Strategy Analytics, sebuah perusahaan riset pemasaran asal Amerika Serikat memprediksi bahwa konsol Nintendo Switch akan menjadi konsol paling laris tahun 2019, menggeser PlayStation 4.

Ini akan menjadikan Nintendo pemimpin pasar konsol game lagi setelah selama ini dikuasai oleh Sony. Secara khusus, Strategy Analytics melalui website resminya memprediksi Nintendo akan menjual 17,3 juta Switch di seluruh dunia. Sedangkan PlayStation 4 hanya akan berhasil menjual 17,1 juta unit. Beda tipis memang.

Xbox One akan berada di posisi ketiga. Perusahaan riset tersebut memprediksi konsol besutan Microsoft ituhanya akan terjual 10 juta unit.

2018 telah menjadi tahun yang kuat untuk konsol, dengan total penjualan mencapai hampir 41,6 juta dimana merupakan angka tertinggi sejak 2010. Nilai ritel dari bisnis game global diperkirakan mencapai USD 15,4 miliar tahun ini, naik 7,6% dibanding 2017. Lebih banyak orang memiliki konsol berarti ada lebih banyak orang yang ingin membeli game. Jika lebih banyak orang memiliki PlayStation 4 maka lebih banyak orang yang dapat membeli God of War dan Spider-Man, begitu teorinya.

PlayStation 4 rilis pada tahun 2013, sementara Switch memulai debutnya pada tahun 2017. Saat ini, Sony menguasai hampir separuh dari penjualan semua konsol game di seluruh dunia.

Tahun ini memang penjualan Switch relatif lebih lambat dibanding tahun 2017, tetapi rilis terbaru Pok√©mon Let’s’s Go Pikachu and Eevee serta debut Super Smash Bros Ultimate dinilai akan mendongkrak penjualan konsol Nintendo tersebut pada 2019.