Kominfo Sudah Buka Blokir Steam

Kabar baik untuk gamer yang menggunakan Steam. Kominfo sudah membuka blokir dari platform Steam. Artinya aplikasi ini bisa digunakan lagi. Game DOTA 2 dan CS:GO yang sebelumnya juga tidak bisa diakses, sekarang sudah bisa kembali dimainkan.

Dilansir dari Liputan 6, Kominfo mulai membuka blokir Steam pada hari Selasa (2/8) sejak pukul 08.30 WIB. Selain Steam, Kominfo juga sudah membuka blokir dari website Yahoo dan layanannya.

Lalu bagaimana nasib platform game lain yang juga kena blokir Kominfo? Berdasarkan pantaun tim Playcubic, platform Epic Games Store rupanya masih diblokir oleh Kominfo. Ketika diakses akan muncul tulisan menu dengan tulisan connection error. Sama halnya juga dengan Origin kepunyaan EA yang juga masih terblokir.

Website Paypal yang juga sebelumnya diblokir oleh Kominfo telah dibuka, namun hanya dalam waktu tertentu saja. Kominfo menyarankan agar para pengguna Paypal di Indonesia untuk menarik uang sebelum website tersebut kembali diblokir.

Pemblokiran Kominfo terhadap akses layanan digital di Indonesia dimulai dari tanggal 31 Agustus 2022 kemarin. Pemblokiran ini dilakukan karena ada beberapa layanan digital yang belum mendaftarkan diri di PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik). Akibat pemblokiran ini layanan digital seperti Steam, Paypal, dan Yahoo jadi tidak bisa diakses. Akibatnya netizen ramai-ramai menghujat Kominfo karena dinilai sembarangan dalam membuat kebijakan.

Bagaimana menurut kamu?