Pengembang dan Penerbit Stardew Valley Putus Kontrak. Bagaimana Nasib Gamenya?

0
109

Eric Barone, game developer yang selama ini mengembangkan Stardew Valley mengumumkan bahwa dirinya akan mengakhiri perjanjian dengan penerbit Chucklefish untuk sebagian besar versi game tersebut.

Namun, Chucklefish akan tetap menjadi penerbit untuk Nintendo Switch dan versi mobile dari game ini, tetapi semua hak lainnya akan dikembalikan ke Barone.

“Ketika saya pertama kali merilis Stardew Valley, saya merupakan seorang pemula dalam industri video game,” tulis Barone dalam posting blog hari ini.

“Chucklefish, sebagai penerbit saya, mengawasi distribusi, port konsol dan terjemahan dari game. Mereka mengatur official wiki dan membantu saya mendesain ulang situs web. Dan tentu saja, Tom Coxon melakukan pekerjaan luar biasa menambahkan kode jaringan ke dalam game, membuat (mode) multiplayer menjadi kenyataan. Tetapi saya sekarang berada di titik di mana saya siap untuk maju sendiri. Saya pikir melakukan penerbitan (game) sendiri adalah tujuan akhir kebanyakan pengembang indie, dan saya senang saat ini (berada) pada kondisi yang memungkinkan!” Lanjut Barone dalam posting tersebut.

Eric Barone. Pengembang game Stardew Valley

Akan menarik untuk ditunggu apakah versi Stardew Valley selanjutnya akan berbeda dengan versi sebelumnya. Akankah lebih baik atau justru malah jadi lebih buruk? Kita tunggu saja.