Intel Umumkan Prosesor Intel Core Mobile Generasi 13 di CES 2023

Hari ini di CES, Intel mengumumkan prosesor 13th Gen Intel® Core™ mobile yang menghadirkan performa dan pengalaman yang superior dalam platform mobile. Intel memperkenalkan 32 prosesor 13th Gen Intel Core mobile yang diperkuat serangkaian fitur dan kemampuan untuk semua segmen laptop.

“Keluarga prosesor 13th Gen Intel Core mobile menyajikan performa yang tak tertandingi dan skalabel platform terbaik di semua segmen laptop,” kata Michelle Johnston Holthaus, executive vice president dan general manager di Client Computing Group, Intel. “Dengan teknologi terdepan di industri kami dan ekosistem partner global yang tak ada bandingannya, pengguna bisa mendapatkan pengalaman mobile kaliber tinggi dalam desain form-factor yang baru dan unik, sehingga mereka bisa bermain game ataupun berkreasi dari mana saja.”

Prosesor 13th Gen Intel Core H-series Menyajikan Performa Terdepan di Industri

Intel terus mendorong batas performa dan meningkatkan kemampuan komputasi bagi para gamer dan kreator dengan meluncurkan prosesor 13th Gen Intel Core H-series mobile, yang mencakup prosesor 24-core pertama untuk laptop. Ketika dikombinasikan dengan fitur-fitur unik seperti dukungan memori DDR4 dan DDR5, konektivitas terbaik di kelasnya, dan PCIe Gen 5, Prosesor 13th Gen HX menyajikan platform mobile gaming terbaik di dunia.2

Keluarga prosesor baru ini menawarkan:

  • Turbo frequency hingga 5,6 gigahertz (GHz) – clock speed tertinggi yang tersedia untuk pasar laptop – yang memberikan performa single-thread hingga 11% lebih cepat3 dan performa multitask 49% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.4
  • Hingga 24 cores (8 Performance-cores, 16 Efficient-cores), 32 threads, dan Intel® Thread Director yang sudah ditingkatkan.
  • Dukungan memori full hingga total 128 gigabyte (GB) untuk DDR5 (hingga 5.600 megahertz) dan DDR4 (hingga 3.200 MHz).
  • Intel® Killer™ Wi-Fi 6E (Gig+) untuk kecepatan Internet hingga 6x lebih cepat tanpa interferensi dari channel Wi-Fi yang lama.5
  • Konektivitas Bluetooth terkini dengan Intel® Bluetooth LE Audio dan Bluetooth 5.2 mendukung hingga kecepatan 2x lebih cepat dan koneksi multi device dengan konsumsi daya yang lebih rendah.
  • Mendukung Thunderbolt 4, sehingga memberikan kecepatan transfer hingga 40 gigabits per second (Gbps) dan konektivitas PC ke lebih dari satu monitor 4K dan berbagai aksesoris.
  • Pengalaman grafis terintegrasi yang sudah ditingkatkan berdasarkan driver stack yang ditingkatkan dan pembelajaran penting dari karya Intel di segmen discrete graphic.
  • Kemampuan overclocking pada semua SKU HX dan HK.

Dengan desain laptop HX yang ditenagai oleh prosesor 13th Intel Core mobile yang jumlahnya lima kali lebih banyak dibandingkan dengan 12th Gen, pengguna dapat memilih diantara 60 desain HX untuk melakukan streaming, berkreasi, dan berkompetisi di level tertinggi.

