Ragnarok Online adalah game fenomenal. Game ini merupakan salah satu pionir di era keemasan MMORPG di Indonesia. Bahkan sampai sekarang saat game mobile merajalela, Ragnarok Online masih tetap eksis. Tema inilah yang diangkat dalam acara perayaan 15 Tahun Ragnarok di FX Mall Sudirman, Sabtu (19/1).

Penampilan Cosplayer Sanctuary Art Guild

Acara ini dihadiri oleh fans Ragnarok Online seluruh Indonesia. Selain itu hadir pula CEO Gravity, Yoshinori Kitamura, dan Pemilik Lyto, Andy Suryanto. Selain ikut merayakan ulang tahun Ragnarok ke-15, kedatangan keduanya juga untuk mengumumkan kolaborasi antara Gravity dengan Lyto. Hasil kolaborasi ini bernama Gravity Game Link. Tidak hanya game saja, Gravity Game Link nantinya juga akan menyediakan produk lain seperti film misalnya.

Yoshinori Kitamura, Andy Suryanto, dan Harry Choi

Bagian yang paling ditunggu-tunggu adalah mengenai game baru yang akan dibawa oleh Gravity Game Link ke Indonesia tahun 2019 ini. Ada 5 game yang tengah dipersiapkan, yaitu Ragnarok World, Ragnarok M: First Love, Ragnarok Monster, Ragnarok Zero, dan Dragonica.

Salah satu dari kelima judul game tersebut pastinya sudah tidak asing lagi, yaitu Ragnarok M: First Love. Game ini sudah ramai dibicarakan sejak tahun lalu dan sekarang akhirnya dipastikan bakal hadir di Indonesia.

Replika Emperium di acara 15 Tahun Ragnarok

Jadi lagi-lagi Gravity masih mengandalkan pesona Ragnarok Online untuk menarik perhatian gamer Indonesia. Lalu bagaimana dengan IP baru? Apakah ada keinginan dari Gravity untuk membuat IP baru selain Ragnarok Online?

Dalam sesi wawancara, Harry Choi dari Gravity Game Link mengatakan jika memang sudah ada rencana dan pengembangan IP baru. Sayangnya detail lebih lanjut masih belum bisa dibicarakan. Untuk sementara ini, IP baru yang sudah siap adalah Dragonica dan game tersebut sudah masuk dalam daftar game yang akan dirilis tahun 2019.

Akan sangat menarik jika seandainya Gravity bisa menciptakan hits dari IP baru selain Ragnarok Online. Bagaimana menurut kamu?