Nyobain Magic Legends: Game MMO Gratis Mirip Diablo

0
349

Ada yang sedang mencari game MMO gratis yang seru buat dimainkan? Saya sarankan untuk mencoba Magic: Legends. Game buatan Cryptic Studios ini sedang memulai tahap open beta di Epic Games Store.

Kok namanya agak-agak kenal gitu? Wajar kalau kamu merasa kenal dengan Magic: Legends. Game ini diadaptasi dari game kartu Magic: The Gathering.  Developer Cryptic Studios memang punya hobi mengulik game-game tabletop. Sebelumnya mereka juga pernah membuat game MMO yang diadaptasi dari Dungeon & Dragons. Judulnya adalah Neverwinter. Gamenya gratis juga, sama seperti Magic: Legends.

Ok balik lagi ke topik. Alasan saya merekomendasikan game ini adalah karena Magic: Legends mirip Diablo. Cocok buat kamu yang butthurt karena Blizzard tidak merilis Diablo 4 tahun ini dan dan Diablo 2: Resurrected belum bisa dipastikan rilisnya.

Game Mirip Diablo? Apanya yang Mirip?

Gameplay Game MMO Gratis Magic: Legends
Begini gameplaynya!

Jawabannya adalah dari segi gameplay. Magic: Legends menggunakan gaya isometric dimana kamu bisa melihat karaktermu dan daerah sekelilingnya. Kamu juga akan sering dikeroyok oleh musuh yang datang dari segala penjuru. Mirip Diablo, skill yang dimiliki oleh karaktermu juga sangat banyak. Tapi ada keunikan di Magic: Legends yang tidak dimiliki Diablo.

Sistem skill dalam Magic: Legends menggunakan deck ala game kartu. Jadi setelah menggunakan skill tertentu, skill tersebut akan hilang. Skill ini akan diganti oleh skill lain yang sudah kamu masukkan dalam deck. Nah skill baru yang muncul akan random. Konsepnya sama seperti mengambil kartu yang sehabis di-shuffle. Konsep yang menarik untuk game MMO gratis.

Sistem Skill Game MMO Gratis Magic: Legends
Sistem ini menarik!

Buat saya sistem ini membuat gameplay Magic: Legends jadi lebih menantang. Saya harus membuat perhitungan skill mana yang harus saya simpan dan skill yang bisa saya pakai. Enggak lucu dong saat lagi genting skill yang ditunggu malah enggak muncul. Kekurangannya karena jumlah skillnya banyak, saya kadang tidak ingat dengan fungsinya.

Untuk melihat deskripsi skill, saya harus mengarahkan mouse tepat di atas ikon gambar skillnya. Padahal karakter saya sedang dipukuli sama musuh. Ujungnya malah mati.

Fitur Magic: Legends yang Lainnya?

Waktu pertama kali memulai game, kamu akan diminta untuk menentukan Planeswalkers atau kelas. Ada 5 kelas yang bisa kamu pilih yaitu Geomancer, Mind Mage, Beastcaller, Necromancer, dan Sanctifier. Ada satu kelas lagi bernama Dimir Assassin. Tapi kamu harus bayar jika ingin menggunakan kelas tersebut.

Kelas di Game MMO Gratis Magic: Legends
Ada 5 kelas yang bisa dipilih

Setiap kelas juga memiliki skill dan deck yang berbeda. Contohnya karakter saya adalah Necromancer sehingga skill dan decknya memiliki tipe warna hitam. Sedang kelas Sanctifier memiliki skill dan deck dengan tipe warna putih. Tapi bukan berarti karaktermu dibatasi penggunaan skillnya. Setelah menyelesaikan beberapa main quest, kamu bisa mendapatkan kartu skill dengan tipe warna yang lain.

Untuk fitur lainnya ada class perk yang berupa skill pasif. Semakin tinggi level karaktermu, semakin banyak class perk yang bisa digunakan. Karaktermu bisa menggunakan equipment seperti armor dan artifact. Kamu bisa upgrade equipment jika mau. Tapi saran saya lebih baik kamu pakai equipment yang ratingnya paling kuat saja.

Magic: Legends juga memiliki kostum. Buat pemain yang ingin karakternya tampil beda dari karakter yang lain bisa memilih untuk menggunakan kostum. Ingat yah, meski Magic: Legends adalah game MMO gratis ada beberapa fitur yang baru bisa diakses jika membayar. Salah satunya adalah kostum ini. Selain itu bisa juga untuk membeli battlepas, material untuk upgrade kartu, dan masih banyak lagi.

Apa Kekurangan Game Mirip Diablo ini?

Menurut saya kekurangan game ini adalah kurang dioptimalisi. Pada map tertentu, pergerakan karaktermu masih patah-patah. Malah ketika day one gamenya ngelag parah. Untung masalahnya sudah mulai diperbaiki oleh developer.

Dari segi visual game ini juga masih terlihat kasar. Dalam cutscene, suara dan scene bisa tidak sinkron. Karena masih open beta semoga kekurangan-kekurangan ini bisa diperbaiki oleh developer. Terlepas dari semua kekurangan tersebut, Magic: Legends sebagai game MMO gratis bisa dibilang ok.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?