Review ASUS ROG Cetra II : ANC Yang Mantap Jiwa!

Siapa yang tidak kenal dengan merk alias brand Republic of Gamer (ROG)? Kalian yang gemar bermain game atau akrab dengan dunia eSport pasti pernah menggunakan atau paling tidak sering melihat produk ASUS ROG wara-wiri di dunia gaming nasional dan internasional. Nah kali ini Playcubic dikirimkan langsung oleh ASUS untuk mencicipi sekaligus mengulas produk ROG Cetra II, sebuah in ear earphone yang gaming banget.

Dalam box ROG Cetra II kalian akan mendapatkan 1 unit in ear earphone ROG Cetra II, cord clip berbahan metal, 3 pasang ear fin tambahan, 3 pasang ear tip tambahan dengan ukuran yang berbeda-beda, kitab-kitab penting seperti buku manual dan buku garansi, yang semuanya bisa dibawa kedalam sebuah pouch keren berlogo ROG.

Sebelum lebih dalam mencoba dan membahas produk ini, berikut Playcubic beberkan spesifikasi lengkap ROG Cetra II :

Connector : USB-C

Support Platform : PC, Mac, Nintendo Switch

Driver Material : Neodymium magnet

Driver Size : 9.4mm

Headphones Impedance : 32ohm

Headphones Frequency Response : 20Hz – 40KHz

Microphone Sensitivity : -40 ± 3 dB

Microphone Frequency Response : 50Hz – 10Khz

AI Noise Cancelling Microphone : No

Active Noise Cancellation : Yes

Cable : 1.25m

Channel : Stereo Virtual 7.1

Interface : Wired

Tidak hanya kombinasi warnanya saja yang keren, penampakan dari earphone ini juga beda dibandingkan earphone gaming yang ada dipasaran saat ini. Sisi kenyamanan juga tidak luput dari tim desain Asus ROG, karena ear tip yang dibenamkan pada ROG Cetra II sangat pas di lubang telinga, sehingga kalian tidak akan merasakan sakit saat memakainya dalam durasi yang cukup lama.

Kalian yang ingin mengaktifkan mode Active Noise Cancellation alias ANC juga tidak perlu sulit-sulit untuk menjangkau fitur tersebut, karena kontroler yang disediakan mudah untuk dipahami. Karena ini adalah earphone dengan koneksi kabel alias wired, tentunya kalian bertanya-tanya apakah kabel karet yang digunakan berbahan oke? Jawabnya tentu saja. Karet yang digunakan pada kabel terasa solid dan kuat, bahan karetnya juga tidak mudah lengket.

Oh iya, konektor yang terdapat pada ROG Cetra II hanya menggunakan USB Type-C saja ya, jadi jika perangkat kalian tidak terdapat port USB Type-C silahkan gunakan konverter yang tersedia dipasaran.

Lalu bagaimana fitur ANC bekerja pada ROG Cetra II? Nah ketika kru Playcubic mencobanya, hasilnya bisa dibilang sangat baik. Suara dari luar tersaring dengan baik ke dalam earphone sehingga kalian tidak akan terganggu saat sedang fokus bermain game atau mendengarkan dan membuat konten.

Jika dirumah atau lokasi tempat bermain kalian terdapat banyak sekali polusi suara, tenang saja semua bisa tersaring dengan baik circuit noise cancellation yang canggih. Kalian dan lawan bermain kalian tetap dapat focus pada suara permainan saja.

Digunakan untuk bermain dan membuat konten saja enak, apalagi untuk menonton film dan mendengarkan musik. Yep, aktivitas mendengarkan musik ataupun menonton film menggunakan ROG Cetra II terasa sangat nyaman dan premium.

Kru Playcubic mencoba memainkan game bertema Rhythm game dengan ROG Cetra II, dan hasilnya memang kru Playcubic jadi jarang kehilangan moment, hehe, hampir sempurna!

Nah, menjajal kemampuan ROG Cetra II dalam beberap waktu ini membuat kru Playcubic menarik kesimpulan bahwa ROG Cetra II merupakan earphone gaming yang bisa kalian perhitungkan untuk dipinang. Memang saat ini banyak sekali produk earphone gaming yang tersedia dipasaran, namun jika kalian ingin sebuah earphone gaming yang memiliki desain unik dan memang diciptakan untuk gamers, silahkan mencoba ROG Cetra II. Saat ini kalian bisa membeli produk Asus ROG Cetra II di kisaran harga IDR 1.3xx.xxx-an di toko online yang ada di tanah air, contohnya di sini. Tapi saran saya, belilah produk Asus hanya di ASUS Official Stores untuk mendapatkan pengalaman berbelanja yang aman.

Sekian dari saya, sampai jumpa di review produk selanjutnya!