Rahasia Ibu Risma Menata Kota Surabaya? Sim City!

Rahasia Ibu Risma Menata Kota Surabaya? Sim City!

Sejak lama memang sudah diketahui bahwa Walikota Surabaya, Tri Rismaharini merupakan salah satu pendukung industri game di Indonesia. Namun siapa sangka wanita yang akrab disapa Risma ini ternyata seorang gamer?

Pada saat mengisi acara di Popcon Asia 2015 pada hari Sabtu, 8 Agustus 2015 di Jakarta Convention Center, Jakarta Selatan, Ibu Risma mengaku bahwa dirinya sangat menyukai bermain game Sim City. Beliau bahkan mengakui bahwa hingga saat ini, ia masih menyisihkan waktu setiap hari untuk memainkan game yang diterbitkan oleh Electronic Arts tersebut. “Setua ini saya masih suka main game loh. Sim City merupakan game favorit saya karena dapat merangsang emosi dan pikiran saya,” ujar Risma.

Risma menjelaskan bahwa bermain Sim City memaksanya untuk berpikir komprehensif mengenai tata kelola kota yang baik dan benar. Risma mengatakan bahwa masalah-masalah yang dihadapinya sehari-hari sebagai walikota Surabaya dapat ditemuinya dalam game Sim City. “Misal ada yang tidak sesuai pembangunan (suatu gedung) pasti akan di protes warga atau saat ingin membangun infrastruktur lain tetapi dananya kurang maka harus menunggu dana. Sangat realistis,” terang Risma.

Rahasia Ibu Risma Menata Kota Surabaya? Sim City!

Sim City merupakan game simulasi pembangunan kota yang dirancang oleh Will Wright pada tahun 1989. Sim City yang dikembangkan oleh Maxis dan diterbitkan oleh Electronic Arts ini merupakan salah satu game yang hingga saat ini masih terus dinikmati oleh gamers dari berbagai kalangan umur.