Ini yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Membeli Headset VR

Seperti yang sudah kalian ketahui semuanya bahwa pada tahun 2016 dunia game akan kedatangan tamu baru. Tamu ini adalah headset Virtual Reality (VR). Sebelum berjalan lebih jauh ada baiknya kalian mengenal lebih dulu apakah itu headset VR. Melalui headset VR kalian dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia game. Headset VR tidak hanya sekedar kacamata saja tapi juga terdiri dari bagian earphone serta kontroler spesial. Jadi begitu kalian memakai headset VR ini dijamin kalian akan langsung lupa dengan dunia nyata. Sekedar tambahan, headset VR berbeda dengan Augmented Reality (AR).

Karena sedang booming-booming-nya headset VR saat ini, Playcubic akan memberikan kalian para pembaca setia hal-hal yang harus diketahui mengenai headset VR. Mudah-mudahan tips dari Playcubic ini bisa jadi bahan pertimbangan untuk kalian yang mungkin sedang berpikir-pikir apakah akan membeli headset VR atau tidak.

Tiga jenis headset VR yang dibuat untuk gamer

Pada tahun 2016 ini akan ada tiga jenis headset VR yang akan dirilis.

Headset pertama adalah Oculus Rift buatan Oculus. Headset ini akan ditujukan untuk pengguna PC serta konsol Xbox One. Oculus Rift akan dijual dalam dua tahap: yang pertama adalah bulan Maret 2016 sedangkan gelombang kedua pada bulan April 2016. Pre-order dari Oculus Rift telah dimulai dari awal bulan Januari ini.

oculus_rift

Headset yang kedua adalah PlayStation VR buatan Sony. Headset ini akan ditujukan untuk para pemilik konsol PS4. Jadwal rilis dari headset PlayStation VR ini masih tentative. Sony hanya menyebutkan bahwa headset ini baru akan rilis pada pertengahan tahun 2016.

playstation_vr

Yang terakhir adalah HTC Vive yang merupakan hasil kerjasama Valve dengan produsen smartphone HTC. Headset VR ini akan ditujukan untuk para pengguna platform Steam. Bisa jadi HTC Vive ini nantinya juga akan bisa digunakan pada konsol hybrid buatan Valve yaitu Steam Machine. HTC Vive akan mulai dapat dinikmati pada bulan April 2016. Masa Pre-order-nya akan dimulai pada tanggal 29 Februari 2016.

HTC Vive

Harga yang terbilang cukup mahal

Berhubung VR adalah teknologi baru, wajar saja jika harganya akan melangit. Oculus Rift nantinya akan dijual dengan USD 600 yang jika diRupiahkan akan mencapai IDR 8.355.000. Meskipun dua kompetitornya yaitu PlayStation VR maupun HTC Vive masih belum memiliki harga yang pasti, harga dari Oculus Rift ini bisa dijadikan perkiraan. Apakah jumlah uang yang harus dikeluarkan ini worth it untuk menikmati teknologi VR?

Spesifikasi yang harus dipertimbangkan

Apabila kalian memiliki PC dan berniat untuk menjajal headset VR seperti Oculus Rift maka kalian harus pertimbangkan terlebih dahulu spesifikasi PC kalian. Berikut adalah rekomendasi spesifikasi PC untuk Oculus Rift:

  • NVIDIA GTX 970 / AMD 290 equivalent or greater
  • Intel i5-4590 equivalent or greater
  • 8GB+ RAM
  • Compatible HDMI 1.3 video output
  • 2x USB 3.0 ports
  • Windows 7 SP1 or newer

Apabila PC kalian tidak mencapai spesifikasi yang dicantumkan maka kalian harus meng-upgrade terlebih dahulu. Sekali lagi masalah biaya akan kembali menjadi kendala, Bisa-bisa kalian akan menghabiskan uang lebih dari 10 Juta Rupiah hanya untuk membuat PC kalian dapat digunakan untuk bermain game VR.

Game-game VR banyak yang keren

da uang, ada kualitas. Sudah pasti game-game yang dibuat khusus untuk headset VR ini bakal keren. Kalian tidak lagi melihat karakter kalian melalui layar televisi atau monitor melainkan langsung masuk ke dalam dunia game. Dua game VR yang menurut Playcubic patut ditunggu adalah game perang angkasa luar EVE: Valkyrie untuk Oculus Rift dan game simulasi Summer Leason untuk PlayStation VR. Kenapa kedua game ini patut ditunggu? Langsung lihat videonya dibawah:

Headset VR yang lebih murah

Kecewa dengan harga headset VR yang melangit? Jangan khawatir karena adapula headset yang harganya lebih bersahabat dengan dompet. Google Cardboard adalah headset VR buatan Google yang harganya sangat bersahabat. Cukup dengan 23.95 Dolar AS atau sekitar 330 ribu Rupiah kalian sudah bisa menikmati game atau film VR melalui smartphone.

google_cardboardIngin yang lebih berkualitas? Kalian bisa membeli headset VR kepunyaan Samsung yaitu Samsung Gear VR. headset VR mobile buatan Samsung ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan Google Cardboard yaitu 99 Dolar AS atau sekitar 1,4 juta Rupiah. Tentunya secara kualitas Samsung Gear VR ini lebih baik dibandingkan dengan Google Cardboard.

amsung_gear_vrJadi bagaimana? Apakah kalian masih tertarik untuk membeli headset VR atau justru mungkin memiliki pikiran yang lain. Langsung saja tulis pendapat kalian pada kolom komentar.