Review: ASUS ROG Strix Scope RX, Keyboard yang Penuh Warna

0
458

Ketika pertama kali mencoba keyboard mekanik ASUS ROG Strix Scope RX, kesan yang saya tangkap adalah keyboard ini penuh dengan warna. Fitur backlit membuat keyboard ini seperti pasar malam yang penuh dengan lampu berbagai warna.

Fitur backlit ini hanyalah sebagian dari fitur-fitur lain yang dimiliki oleh ROG Strix Scope RX. Sebagai keyboard gaming, ROG Strix Scope RX sudah dilengkapi oleh teknologi yang mendukung kenyamanan gamer.

Tampilan Luar ROG Strix Scope RX

ROG Strix Scope RX memiliki dimensi 440 x 137 x 39 mm dengan berat 1,07 kg. Warna dari keyboard ini adalah hitam. Untuk bahan, keyboard ini terbuat dari alumunium dan sudah memiliki sertifikasi IP56. Artinya keyboard ini sudah tahan air dan debu.

Dari segi desain, ROG Strix Scope RX tidak berbeda dengan pendahulunya. Salah satu fitur baru yang sebelumnya tidak ada adalah port USB 2.0. Jadi kamu tidak perlu lagi repot-repot memasang kabel mouse atau charger di PC, karena bisa dilakukan di keyboard ini.

Namun seperti pendahulunya, ROG Strix Scope RX masih tidak memiliki wrist rest. Mungkin ada pertimbangan sendiri kenapa ASUS tidak mengimplementasi fitur ini.

Tombol Ajaib ROG Strix Scope RX

Sekarang mari kita bicarakan soal tombol di ROG Strix Scope RX. Satu hal yang mencolok dari keyboard ini adalah ukuran tombol Ctrl yang besar. Tujuannya adalah untuk memudahkan gamer saat bermain game FPS. Kamu pasti tahu betapa pentingnya tombol ini di game FPS. Jika menggunakan keyboard ini, saya jamin kamu tidak akan pernah miss saat menekan tombol Ctrl.

ROG Strix Scope RX merupakan lini pertama keyboard ROG yang menggunakan ROG RX Red Optical Mechanical Switch. Teknologi ini memungkinkan switch di ROG Strix Scope RX memiliki respon super cepat dengan titik aktuasi 1,5 mm.

Setiap switch ROG Strix Scope RX juga dibekali initial force dengan berat 40-55g untuk meminimalisir salah tekan dan rebound yang baik. Setiap kali saya menekan switch di keyboard ini, saya merasakan rebound yang smooth meski kadang saya menekannya dengan keras. Hal lain yang sukai adalah keyboard ini tidak berisik seperti keyboard mekanik lain pada umumnya.

Fitur lain yang perlu kamu tahu dari ROG Strix Scope RX adalah switch khusus untuk stealth mode. Dengan menekan F12, secara otomatis semua aplikasi akan diminimize serta suara dimute. Fungsi stealth ini dapat juga kamu disable. Misalnya kamu memerlukan tombol F12 untuk shortcut, kamu cukup menekan Fn dan Insert untuk mendisable fungsi stealth.

Konfigurasi Lebih Lanjut Lewat Amoury II

Jika ingin memodifikasi lebih lanjut keyboard ROG Strix Scope RX bisa menggunakan Armoury II. Kamu bisa melakukan konfigurasi profile, mengatur mapping switch, membuat macro, dan menentukan warna backlit.

Kesimpulan

Ada harga, ada kualitas. Inilah yang bisa saya simpulkan setelah mencoba ASUS ROG Strix Scope RX. Harga dari ROG Strix Scope RX dipatok sekitar Rp 1,8 juta. Fitur yang dimiliki oleh keyboard ini menurut saya lebih dari cukup untuk memanjakan gamer. Teknologi ROG RX Red Optical Mechanical Switch membuat pengalaman saya saat memainkan game menjadi memuaskan.

Atraksi cahaya dari keyboard ini juga sangat memanjakan mata. Sayangnya jika fitur ini tidak diaktifkan, keyboard ROG Strix Scope RX ibarat mati lampu. Kamu tidak akan bisa membedakan yang mana switch untuk huruf S dengan D.