Pihak manakah yang akan kamu pilih dalam perang konsol vs PC!

Istilah “console war” yang biasa ditujukan kepada persaingan antara PlayStation dengan Xbox sepertinya akan segera berakhir. Saat ini keduanya justru memiliki saingan lain. Apakah saingan misterius ini adalah Nintendo? Sampai NX diumumkan, Nintendo masih belum dapat dimasukkan dalam hitungan. Lantas siapakah yang menjadi rival dari PlayStation dan Xbox? Siapa lagi jika bukan PC. Setelah sekian lama, akhirnya kedua penguasa industri game ini mengibarkan bendera perang kepada PC.

Bayangkan pada tahun 2015 kemarin jumlah total pendapatan dari PC bahkan melampaui mobile. Dikutip dari Gamesindustry, keuntungan yang diperoleh dari penjualan game PC dapat mencapai $ 6.3 billion sedangkan game mobile hanya mencapai $ 2.5 billion. Pendapatan paling besar dari game PC diperoleh dari genre MMO ($ 17 billion) dan genre game berbasis social media ($ 8 billion). Jumlah tersebut kemungkinan dapat bertambah pada tahun 2016 ini. Wajar saja bukan jika pencipta konsol menginginkan jumlah tersebut juga masuk ke dalam pundi-pundi uangnya.

Demi menarik perhatian gamer PC, baik Sony maupun Microsoft telah mempersiapkan strateginya masing-masing. Seperti apakah perang konsol vs PC ini? Yuk langsung dilihat halaman berikutnya…