas
Desain
Fitur-fitur
Editor Playcubic. Gamer dengan cita-cita punya PC kelas dewa. Disamping PCnya ada PS5 dan Xbox Series X