Prosesor 13th Gen Intel Core P-Series dan U-Series Menghadirkan Performa Tercepat ke dalam Laptop Thin-and-Light

Intel juga memperkenalkan prosesor 13th Gen Intel Core P-series dan U-series mobile yang sempurna bagi mereka yang menginginkan performa tinggi saat bepergian dalam desain yang tipis dan ramping. Prosesor ini menawarkan:

  • Hingga 14 cores (6 Performance-cores, 8 Efficient-cores) dan Intel Thread Director yang sudah ditingkatkan.
  • Fitur baru Intel® Iris® Xe Graphics meliputi endurance gaming, XeSS Super Sampling dan Intel® Arc™ Control.
  • Dukungan memori yang luas untuk DDR5 dan DDR4 serta varian
  • Intel Wi-Fi 6E (Gig+) terintegrasi dan fitur nirkabel baru seperti Intel® Connectivity Performance Suite, Intel® Wi-Fi Proximity Sensing, dan Intel® Bluetooth LE Audio.6
  • Hingga empat port Thunderbolt™ 4 untuk solusi kabel yang tercepat, paling simpel, dan paling andal, untuk berbagai dock, layar, atau aksesoris.7

Untuk pertama kali, beberapa desain terpilih yang berbasis prosesor 13th Gen Intel Core akan menggunakan Intel® Movidius vision processing unit (VPU). Hasil co-engineering yang mendalam dengan Microsoft melalui Windows Studio Effects baru mereka, tugas berat AI yang diperlukan untuk kolaborasi dan streaming tingkat profesional dapat dipindahkan ke VPU, sehingga membebaskan CPU dan GPU dari beban kerja atau multitasking lainnya.

Seluruh seri prosesor H-, P- dan U-Series mobile terbaru akan meningkatkan performa untuk laptop desain enthusiast, laptop thin-and-light, foldable, 2 and 1, dan form factor generasi berikut lainnya. Lebih dari 300 desain unik diharapkan akan muncul pada tahun ini dari Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, MSI, Razer, Republic of Gamers, Samsung, dan lainnya.

Untuk IoT edge, prosesor 13th Gen Intel Core akan menghadirkan fitur-fitur industrial baru, temperatur operasi yang makin luas dan CPU berperforma lebih tinggi, dengan lebih banyak kemampuan grafis dan performa AI. Ideal untuk retail, pendidikan, perawatan kesehatan, kedirgantaraan, industri, dan smart city, prosesor baru ini memberikan konsolidasi beban kerja yang lebih baik dengan lebih banyak core dan thread, sehigga memungkinkan aplikasi berjalan di satu perangkat.

Desain Intel Evo Baru dengan Daya Tahan Baterai Lebih Lama dan Pengalaman yang Mengesankan

Intel terus meningkatkan standar untuk laptop dan form factor mobile lainnya dengan spesifikasi laptop Intel® Evo™. Dengan spesifikasi baru ini, desain Intel Evo dengan prosesor 13th Gen Intel Core menghadirkan tiga pengalaman utama:

  • Performa mobile tanpa kompromi: Diverifikasi untuk menghadirkan responsivitas yang konsisten saat dicabut, masa pakai baterai yang lebih lama, menyala instan, dan pengisian daya cepat.
  • Kolaborasi cerdas: Konferensi video yang luar biasa, dengan memanfaatkan teknologi seperti Intel Connectivity Performance Suite dan Intel Bluetooth LE Audio.8
  • Intel Unison pada desain yang memenuhi syarat: Pengalaman multiperangkat tanpa hambatan yang memungkinkan pesan teks, panggilan telepon, notifikasi telepon, dan transfer file dari PC Anda ke ponsel yang mendukung Android atau iOS.9

Pengalaman laptop Intel Evo yang luar biasa tidak berhenti di PC. Program Engineered for Intel Evo memperluas standar tinggi verifikasi dan co-engineering untuk mitra aksesoris. Selain dock, monitor, penyimpanan, dan headset nirkabel Thunderbolt 4, aksesori baru seperti mouse, keyboard, dan access point dari mitra utama bergabung dalam program hari ini.

