Game dulu dan sekarang tidak hanya berbeda dari segi grafis, tapi juga durasi pemainan. Game sekarang biasanya lebih singkat, dan memiliki berbagai fitur yang mempermudah gameplay. Sedangkan game klasik lebih lama dan menantang. Jika pemain tidak bisa menguasainya, maka mustahil untuk menamatkan game tersebut.

Pada artikel ini terdapat 10 judul video game klasik yang menghabiskan banyak waktu orang yang memainkannya. Apa saja?

1. Sonic the Hedgehog

Landak berwarna biru yang memliki hobi berlari ini adalah salah satu ikon terkenal untuk video game klasik. Gameplay Sonic the Hedgehog meski sederhana, tapi memiliki keseruan tersendiri. Satu game Sonic biasanya terdiri dari beberapa level, tapi biasanya setelah tamat bakal diulang kembali. Biasanya alasan mengulang ini karena pemain ingin memperoleh chaos emerald.

2. Harvest Moon

Bertani, berternak dan menambang merupakan aktivitas utama di game Harvest Moon. Meski tergolong game lama, buktinya gamer masih menyukai game ini. Franchise Harvest Moon saat ini masih ada, mulai dari perangkat mobile sampai PC. Gameplay Harvest Moon membuat orang yang memainkannya merasa rileks. Padahal game ini sebetulnya memakan banyak waktu.

3. Pokemon

Sama seperti Harvest Moon, game Pokemon juga bisa dibilang langgeng. Seri game ini dimulai dari Pokemon Red dan Green untuk Game Boy. Sekarang Pokemon sudah ada di perangkat mobile dan yang terbatu di Nintendo Switch. Semua gameplay Pokemon sama, yaitu pemain yang menjadi seorang trainer dan menangkap berbagai jenis Pokemon. Untuk mendapatkan Pokemon terkuat membutuhkan waktu yang cukup lama. Inilah kenapa Pokemon masuk dalam kategori game klasik yang menghabiskan waktu lama.

4. Tetris

Game klasik satu ini bisa menjadi pilihan saat kamu jenuh dengan game yang berat. Jangan salah sangka, Tetris meski kelihatannya sederhana tapi justru menghabiskan banyak waktu. Untuk menguasai game ini pemain harus mengerti terlebih dahulu kombinasi baloknya.

5. Pac-Man

Pac-Man sama seperti Tetris, sederhana tapi menantang. Gameplay Pac-Man sangat sederhana, yaitu memakan biji-bijian sambil menghindari hantu yang mengejar. Jika berhasil memakan biji spesial, Pac-Man bisa berbalik mengejar. Hanya bermain sekali tidak akan membuat gamer ahli memainkan Pac-Man, tapi harus berkali-kali.

6. Battle City

Game bertema tank ini cukup menonjol dibandingkan game-game klasik yang lain. Alasannya adalah karena dalam game ini pemain akan mengendalikan tank. Selain itu pemain juga bisa membuat arena sendiri dengan menyusun batu bata, dinding tebal dan rerumputan. Adanya fitur ini membuat gamer gemar memainkan Battle City berkali-kali.

7. Crash Bandicoot

Crash Bandicoot adalah game klasik legendaris untuk konsol PSOne. Pada masanya dulu game ini benar-benar tidak ada tandingannya dalam hal grafis maupun tingkat kesulitan. Game Crash Bandicoot terkenal tingkat kesulitannya yang tidak main-main. Setiap level selalu dipenuhi oleh perangkap. Semakin tinggi levelnya, semakin gila perangkapnya. Selain harus jeli, pemain Crash Bandicoot juga dituntut untuk menghapal level.

8. Tennis

Game jadul Tennis yang dirilis di konsol Nintendo juga termasuk dalam game yang menghabiskan banyak waktu. Kesulitannya bukan hanya karena gameplay saja, tapi juga dari desain game itu sendiri. Meski begitu Tennis tetap seru saat dimainkan, apalagi jika dimainkan oleh dua orang.

9. Kirby

Dari segi gameplay, game Kirby mirip Super Mario Bros. Game ini juga telah dibuat sejak kemunculan Game Boy. Jika Mario menggunakan jamur, maka kemampuan Kirby tergantung dari benda yang dimakan. Sebagai game platformer, Kirby memiliki beragam jenis stage yang harus dilewati.

10. Duck Hunt

Duck Hunt adalah game klasik Nintendo yang bikin kangen sekaligus menyebalkan. Tujuan pemain di game ini sangat mudah, yaitu menembak bebek-bebek yang terbang dengan NES Zapper. Meski kelihatannya mudah, menembak dengan NES Zapper tidaklah gampang. Sekali mencoba Duck Hunt dijamin bakal ketagihan untuk mencoba lagi.

Itulah game-game klasik yang menghabiskan banyak waktu buat pemainnya. Bagaimana menurut kamu?