Pembajak Game PC Ternama: “Game PC Bajakan Akan Musnah Dua Tahun Kedepan”

Game PC Bajakan Akan Musnah Dua Tahun Kedepan

Menurut grup pembajak yang ternama, 3DM alat anti bajakan game PC semakin mutakhir sehingga akan berpengaruh terhadap besar terhadap game bajakan. Bird Sister, pendiri forum 3DM menuliskan bahwa hingga kini mereka masih gagal meretas Denuvo (sebuah perangkat lunak Anti-tamper) dalam Just Cause 3. Walaupun 3DM masih optimis bahwa game ini masih bisa diretas, tetapi grup ini pesimis mengenai masa depan game bajakan.

“Kami masih yakin untuk meretas game ini, tetapi melihat bagaimana perkembangan teknologi enkripsi saat ini, dalam dua tahun kedepan, game PC bajakan tidak akan ada lagi.”

Denuvo merupakan sistem enkripsi sekunder yang ditambahkan kedalam Digital rights management (DRM) oleh pengembang atau penerbit kedalam game. Dragon Age Inquisition juga menggunakan ini sehingga dapat menahan pembajakan selama sebulan, yang dianggap membutuhkan waktu yang cukup lama.

Game PC Bajakan Akan Musnah Dua Tahun Kedepan

Tetapi dengan semakin berkembangnya teknologi mungkin pernyataan ini nantinya akan berubah. Para peretas mungkin masih bisa mencari celah lain dalam membajak sebuah game. Deuvo juga digunakan dalam gameĀ  Batman: Arkham Knight, Mad Max, Metal Gear Solid V: The Phantom Pain dan Rise of the Tomb Raider.

Note: perangkat lunak Anti-tamper = perangkat lunak yang akan membuat pembajak kesulitan untuk memodifikasinya.