Review : ASUS AI Noise-Canceling Mic Adapter, Si Kecil Anti Bising

0
165

Tak kenal maka tak sayang”, penggalan pepatah lama ini sepertinya yang cocok mewakili perasaan dan rasa penasaran saya terhadap salah satu produk ASUS yang mampir ke studio Playcubic. Bagaimana tidak? Bentuknya mungil dan sangat ringkas, namun kabarnya bisa membantu kalian yang senang mengisi suara di video, atau mungkin malah sering melakukan podcast menjadi terbantu. Yap… ini dia ASUS AI Noise-Canceling Mic Adapter, dongle pintar yang bisa meredam suara bising saat kita sedang melakukan proses perekaman audio.

Khusus untuk ulasan ASUS AI Noise-Canceling Mic Adapter saya tidak terlalu mengulik mengenai sisi teknisnya, tapi lebih ke pengalaman saya menggunakan produk ini untuk berbagai macam tujuan, mulai dari merekam perbincangan dengan kawan menggunakan mic standar dan ponsel, membuat sedikit melodi dengan gitar akustik, mic earphone dan laptop, sampai merekam audio dan video menggunakan OBS.

Bagimana hasilnya? Ternyata cukup mengejutkan, dari beberapa kali test yang saya lakukan, yakni merekam audio dengan kondisi ruangan yang cukup bising karena suara AC hampir rusak, kipas, suara bising roda mini4wd dan suara kawan-kawan berbicara ternyata dari tiga kali percobaan dua diantaranya lulus dan mulus terekam, hanya satu kali percobaan yang agak sedikit “gagal”, terutama saat melakukan perekaman dengan suara bising orang bercakap-cakap dibelakang (mungkin AI-nya menjadi agak sedikit bingung).

Nah percobaan ini saya coba bandingkan secara singkat dengan merekam menggunakan earphone ROG Cetra, dan hasilnya 11-12 (kalau menurut saya dan teman-teman di studio), namun tentu saja ROG Cetra unggul di outputnya. Kalian yang penasaran dengan hasil suara proses perekaman audio menggunakan ASUS AI Noise-Canceling Mic Adapter dengan mic standar dapat mendengarkannya lewat video unboxing di bawah ini :

Nah sekarang masuk ke kesimpulannya, apakah produk ini layak untuk kalian beli sebagai “bala bantuan” untuk merekam audio? Jawabannya tergantung. Jika kalian sering melakukan proses perekaman audio dengan kondisi studio yang minimal dan mic seadanya, saya menyarankan anda membeli ASUS AI Noise-Canceling Mic Adapter. Jika kalian sudah memiliki studio yang cukup baik dan mic yang sudah baik namun masih terkadang dikejutkan dengan gangguan tiba-tiba saat sedang melakukan proses perekaman (misalnya ayam berkokok atau tiba-tiba ada suara pesawat terbang, atau ada kawan yang tiba-tiba membuka pintu studio) kalian bisa mencoba produk ini.

Oke itu dia sedikit ulasan saya mengenai ASUS AI Noise-Canceling Mic Adapter. Jika penasaran, produk ini sudah bisa dibeli lewat toko-toko online kesayangan kalian, atau datang ke toko offline langsung. Yang penasaran dengan spesifikasi teknisnya silahkan simak spek-nya di bawah ini. Informasi detil mengenai produk ada di sini.

  • Konektor USB-C include USB-C to USB-A adapter
  • Ukuran 1.8 x 0.8 x 13.5 cm
  • Berat 8 gram
  • Sample rate Output: 96/88.2/48/44.1 KHz Input: 48/44.1 KHz
  • ASUS Hyper Grounding Technology
  • Hi-Res Certified DAC (Digital to Analog Converter)
  • Mendukung bermacam-macam OS
  • Harga jual yang disarankan ASUS IDR 650.000