Tencent Games hari ini mengumumkan akan menggelar turnamen Indonesia PUBG Mobile Campus Championship 2018. Tiga elemen kunci dari kegiatan yang disponsori oleh Torabika Cappuccino ini meliputi turnamen PUBG Mobile, kompetisi komentator terbaik, dan desain trophy terbaik. Turnamen ini menjangkau lebih dari 10.000 mahasiswa di lebih dari 40 universitas dengan perkiraan 1 juta reach di sosial media serta total hadiah sebesar 300 juta rupiah.

PUBG Mobile saat ini merupakan salah satu mobile game terpopuler di dunia. Dikutip dari GQ, PUBG Mobile telah menembus 100 juta download pada Android dan iOS hanya dalam lima bulan setelah dirilis. Indonesia sendiri menempati posisi tiga besar jumlah orang yang memainkan game ini.

Gaga Li, Country Manager Tencent Games Indonesia mengatakan bahwa esports sedang bertumbuh pesat, terutama di Indonesia. Hal ini mendorong pihaknya agar dapat mengasah kemampuan kreatif mahasiswa di seluruh Indonesia untuk berkompetisi dalam PUBG Mobile Campus Championship 2018. Turnamen ini juga sekaligus menjadi fasilitas bagi mahasiswa untuk berkompetisi secara positif, mengembangkan skill gaming menuju talenta esports berkualitas.

“Kami ingin turnamen ini menjadi momentum bagi anak muda untuk bertanding dan berkompetisi secara fair melalui gaming,” ucap Gaga Li.

Tak hanya itu, Tencent Games melihat bahwa esports sendiri merupakan bagian dari industri kreatif. Dimana untuk menjadi pemain pro memerlukan soft skills. Kemampuan ini dapat diasah. Nantinya mahasiwa yang sudah terjun dalam industri ini tidak hanya bisa menjadi pemain, namun juga kesempatan untuk menjadi esports manager, esports coach, esports analyst, broadcaster, brand ambassador, hingga esports event management.

Kembali ke pembahasan turnamen, PUBG Mobile Campus Championship 2018 ini akan dibagi menjadi online dan offline qualifier, serta on-site qualifier. Sebanyak 64 tim akan bertanding dalam liga yang akan berlangsung selama 5 minggu, dimana nantinya yang keluar sebagai top 16 akan bersaing di babak final.

Registrasi dapat dilakukan melalui website www.pubgmobile.com/ID/PMCC/, dengan mengisi nama, identitas mahasiswa, nomor telepon, email dan PUBG Mobile Character ID.

Untuk online qualifier, registrasi dilakukan via website dan jumlah maksimum partisipan sebanyak 160 tim/qualifier. Mode turnamen yang akan dipertandingkan adalah memainkan 4 babak untuk fase pertama dan kedua, lalu memainkan 6 babak untuk fase final.

Untuk offline qualifier, diadakan di 40 kampus dengan maksimal 25 tim/qualifier. Registrasi juga dilakukan via website.1 tim diharuskan berasal dari 1 kampus dan venue. Mode turnamen yang akan dipertandingkan adalah memainkan 4 babak, 2 TPP erangel dan 2 fpp erangel untuk 1 hari.

Untuk kompetisi online komentator terbaik di tingkat universitas, peserta dapat menggunggah video saat mereka mengomentari permainan di sosial media mereka dengan menggunakan hashtag #PUBGMOBILECC #1Squad1Goal dan di submit via website. Pemenang akan diumumkan di website dan membawa pulang hadiah sebesar Rp 2.000.000. Sedangkan untuk kompetisi desain tropi terbaik, hasil karya mereka dapat diunggah di sosial media dengan hashtag #PUBGMOBILECC #1Squad1Goal. Pemenang akan dipilih berdasarkan like dan komentar terbanyak dan berkesempatan memenangi hadiah sebesar Rp 3.500.000.

Untuk jadwal turnamennya adalah sebagai berikut:

  • Fase pertama yaitu online dan offline qualifier akan digelar sejak November 2018 hingga Januari 2019.
  • Fase kedua berupa online regional finals akan diadakan pada Februari 2019
  • Dan untuk grand final akan diadakan pada bulan Maret 2019.

Semua informasi dan perkembangan terkait turnamen ini bisa kamu lihat di website resminya yaitu www.pubgmobile.com/ID/PMCC/.