Gamer mana yang tidak ingin punya PC gaming? Selain performa yang super tinggi, PC gaming biasanya juga punya desain yang keren. Casing tembus pandang dengan jeroan yang menyala-nyala seperti lampu lalu lintas, ditambah monitor super besar. Dijamin kamu bakal betah main game seharian jika punya PC gaming.

Jika kamu berencana untuk kamu merakit PC gaming, ada hal yang harus kamu wajib ketahui dulu. Kamu harus mengenal lebih dalam mengenai komponen PC. Pentingnya pemilihan komponen PC yang baik akan sangat menentukan performa PC gaming. Kamu juga bisa memperkirakan budget yang akan dikeluarkan nantinya.

Dalam artikel ini saya akan menjabarkan 10 komponen PC yang harus kamu ketahui sebelum merakit PC gaming.

1. CPU

CPU atau Central Processing Unit adalah bagian otak dari PC maupun laptop. Tanpa CPU, PC dan laptop tidak mampu menjalankan program, aplikasi, maupun game. Semakin canggih CPU yang digunakan, semakin banyak pula jenis aplikasi, program, dan game yang bisa dijalankan di PC. Inilah kenapa pemilihan CPU itu penting untuk PC gaming.

Untuk CPU, brand yang sudah dikenal dan digunakan oleh banyak orang adalah Intel dan AMD. Untuk saat ini kamu bisa memilih antara Intel Core i7 atau AMD Ryzen 5. Keduanya bisa menjalankan game dengan mulus.

2. GPU

GPU (Graphic Processing Unit) atau yang bisa dikenal dengan nama gaulnya, kartu grafis. Komponen PC satu ini penting jika ingin merakit PC gaming.

Ada dua brand yang mendominasi kartu grafis, yaitu Nvidia dan AMD Radeon. Keduanya menawarkan kartu grafis berkualitas untuk mendukung kebutuhan gaming di PC. Karena harganya yang mahal, saya menyarankan kamu untuk mencari kartu grafis yang sesuai budget. Pastikan juga kartu grafis tersebut compatible dengan komponen PC yang lain. Jangan sampai sudah beli mahal-mahal kartu grafis ternyata malah tidak compatible.

3. Motherboard

Banyak orang yang lebih mementingkan kartu grafis dibandingkan motherboard atau mobo. Padahal komponen ini vital.Jika CPU adalah otak, maka mobo adalah badan. Tanpa badan, sepintar-pintarnya otak tidak akan bisa berfungsi.

Hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mobo adalah bagian socketnya. Bagian socket ini harus cocok dengan CPU dan GPU. Jika tidak cocok, maka keduanya tidak bisa dipasang dan PC gaming tidak akan menyala.

Selain untuk CPU dan GPU, mobo juga memiliki socket untu RAM. Kamu harus memastikan apakah socket ini untuk RAM DDR3 atau RAM DDR4.

4. RAM

Banyak yang bilang semakin tinggi RAM (Random-Access Memory), maka semakin cepat pula PC bisa menjalankan game yang berat. Untuk PC gaming setidaknya kamu membutuhkan RAM minimal 8GB untuk bisa memainkan game zaman sekarang. Jika punya budget lebih, tidak ada salahnya kamu langsung menggunakan RAM 16GB.

Saya menyarankan untuk menggunakan RAM dual slot alias dual-channel. Dengan begini kamu bisa mengoptimalkan penggunaan RAM.

5. Media Penyimpanan

Ada dua jenis media penyimpanan yang bisa kamu pilih, yaitu HardDisk (HD) dan Solid State Disk (SSD).

SSD tidak hanya untuk menyimpan data, tapi juga membantu mengoptimalkan kinerja PC dengan meningkatkan kecepatan baca. Jika kamu ingin PC gaming kamu bisa memainkan game berat, maka SSD adalah pilihannya.

Jika budget kamu terbatas, kamu bisa menggunakan HD. Untuk PC gaming setidaknya kapasitas HD yang digunakan adalah 1TB. Jumlah tersebut sudah muat untuk beberapa game zaman sekarang yang ukurannya besar.

6. PSU

PSU atau Power Supply Unit berfungsi untuk menyuplai arus listrik di PC. Tanpa PSU, PC kamu tidak akan bisa menyala. Untuk menentukan PSU yang digunakan, kamu harus terlebih dahulu menghitung kebutuhan listrik dari seluruh komponen PC. Pastikan jumlah voltasenya sesuai agar tidak terjadi konslet.

7. Cooler

Karena digunakan untuk bermain game, sudah pasti PC gaming akan cepat panas. Jika tidak menggunakan cooler yang sesuai, PC gaming pasti akan mengalami overheat.

Ada dua cara untuk mendinginkan suhu PC gaming yaitu kipas dan water cooling yang menggunakan air. Sistem water cooling bisa mendinginkan CPU lebih baik dan lebih cepat dibandingkan dengan kipas biasa. Itulah yang menyebabkan kenapa water cooling lebih mahal dibandingkan kipas biasa. Pastikan kamu sudah memiliki budget untuk memberli water cooling.

8. Casing

Tanpa casing, seluruh komponen PC tidak akan memiliki tempat. Saran saya adalah pilih casing yang berukuran besar dan memiliki lubang ventilasi.

Semakin besar ukuran casing, semakin luas pula tempat untuk meletakkan GPU, CPU, mobo, pengaturan kabel, lain-lain. Lubang ventilasi membantu proses sirkulasi udara. Tujuannya adalah agar udara panas dan debu keluar dari dalam casing dan tidak membuat overheat.

9. Gaming Peripheral

PC gaming sudah siap, sekarang saatnya bagi kamu untuk mempersiapkan gaming peripheral. Karena digunakan untuk bermain game, pastikan kamu memiliki keyboard, mouse dan headset yang pas.

Brand gaming peripheral saat ini ada banyak jenisnya, mulai dari yang mutu premium sampai yang murah. Jika punya budget lebih, kamu bisa membeli gaming peripheral dari Razer, Steelseries, atau Logitech. Kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Jika budgetnya pas-pasan, kamu bisa membeli gaming peripheral buatan Rexus atau Dragon War.

10. Internet

Koneksi internet tidak bisa dilepaskan dari PC gaming. Zaman sekarang hampir semua game terhubung dengan internet apalagi game online. Karena itulah kamu wajib mempunyai koneksi internet yang stabil jika ingin nyaman bermain.

Pastikan untuk memilih internet dengan speed yang kencang baik untuk upload maupun download. Biasanya gamer yang sudah memiliki PC gaming tidak hanya ingin bermain saja, tapi juga streaming di YouTube atau Twitch.

Itulah 10 komponen wajib yang diperlukan untuk membuat PC gaming. Apakah kamu sudah memiliki semuanya?