Review ASUS ROG Keris Wireless: Mouse Gaming Super Ringan!

Mouse gaming memiliki beragam jenis dan bentuk. Semuanya disesuaikan dengan keperluan gamer yang menggunakannya. Untuk game FPS yang membutuhkan mouse ringan ASUS ROG Keris Wireless bisa menjadi jawabannya.

Tim Playcubic telah mendapat kesempatan untuk menjajal mouse gaming ROG Keris Wireless. Sesuai dengan namanya, mouse ini merupakan varian dari ROG Keris. Bedanya adalah ROG Keris Wireless sudah didukung oleh fitur nirkabel. Sistem konektivitas mouse ini memiliki tiga mode yaitu wireless 2,4 GHz dan Bluetooth LE, lalu kabel USB yang juga bisa digunakan untuk charging.

Mouse Gaming yang Super Ringan dan Simple

Total berat dari ROG Keris Wireless hanya 62 gram jika tidak menggunakan kabel. Inilah yang membuat Tim Playcubic setuju dengan klaim ASUS bahwa ROG Keris Wireless adalah mouse gaming yang super ringan. Rasanya hampir tidak ada beban ketika menggerakkan mouse ini di atas mousepad.

Desain dari ROG Keris Wireless juga terbilang simple. Mouse ini berwarna hitam dan memiliki empat tombol, dua untuk bagian depan kiri-kanan dan dua lagi di bagian samping. Tombol scroll ROG Keris Wireless sudah dilengkapi dengan fitur RGB. Begitu juga logo ASUS ROG yang berada pada bagian belakang mouse.

Kedua tombol depan ROG Keris Wireless sudah dilapisi dengan polimer PBT sehingga terasa lebih pakem saat ditekan. Sayang ASUS tidak melapisi bagian mouse yang lain dengan bahan tersebut.

Pada bagian bawah mouse terdapat sensor optic, tombol pengaturan DPI dan pairing, lalu socket untuk USB transmitter. Tombol on/off untuk mode wireless juga terdapat pada bagian bawah mouse.

Catatan dari tim Playcubic untuk ROG Keris Wireless adalah ukuran mouse yang agak kecil dan kurang sesuai dengan tangan besar. Gamer yang terbiasa dengan mouse berat juga harus beradaptasi lebih dulu jika menggunakan mouse ini.

Plus Minus Mode Wireless

Fitur lainnya dari ROG Keris Wireless yang mendapat sorotan dari Tim Playcubic adalah adalah fitur wireless. Gamer tidak perlu lagi khawatir dengan kabel mouse yang berantakan atau nyangkut saat sedang asyik memainkan game. ROG Keris Wireless juga bisa dengan mudah dibawa kemana-mana karena tidak lagi memerlukan kabel. Daya tahan baterai mouse ini sudah terbilang kuat yaitu hingga 78 jam.

Hal yang harus diperhatikan adalah performa mouse ini jika sedang menggunakan mode wireless. Tim Playcubic merasakan sedikit delay saat mengaktifkan mode wireless. Jadi menurut Tim Playcubic mode wireless sebaiknya digunakan saat dalam kondisi casual. Ketika memainkan game yang intens sebaiknya tetap gunakan kabel USB.

Bisa Bongkar Pasang

Beberapa bagian mouse ROG Keris Wireless bisa dibongkar pasang. Bagian tombol samping mouse bisa dibuka dan diganti. Pemasangannya sangat mudah karena sudah menggunakan magnet.

Untuk membuka bagian bodi mouse terlebih dahulu harus mengangkat dua baut pengunci dengan obeng. Kedua baut ini berada di bagian bawah mouse. Fitur ini memudahkan gamer untuk membersihkan jeroan mouse atau mengganti switch yang rusak.

Pemasangan switch di ROG Keris Wireless juga sangat mudah karena adanya fitur Push Fit Socket. Kamu tidak perlu menggunakan solder atau peralatan lainnya untuk melepasnya. Switch yang menempel bisa langsung dicabut. Untuk memasang switch baru juga cukup dengan ditekan. Kamu juga tidak perlu beli switch baru lagi karena penggantinya sudah tersedia di dalam kotak.

Tim Playcubic sedikit mengalami kendala saat memasang kembali mouse ROG Keris Wireless setelah dibongkar. Agak sulit untuk menutup kembali mouse terutama di bagian tombol depan yang sering nyangkut.

Dukungan Software ROG Armory Crate

Seperti lini ROG yang lain, mouse ROG Keris Wireless sudah mendapatkan dukungan software ROG Armory Crate. Melalui aplikasi ini kamu bisa mengatur sistem pencahayaan RGB dan juga fungsi macro.

Kesimpulan

Mouse ROG Keris Wireless cocok digunakan untuk gamer yang suka memainkan game dengan respon cepat. Bagian body yang sederhana, ringkas, dan ringan sudah mendukung kebutuhan tersebut. Adanya fitur wireless juga membuat mouse ini menjadi multifungsi dan tidak melulu untuk gaming.

Sebaliknya ROG Keris Wireless justru kurang cocok jika digunakan untuk game yang membutuhkan banyak tombol shortcut. Mouse ini hanya memiliki 4 tombol plus 1 tombol scroll. Meski kekurangan ini bisa diatasi dengan sistem makro, rasanya masih lebih enak jika ada tombol fisiknya.

Saat ini ASUS ROG Keris Wireless dijual dengan harga Rp 1.499.000 di Indonesia.

REVIEW OVERVIEW
Fungsionalitas
Desain
Fitur-fitur
Editor Playcubic. Gamer dengan cita-cita punya PC kelas dewa. Disamping PCnya ada PS5 dan Xbox Series X