Review ASUS ROG Claymore II: Wireless, Modular, dan Kokoh!

Keyboard bagi gamer PC adalah elemen penting. Tanpa keyboard yang mumpuni, gamer akan kurang dapat menikmati game yang dimainkannya di PC. Jadi jangan sampai salah dalam memilih keyboard. Pastikan keyboard yang dipilih tidak hanya stylish, tapi juga apik dari segi fungsionalitas seperti ASUS ROG Claymore II.

Tim Playcubic telah mendapat kesempatan untuk menjajal keyboard ROG Claymore II. Keyboard mekanik ini adalah penerus dari seri sebelumnya. ASUS telah mendesain ROG Claymore II agar tidak menghilangkan ciri khasnya sekaligus menyematkan fitur baru yang tidak dimiliki pendahulunya.

Bodi yang Kokoh dengan Warna Hitam Sebagai Signature

Kesan pertama tim Playcubic melihat ASUS ROG Claymore II adalah bagian bodi yang kokoh. Keyboard ini cukup berat ketika diangkat. Bobot dari ROG Claymore sendiri adalah 1156g dengan dimensi panjang 46,2 cm, lebar 15,5 cm, dan tebal 3,9 cm.

ROG Claymore II dibalut dengan warna hitam yang merupakan warna signature dari keyboard seri ROG. Ketika keyboard ini menyala maka secara otomatis fitur RGB juga akan berfungsi. Warna hitam yang absolut akan diselingi oleh cahaya warna-warni dari LED. Fitur ini dapat diatur lebih dalam dengan menggunakan software ROG Armory.

ROG Claymore juga sudah dilengkapi dengan bagian wrist pad yang empuk. Wrist pad ini sudah modular dan menggunakan magnet untuk pemasangan. Tinggal tempel, tangan bisa langsung rebahan di bantal.

Bagian Numpad yang Modular

Bagian numpad dari ASUS ROG Claymore II dapat dilepas dari bodi utama. Bagian ini dapat dipasang baik di sisi kanan maupun kiri keyboard. Fungsi ini sangat membantu bagi gamer yang ingin lebih leluasa saat menggunakan mouse.

Bagian penghubung antara numpad dengan bodi utama keyboard ditutupi dengan casing dengan magnet. Jika ingin menyatukan keduanya cukup membuka casing lalu menempelkan numpad dengan cara digesek seperti kartu ATM. Jika fitur RGB menyala artinya sudah tersambung.

Bagian numpad ROG Claymore II juga dilengkapi dengan tombol-tombol yang bisa digunakan untuk shortcut atau macro. Selain itu ada juga scroll untuk mengatur volume. Pengaturan ini bisa diatur dalam aplikasi ROG Armoury.

ROG Claymore II Sudah Wireless

Keunikan ASUS ROG Claymore II menurut tim Playcubic terletak pada fitur wireless. Jika menggunakan keyboard ini maka kamu tidak perlu lagi merasa risih melihat kabel yang menjuntai. Transmitter untuk fitur wireless juga tersimpan secara apik di dalam keyboard dan sudah menggunakan magnet. Jadi mustahil bagi transmitter ini untuk hilang. Kecuali jika kamu lupa mengembalikannya.

ROG Claymore II menggunakan dongle khusus sebagai transmiter. Dongle ini menggunakan frekuensi 2,4 Ghz. Selama mencoba Tim Playcubic tidak pernah mengalami masalah saat menggunakan mode wireless.

Tepat setelah logo ROG di bagian bodi, terdapat lampu indikator untuk baterai. Indikator ini penting untuk mengetahui apakah keyboard ini masih memiliki cukup daya untuk fitur wireless atau tidak. Jadi pastikan untuk memantau indikator ini jika menggunakan fitur wireless. Untuk kapasitas baterai ROG Claymore II bisa dibilang awet.

Kehadiran Teknologi RX Switch

Tombol keyboard ASUS ROG Claymore II sudah dilengkapi dengan teknologi RX Switch. Ada dua tipe yang bisa dipilih yaitu RX Red dan RX Blue. Kebetulan keyboard yang tim Playcubic gunakan menggunakan RX Blue.

Pengalaman yang tim Playcubic rasakan saat menggunakan tombol keyboard ROG Claymore II adalah sangat responsif dan pakem. Setiap menekan tombol ada sensasi hentakan kembali. Selain itu ada bunyi klik yang khas setiap kali menekan tombol. Selama mencoba tim Playcubic juga tidak pernah mengalami tombol yang macet.

Tim Playcubic menggunakan ROG Claymore II baik untuk bermain game di PC maupun untuk mengetik biasa. Hasilnya kedua-duanya memuaskan. Tidak hanya enak digunakan untuk bermain game, kamu pun bisa menggunakan keyboard ini untuk mengetik.

Pengaturan dengan ROG Armoury Crate

Ingin mengubah pengaturan cahaya RGB atau mungkin ini menyimpan fungsi macro di ASUS ROG Claymore II? Kamu bisa melakukan semuanya dengan mengakses aplikasi Armoury Crate. Aplikasi ini dibuat oleh ASUS untuk mewadahi semua produk ROG mulai dari hardware, peripheral, dan perangkat gaming lainnya.

Kesimpulan

Tim Playcubic merasa puas saat menggunakan ASUS ROG Claymore II. Fitur wireless dan RX Switch menurut tim Playcubic adalah highlight utama dari keyboard ini. Keduanya membuat ROG Claymore II pantas menjadi produk terbaik dari lini keyboard gaming buatan ASUS.

Tim Playcubic juga cukup puas dengan bagian Numpad yang sudah modular. Sayangnya bagian ini tidak dapat beroperasi sendiri tanpa harus ditempel ke bagian keyboard utama.

Sekedar saran, ketika semua bagian modular terpasang ROG Claymore II justru menjadi bulky. Tim Playcubic menyarankan untuk melepas semua bagian modular laptop ini agar lebih ramping. Hanya gunakan bagian yang menurut kamu bisa mendukung kenyamanan dan performa saat bermain game.

Saat ini ASUS ROG Claymore II dijual dengan harga Rp 3.699.000 di Indonesia.

REVIEW OVERVIEW
Fungsionalitas
Desain
Fitur-fitur
Editor Playcubic. Gamer dengan cita-cita punya PC kelas dewa. Disamping PCnya ada PS5 dan Xbox Series X