Sekarang berkat kemajuan teknologi, kamu bisa bermain game dimana saja dan kapan saja dengan smartphone, tablet, atau PC kamu. Tapi pernah gak kamu bayangin betapa susahnya dulu ketika teknologi belum secanggih sekarang? Buat kamu yang lahir pada tahun 90an, pasti sudah pernah ngerasain jadi gamer ala anak jadul.

Biasanya setelah pulang sekolah adalah waktunya anak-anak untuk berburu game. Beda dengan sekarang, dulu anak agar bisa bermain game kamu harus datang ke rental PS. Karena dulu barang elektronik seperti PS1 saja itu sudah merupakan barang yang cukup mahal lho. Jadi gak banyak yang punya PS1 atau PS2.

Selain rental PS, juga ada rental gameboy yang sering dijumpai di SD. Untuk gameboy sendiri sudah banyak kok yang punya karena harganya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan PS pada saat itu. Meski begitu tetap saja rental gameboy ataupun PS sangat ramai karena sangat seru jika dimainkan bareng bersama teman.

Apakah kamu merasa nostalgia? Walaupun sangat susah untuk bermain game pada jaman dulu tapi ada kok suka dan duka tersendiri yang sampai sekaramg kalau diingat-ingat bisa bikin kamu cengar-cengir sendiri. Kira-kira kenangan mana ya yang paling bikin kamu berkesan?

  1. Rela Dateng Pagi Buat ke Rental PS

Buat kamu yang dulunya anak rental ps pasti deh pernah sengaja bangun pagi di hari minggu agar bisa pergi ke rental. Bahkan kamu rela ngelewatin film kartun kesayangan yang selalu hadir di tv lokal. Padahal pas sampai rental juga belum buka dan kamu juga dengan sabar nungguin disitu. Alasannya sederhana, supaya kamu bisa dapat jatah main pertama.

Karena hari minggu semua anak-anak libur, kalau kamu datang kesiangan bisa-bisa kamu bakal dapat jatah main sore atau malah gak kebagian sama sekali. Gak jarang juga kamu harus nunggu giliran main orang lain sambil ikut ngeliatin mereka main. Kadang juga suka gak sabar dan akhirnya nanya berapa menit lagi waktu yang tersisa sampai giliran kamu.

2. Mati Lampu Pas Lagi Seru Main PS

Ketika kamu lagi dapat uang jajan yang banyak, akhirnya kamu memutuskan untuk langsung pasang waktu sampai 3 jam lamanya. Tapi ketika kamu lagi seru-serunya main ternyata ada pemadaman listrik dari PLN. Langsung deh kecewa barengan dengan anak rental lain. Sudah bayar banyak gak taunya mati listrik.

Tapi tenang aja, kalau pemilik rentalnya baik hati pasti kamu boleh ngelanjutin waktu yang belum terpakai itu buat esok hari. Pastiin juga kalau si pemilik rental mencatat nama dan waktu kamu di buku biar gak lupa. Karena gak jarang juga pemilik rental malah lupa dan kamu akhirnya rugi banyak.

3. Waktu Terasa Lebih Cepat

Udah pasang waktu 2 jam, masih aja kurang. Ya pasti kamu akan merasa kalau hari sabtu dan minggu akan cepat berlalu. Tapi hari senin sampai jumat rasanya lama sekali. Faktor umum memang bisa membuat diri kamu merasa lebih bahagia dan membuat waktu cepat berlalu. Kalau sudah kepepet, gak jarang kan kamu bakal mampir ke rental pas jam istirahat siang.

4. Setengah Jam Cuma 500 Perak

Kalau biasanya rental PS di hari-hari libur, ada alternatif yang lebih murah dan gak kalah seru juga. Di depan SD contohnya, pasti banyak abang-abang yang menjajakan gameboy. Meski gak punya grafik yang bagus tapi kamu bisa memainkan gameboy dengan harga 500 perak saja untuk setengah jam. Kalau satu jam ya kamu harus membayar 1000 perak. Kalo ada temen kamu yang tergolong kaya pasti langsung mainin gameboy berwarna yang harganya 2000 perak. Mengingat waktu dulu jaman anak SD, uang 2000 saja sudah mahal.

Kalau kamu masih ingat, biasanya game yang dimainkan itu, Pokemon, Dragon Ball, Tetris dan Mario Bros. Ketika waktu main sudah habis, pasti abang-abangnya akan menarik tali yang tersambung di gameboy. Kadang abangnya bakal narik-narik tali padahal waktunya belum selesai. Bikin jengkel tapi ga mungkin marahin abang-abangnya kan.

5. Satu Kaset Isinya Ribuan Game

Kamu pasti pernah mainin game yang tulisannya “3 in 1”, “10 in 1”, sampai ada yang “999 in one”. Merasa terkagum-kagum akhirnya kamu beli deh kasetnya. Biasanya kaset ini ada di game nintendo. Memang judulnya 999 in one, tapi kalau kamu lihat baik-baik pasti kamu akan nemuin game yang sama tapi dengan judul yang berbeda. Biar keliatannya aja dan bikin kamu beli gamenya, strategi pemasaran yang unik ya.

6. Punya Catetan Khusus Cheat

Ayo ngaku, pasti kamu pernah punya catetan khusus cheat game ps kan. Kalaupun kamu gak punya, pasti ada temen kamu yang punya dan merasa dirinya jago banget main. Biasanya game yang pakai cheat itu adalah game GTA. Cheat bakal terpakai kalau kamu kesusahan saat namatin sebuah game karena jaman dulu belum ada google, kamu bisa langsung gunakan cheat atau tanyakan caranya ke teman kamu yang sudah jago.

Itu tadi 6 suka duka yang pasti pernah kamu rasain ketika jadi gamer jaman dulu. Meskipun kamu perlu jalan jauh untuk datang ke rental, tapi bukan capek yang dilihat namun keasyikan dalam prosesnya. Beda dengan sekarang, kamu bisa main game apa saja tinggal tiduran di atas kasur. Selain punya manfaat bersosialisasi, anak jaman dulu juga bisa menyehatkan badan karena sering bersepeda dan jalan kaki. Jadi, main game gak sepenuhnya salah lho ya.