Microsoft Resmi Beli Pencipta dari Fallout, Elder Scrolls, dan Doom

0
10

Raksasa game asal Amerika Serikat, Microsoft secara resmi mengumumkan telah membeli ZeniMax Media. Perusahaan ini sendiri merupakan induk dari pencipta game Fallout dan Elder Scrolls, Bethesda. ZeniMax Media juga pemilik dari id Software (Doom), Arkane Studios (Dishonored), Tango Gameworks (The Evil Within), dan MachineGames (Wolfenstein).

Dilansir dari blog resminya, bos Xbox Phil Spencer mengatakan bahwa kedepannya ia berencana untuk memboyong game-game milik ZeniMax Media ke dalam ekosistem Xbox dan PC. Spencer juga membocorkan soal game baru milik Bethesda yang sedang digodok, Starfield. Ia juga menekankan bahwa game tersebut akan dirilis di Xbox dan PC.

Untuk mengakuisisi ZeniMax Media, Microsoft dikabarkan membayar $7,5 billion atau sekitar 111 triliun Rupiah. Angka ini jauh lebih besar dari jumlah yang dikeluarkan Microsoft untuk mengakuisisi developer Minecraft, Mojang pada 2014.

Nah saat akuisisi ZeniMax Media oleh Microsoft ini terjadi, ternyata Bethesda juga sedang mengerjakan dua game eksklusif milik Sony untuk PS5. Dua game ini adalah Deathloop dan Ghostwire: Tokyo. Keduanya direncanakan bakal menjadi game ‘timed console exclusive’ di PS5 nanti.

Dilansir dari Bloomberg, bos Xbox Phil Spencer mengatakan bakal menghormati perjanjian antara Bethesda dengan Sony. Kelihatannya Xbox sengaja membiarkan kedua game tersebut lolos. Toh kedepannya nanti, semua game milik ZeniMax Studios akan menjadi milik Microsoft.