Kepemimpinan Prosesor 13th Gen Intel Core Desktop Berlanjut dengan Tambahan Anggota Keluarga Baru

Intel mendukung pengalaman prosesor desktop terbaik dunia dengan prosesor 13th Intel Core yang diluncurkan hari ini.10 Melengkapi rangkaian prosesor 13th Gen desktop yang pertama kali diluncurkan dengan SKU K-series yang berfokus pada kalangan enthusiast pada bulan September, SKU 35 watt dan 65 watt yang baru memberi lebih banyak pilihan untuk efisiensi daya kepada pengguna PC mainstream dengan tetap memberikan performa luar biasa dalam gaming, kreasi, dan produktivitas. Mereka menawarkan:

  • Hingga 5,6 GHz, 24 cores/32 threads – dengan diperkenalkannya Efficient-core ke prosesor mainstream Intel Core i5 – dan gabungan cache L2 yang lebih besar untuk menghasilkan kinerja single-threaded hingga 11% dan multithreaded 34% dibandingkan prosesor Intel Core non-K.11 Pencapaian kinerja generasi demi generasi ini memastikan bahwa prosesor 13th Gen Intel Core non-K 35 watt dan 65 watt yang baru menghadirkan performa level berikutnya dalam pembuatan game dan konten untuk pengguna PC mainstream.
  • Kompatibilitas dengan generasi sebelum dan sesudahnya dengan motherboard seri 600 dan 700, serta dukungan untuk memori DDR5 dan DDR4.
  • Peningkatan efisiensi energi dengan Intel Dynamic Tuning Technology dan pengaturan tingkat daya yang lebih baik, sehingga memberikan rasio performance per watt (PPW) yang lebih besar daripada sebelumnya.

Peluncuran Prosesor Intel N-series untuk Komputasi Entry-Level

Menyusul berakhirnya branding Intel Pentium dan Intel Celeron, Intel hari ini memperkenalkan Prosesor Intel dan Intel Core i3 baru dalam jajaran produk N-series – yang dibuat khusus untuk segmen pendidikan, komputasi entry-level, dan aplikasi IoT native edge. Fitur-fiturnya terdiri dari:

  • Efficient-cores yang baru (microarchitecture dengan nama kode Gracemont) dibangun pada teknologi proses Intel 7.
  • Performa aplikasi hingga 28% lebih baik dan performa grafis 64% lebih baik pada Intel Processor dibandingkan generasi sebelumnya.12
  • Untuk pertama kalinya, peningkatan ke Intel Core i3 N-series baru untuk performa aplikasi tambahan hingga 42% dan kinerja grafis 56% pada Prosesor Intel.13
  • Memutar video HD hingga 10 jam tanpa pengisian ulang daya.14
  • Decode AV1 yang baru, engine untuk layar high-resolution dan IPU yang sudah ditingkatkan, serta mendukung kamera
  • Konektivitas yang lebih lengkap dengan Intel Wi-Fi 6E (Gig+) yang ultra-cepat dan Bluetooth 5.2.
  • Opsi memori (LPDDR5, DDR5/DDR4) dan storage (UFS/SSD/eMMC) yang lebih fleksibel.

Prosesor ini dirancang untuk segmen pendidikan dan konsumen yang membutuhkan harga yang lebih rendah dan berorientasi pada nilai, tetapi tetap membutuhkan performa dan pengalaman berkualitas tinggi di area seperti kolaborasi video dan produktivitas. Lebih dari 50 desain dari Acer, Dell, HP, Lenovo, dan ASUS diharapkan hadir pada tahun 2023 karena Intel terus memimpin kemitraan ekosistem untuk ChromeOS dan Windows.

Untuk aplikasi IoT edge native, prosesor Intel Atom® x7000E Series, Prosesor Intel N-series dan Intel Core i3 N-series menghadirkan inferensi deep learning, pemrosesan grafik dan media dari prosesor kami yang paling hemat daya. Prosesor ini digunakan di papan nama retail, kios, sistem point of sale, perangkat pencitraan medis portabel, peralatan otomatisasi kantor seperti mesin fotokopi, dan perangkat keselamatan dan keamanan seperti perekam video jaringan kelas entry level dan AI box.