Meski belum ada tanda-tanda dari Sony, berita dan rumor mengenai PS5 terus bermunculan. Baru saja muncul rumor baru jika PS5 nanti bisa digunakan untuk memainkan game PlayStation lawas.

Dilansir dari hokanko-alt (Diterjemahkan oleh Gamerant), Sony baru saja mempatenkan CPU yang bisa meniru CPU lawas. Fungsi dari CPU ini adalah backward compatibility atau bisa mengoperasikan sistem yang lama. Sayangnya sama sekali tidak tercantum nama PS5 di transkrip paten milik Sony. Transkrip ini hanya menyebutkan mesin masa depan.

Sony mengakui jika mereka mengalami kesulitan untuk membuat backward compatibility. Oleh karena itu, Sony akhirnya mengembangkan sistem yang dinamakan CPU spoofing. Sistem ini membuat seakan-akan CPU yang digunakan adalah CPU lawas melalui. Padahal CPU tersebut dibuat dengan emulator. Mesin masa depan Sony ini nantinya akan digunakan sebagai alat uji coba, apakah sistem CPU spoofing ini bisa berjalan secara optimal atau tidak.

Kenapa paten ini dihubungkan dengan PS5? Pasalnya rival utama Sony dan PlayStation, yaitu Xbox dan Microsoft sudah mulai mengimplementasi sistem backward compatibility.

Bagaimana menurut kamu?