Kapan Bisa Main Game Pokemon di PC?

“Kapan bisa main game Pokemon di PC?”

Jawabannya adalah tidak mungkin. Nintendo kelihatannya masih belum rela jika game flagship mereka ini muncul di platform lain. Ada sih game Pokemon abal-abal alias emulator yang bisa dimainkan di PC. Ada juga game Pokemon buatan fan-made misalnya kayak Pokemon Uranium dulu. Tapi umur game kayak begitu tidak panjang. Begitu ketahuan oleh Nintendo langsung keok.

Jadi mau main Pokemon? Ya beli Nintendo. Atau paling enggak download game Pokemon resmi di handphone seperti Pokemon GO atau Pokemon Masters. Meski sama-sama Pokemon tapi feeling-nya beda dengan game Pokemon di Nintendo. Kalau ingin yang utuh experience-nya ya jawabannya sama seperti sebelumnya, beli Nintendo dulu.

Ketiadaan Pokemon di PC ini ibarat celah besar yang bisa dimanfaatkan. Untuk mengisi posisi tersebut, banyak developer membuat game PC yang gayanya mirip dengan Pokemon. Contohnya Slime Rancher buatan Monomi Park, lalu ada Monster Sanctuary yang punya gaya metroidvania.

Kalau ada budget bisa mencoba World of Final Fantasy atau game Digimon (Digimon Mastres atau Cyber Sleuth). Nah kebetulan kalau saya memilih Temtem.

Temtem dibuat oleh developer Crema. Dulu game ini hanya ada di PC (Steam). Sekarang Temtem sudah ada juga di PS5 dan Xbox Series. Dari semua game mirip Pokemon di PC, Temtem menurut saya yang paling mirip.

Kemiripan Temtem dengan Pokemon

Alur cerita Temtem dan Pokemon mirip. Karaktermu yang awalnya cupu terus berkembang dengan menangkap Temtem baru dan menantang para Dojo Leader (Gym leader di Pokemon). Karaktermu di Temtem juga akan terlibat konflik dengan organisasi jahat. Kalau di game Pokemon ada Team Rocket, di Temtem ada Clan Belsoto.

Gameplay Temtem dan Pokemon pun sama. Kamu terlebih dulu harus menangkap Temtem liar di daerah berumput. Setelah ditangkap, Temtem ini bisa dipakai dalam battle dengan sistem turn-based untuk dinaikkan levelnya.

Main game Pokemon di PC Temtem ensiklopedia
Temtempedia lawannya Pokedex

Sama juga seperti di Pokemon, semua Temtem memiliki elemen. Setiap elemen memiliki kelemahan dengan elemen yang lain. Monster di Temtem pun juga dapat berevolusi layaknya Pokemon.

Beda Temtem dengan Pokemon

Nah ada juga gameplay Temtem yang membuatnya beda dengan Pokemon. Kamu bisa menggunakan dua Temtem sekaligus dalam battle. Skill di game Temtem ada yang berupa synergy. Jika kedua Temtem yang digunakan pas, maka skill synergy ini bisa digunakan.

Temtem juga adalah game online atau MMO lebih tepatnya. Kamu bisa bermain bersama dengan temanmu lewat mode co-op. Dalam battle kamu akan mengendalikan satu Temtem, sedangkan Temtem satu lagi digunakan oleh temanmu. Asyikkan bisa battle bareng teman. Tapi karena Temtem adalah game online, game ini tidak bisa dimainkan jika tanpa koneksi internet.

Main game Pokemon di PC Temtem gameplay
2 VS 2

Hal lain yang membuat Temtem beda dengan Pokemon adalah sistem breeding. Untuk mendapatkan Temtem terkuat, kamu harus rajin breeding. Cari dua Temtem yang terkuat statusnya, lalu kawinkan keduanya untuk mendapatkan telur. Setelah itu berdoa agar Temtem yang menetas dari telur tersebut lebih kuat daripada induknya.

Main game Pokemon di PC Temtem breeding
Cara breeding

Itu hanya baru sebatas permukaan saja. Masih banyak hal-hal lain yang harus dikuasai mengenai breeding di Temtem. Misalnya atribut TV (Training Value) dan SV (Single Value) yang menjadi penentu seberapa kuat Temtem milikmu. Jika hanya sembarangan, jangan harap Temtem milikmu bisa bertahan di competitive match.

Main game Pokemon di PC Temtem SV dan TV
Atribut Temtem full level

Yah setidaknya keinginan saya untuk main Pokemon di PC terobati dengan Temtem. Saat ini developer Crema telah mengimplementasi update baru untuk Temtem. Isinya ada map baru bernama Cipanku, monster baru dengan elemen digital, dan konten endgame berupa raid untuk mendapatkan Mythical Temtem.

Jadi kalau saya ditanya: “Kapan bisa main game Pokemon di PC?”

Saya akan jawab: “Ngapain bingung? Kan ada game lain yang mirip-mirip sedap”