Eksklusivitas Konten Call of Duty: Modern Warfare Dipertanyakan, Developer Buka Suara

Kontroversi soal konten eksklusif Call of Duty: Modern Warfare sedang menjadi sorotan gamer. Dari semua mode yang ada di game tersebut, ternyata ada satu yang hanya bisa diakses oleh platform tertentu. Mode yang dimaksud adalah Spec Ops Surival Mode eksklusif untuk PS4 selama satu tahun. Mode ini baru bisa diakses dari platform lain pada 1 Oktober 2020.

Pengumuman ini bisa kamu lihat pada trailer Call of Duty: Modern Warfare yang dirilis pada acara State of Play milik Sony. Kamu bisa melihatnya pada durasi 2:30.

Adanya konten eksklusif ini membuat para fans Call of Duty berang. Website Reddit dan media sosial Twitter menjadi tempat bagi para fans yang kecewa untuk menumpahkan kekesalannya. Bahkan ada anggapan jika konten eksklusif ini dibuat karena perjanjian antara Activision dan Sony agar mode cross-platform bisa digunakan di PS4.

Merespon amarah para fans Call of Duty, developer Infinity Ward akhirnya buka suara. Narative Director Infinity Ward, Taylor Kurosaki mengakui jika Spec Ops Survival Mode eksklusif di PS4 selama satu tahun. Ia menghimbau kepada para fans agar tidak khawatir karena mode Spec Ops yang lainnya akan terbuka bagi gamer di semua platform.

Ia juga menyebut jika pemberitaan mengenai mode eksklusif di Call of Duty: Modern Warfare terlalu berlebihan. “Spec Ops Survival Mode hanya 1 persen saja. Sisanya 99 persen dari Call of Duty: Modern Warfare terbuka bagi semuanya. Jika saya harus memilih maka saya memilih untuk memainkan game dengan konten 99 persen pada waktu yang sama, dibandingkan game dengan konten 100 persen tapi belakangan,” Tutur Taylor. (Thanks Polygon)

Ketika ditanya mengenai kenapa Infinity Ward menggunakan kebijakan seperti itu, Taylor secara blak-blakan mengatakan jika keputusan tersebut tidak berada di tangannya maupun Infinity Ward.

Call of Duty: Modern Warfare akan dirilis pada tanggal 25 Oktober di PS4, Xbox One, dan PC. Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu mendukung praktik eksklusivitas seperti ini?