Siapa yang gak tahu Mario Bros? Buat kalian para pecinta game dan tentunya anak generasi 90an pasti udah gak asing lagi dengan karakter yang satu ini. Dilihat dari hidung besar, kumis tebal dan ciri khas topi dan pakaian merah yang mencolok, sudah pasti dong kalian akan terbayang game Nintendo yang eksis pada kalanya itu.

Mario Bros pertama kali dikenal semenjak game pertamanya di Nintendo yakni dengan nama Super Mario Bros. Game karya Shigeru Miyamoto ini awalnya ingin diberi nama dengan bahasa Jepang. Namun Miyamoto sadar betul bahwa nama jepang sangat sulit untuk diterima masyarakat kala itu.

Tapi tahu gak, kalau sebenarnya Mario Bros itu bukanlah tukang ledeng, melainkan berprofesi sebagai tukang kayu. Hal ini mungkin sering dikaitkan karena banyaknya pipa yang ada di dalam game. Tapi ternyata ada fakta-fakta unik lho dari pembuatan karakter Mario Bros ini.

Fakta Unik Mario Bros

Salah satunya adalah dari segi penamaan. Mario Bros sebenarnya hanya memiliki nama lengkap Mario saja. Kenapa bisa begitu? Nama panggilan Mario Bros ini ternyata ada sangkut pautnya dengan saudara kandung Mario, yaitu Luigi. Jadi panggilan Bros itu mengacu pada panggilan Mario dan Luigi yang merupakan bro alias brother.

Dari desain karakternya sendiri, ternyata Shigeru Miyamoto sengaja memakaikan topi pada Mario karena ia merasa sulit untuk menggambar rambut. Begitu juga yang terjadi pada mulutnya, karena Shigeru juga merasa sulit untuk menggambar mulut jadi digantikan saja dengan kumis yang tebal.

Karena kepopulerannya, Mario Bros pun juga punya seri game lain loh. Penasaran game mana aja yang ada karakter Mario Brosnya? Kalau begitu, coba simak baik-baik penjelasan berikut ini.

  1. Super Mario Bros

Game orisinil Super Mario Bros ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1985. Sudah lama banget ya kan. Sampai saat ini game Super Mario Bros juga sudah berhasil terjual mencapai puluhan juta copy lho. Alasan larisnya penjualan game yang satu ini ialah Super Mario Bros membutuhkan strategi dan ketangkasan dalam memainkannya.

Gak sampai disitu saja, kalian juga akan dihadapkan dengan berbagai stage dan level yang berbeda-beda lho. Dunia dan monster yang kalian temui di setiap stage pun akan berbeda-beda. Jadi kalian juga harus hati-hati akan kura-kura, jamur, ikan dan lava yang bisa membahayakan nyawa Mario Bros.

2. Super Mario World

Mario Bros kembali hadir dengan seri terbarunya yang dirilis pada tahun 1991 dengan nama Super Mario World. Game ini juga berhasil terjual dengan jumlah yang fantastis yakni mencapai 20 juta copy banyaknya sejak game ini pertama kali dikeluarkan.

Jalan cerita yang disuguhkan pun cukup seru. Tujuan kalian disini ialah untuk menyelamatkan sang putri yang diculik. Bedanya, disini Mario Bros tampil dengan berbagai bantuan dan rintangan baru yang pastinya menambah pengalaman para pemainnya. Apalagi jika kalian perhatikan dari segi visualisasinya, Super Mario World sudah banyak mengalami peningkatan.

3. Super Mario 64

Sesuai namanya yang mengusung angka 64, Super Mario 64 diluncurkan bersamaan dengan Nintendo 64. Tentunya seri Super Mario yang satu ini hadir dengan kemasan dan petualangan yang lebih seru dari sebelumnya. Bahkan, penjualan game seri ini sudah menembus angka 11 juta copy. Dari gameplaynya, kalian juga akan melihat game Super Mario 64 sudah mengadopsi konsep 3D alias 3 Dimensi namun tak menghilangkan ciri khas dari Mario Bros itu sendiri.

4. Super Mario Kart

Buat kalian yang suka game arcade, ada nih game balapan seru yakni Super Mario Kart. Disini gak cuma balapan biasa saja lho. Kalian bisa memilih karakter yang terdiri dari seluruh karakter yang ada di game Super Mario seri lainnya. Uniknya, terdapat saat balapan kalian juga bisa mengganggu lawan kalian dengan melemparkan benda-benda seperti jamur yang bikin pusing dan bom agar lawan kalian kehilangan konsentrasi.

5. Super Mario 3

Terakhir, ada game Super Mario 3. Seri ini dirilis pada tahun 1990 dan telah mendapatkan peningkatan dari segi kualitas dan tantangan di setiap stagenya. Meskipun masih mengadopsi kualitas pixel, namun inilah alasan mengapa Super Mario 3 masih dimainkan oleh banyak orang. Kekuatan karakter hingga level yang dibuat semakin sulit, ternyata menjadi tantangan sendiri bagi para pemainnya untuk menaklukan Super Mario 3 ini.

Itu tadi rahasia Super Mario yang belum kalian ketahui beserta deretan game dimana Mario Bros selalu menjadi bintang utamanya. Meski sekarang tenologi sudah semakin canggih, tapi hal itu gak jadi alasan untuk tetap memainkan game nostalgia ala zaman dahulu seperti game Super Mario ini ya. Sekian dulu artikel kali ini. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.