Final Fantasy XIV Sumbang Pendapatan Terbesar ke Square Enix

Square Enix dengan Final Fantasy XIV membuktikan bahwa era MMORPG belum habis. Dalam laporan finansial Square Enix yang sudah dipublikasikan, Final Fantasy XIV ternyata justru menjadi sumber cuan bagi Square Enix.

Tertulis bahwa pendapatan untuk divisi digital meningkat karena kesuksesan ekspansi Final Fantasy XIV, Endwalker. Laporan tersebut juga memperlihatkan keuntungan yang diperoleh dari Final Fantasy XIV terus meningkat setiap tahunnya. Keuntungan ini didapat dari meningkatnya jumlah subscriber berbayar Final Fantasy XIV. Peningkatan tertinggi terjadi pada tahun 2021 menjelang rilisnya ekspansi Endwalker pada bulan Desember.

Endwalker tidak hanya ekspansi tersukses untuk game Final Fantasy XIV. Ekspansi ini juga menjadi ekspansi paling laku. Jumlah pemain Final Fantasy XIV jelang dan sesudah ekspansi ini rilis meningkat dengan cepat. Bahkan Square Enix sempat menutup penjualan ekspansi tersebut sementara karena kapasitas server tidak seimbang dengan jumlah pemainnya.

Dengan selesainya Final Fantasy XIV, sang producer Naoki Yoshida atau Yoshi P bisa beralih ke proyek selanjutnya yaitu Final Fantasy XVI. Langkah ini dikhawatirkan oleh fans Final Fantasy XIV. Mereka khawatir jika Yoshi P akan meninggalkan Final Fantasy XIV karena harus fokus game yang lain.