Implementasi Crypto di Ni No Kuni: Cross Worlds Tuai Kritik

Ni No Kuni: Cross Worlds, game mobile terbaru Netmarble dan Level-5 sedang ramai diperbincangkan. Bukan hanya karena game ini memiliki visual yang menarik dan bisa dimainkan di mobile maupun PC. Tetapi juga karena sistem crypto dan blockchain yang diimplementasi dalam game tersebut. Sistem ini dikritik karena dianggap merusak gameplay.

User bernama Tezoze membuat posting di Reddit mengenai tidak adilnya sistem crypto yang ada di dalam game Ni No Kuni: Cross Worlds. Menurut Tezoze implementasi crypto di Ni No Kuni: Cross Worlds ternyata ada dimana-mana dan bahkan bisa menganggu gameplay itu sendiri. Padahal awalnya Netmarble mengatakan jika implementasi crypto ini hanya minimal.

Territe adalah token dalam Ni No Kuni: Cross Worlds yang nantinya bisa ditukarkan dengan crypto Territe Token. Tidak cukup sampai disitu, Territe Token bisa ditukar juga menjadi Marblex yang lalu dapat ditukar dengan mata uang crypto yang sudah ada. Detailnya bisa kamu lihat di sini.

Belum lagi Ni No Kuni: Cross Worlds juga memiliki fitur microtransaction dan gacha. Hal yang lebih mengejutkan adalah pemain ternyata bisa membeli langsung item yang didapat dari gacha dengan menggunakan mata uang crypto.

Tezoze mencontohkan bagaimana sistem crypto bisa Cara merusak ekosistem PVP yang ada di dalam Ni No Kuni: Cross Worlds. Sebabnya pemain bisa langsung membeli gear PVP terbaik dengan crypto. Sementara yang tidak mau membeli langsung harus farming token untuk nantinya ditukar dengan gear tersebut.

Rencana Netmarble untuk mengeksploitasi Ni No Kuni: Cross Worlds tidak berhenti sampai di sini. Publisher game asal Korea ini juga berniat untuk mengimplementasi NFT pada tahun ini.

Bagaimana menurut kamu?