Gambar: Valve Official

Setelah game Artifact banyak mendapat kritik dari pemainnya, Valve akhirnya meluncurkan sebuah big update untuk menjawab berbagai kritik tersebut. Update tersebut diantaranya adalah penambahan sistem skill rating, sistem leveling, serta penyesuaian balance.

Besarnya skill rating antara 1-75, dimana semua pemain akan memulainya dari nilai 1 setiap musimnya. Rating tersebut bisa ditingkatkan dengan cara memenangkan pertandingan. Selama satu musim, skill rating yang didapat tidak akan hilang atau berkurang walaupun kalah dalam pertandingan. Namun jika masuk musim berikutnya, maka akan diatur ulang.

Untuk masalah update sistem leveling, Artifact akan memberikan rewards kepada pemain berupa penambahan XP untuk setiap pertandingan matchmade yang diikuti serta bonus XP dalam jumlah besar jika pemain bisa memenangkan 3 pertandingan dalam seminggu. XP tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan level ataupun mendapatkan berbagai konten baru. Jika pemain berhasil naik level, makan pemain akan mendapatkan tiket ataupun paket pada musim ini.

Sedangkan untuk penyesuaian balance, sampai artikel ini ditulis, masih belum ada detail resmi dari Valve mengenai hal ini. Namun yang pasti, mereka memastikan bahwa penyusuaian ini akan meningkatkan kualitas gameplay.