Masalah eksklusivitas kembali membuat heboh. Kali ini game buatan Ys Net, Shenmue 3 yang membuat masalah. Ikut tampil di acara PC Gaming Show di E3 2019, Ys Net mengumumkan jika versi PC game tersebut akan rilis secara eksklusif di Epic Games Store.

“Pengembangan Shenmue 3 berjalan dengan baik berkat Unreal Engine dan dukungan dari Epic. Oleh karena itu, kami (Ys Net) dan publisher (Deep Silver) memutuskan untuk mendistribusikan versi game Shenmue 3 di Epic Games Store,” Kata developer.

Pernyaatan ini langsung membuat para backer di Kickstarter kecewa. Pasalnya saat memulai kampanye di Kickstarter, developer sudah mengarahkan agar Shenmue 3 rilis di Steam. Bahkan saat ini sudah ada halaman resmi Shenmue 3 di Steam.

Akibat perubahan kebijakan tersebut, backer lalu menuding Ys Net dan Deep Silver berbohong. Mereka lalu meminta agar uang mereka dikembalikan. Permintaan ini sayangnya tidak bisa dituruti. Pihak developer menolak untuk memberikan refund. Mereka hanya meminta maaf karena perubahan ini terjadi secara mendadak.

Setelah diberondong oleh protes, Deep Silver akhirnya membuat klarifikasi. Deep Silver menyatakan jika Shenmue 3 versi PC nantinya juga akan rilis di Steam. Kapan pastinya tidak disebutkan. Sekedar informasi, eksklusivitas untuk Epic Games Store biasanya berjalan selama satu tahun. Jadi, bisa saja Shenmue 3 di Steam dirilis setahun setelah versi Epic Games Store.

Shenmue 3 akan rilis pada tanggal 19 November 2019 di PS4, Xbox One, dan PC (Khusus Epic Games Store).