Memainkan game Digimon Links ibarat bernostalgia. Game RPG dengan sistem turn based, menaikkan level Digimon sampai akhirnya berevolusi ke wujud yang lebih keren, skill yang memorable. Itu semua bisa kamu jumpai dalam Digimon Links, game mobile yang memang dibuat untuk para fans digimon.

Game ini sebenarnya sudah ada semenjak tahun 2016 kemarin tapi hanya di wilayah Jepang saja. Baru pada bulan Oktober 2017, Bandai Namco resmi merilis versi internasionalnya.

Menjadi Tamer Terbaik di Dunia Digital!

Dalam Digimon Links, kamu akan berperan sebagai seorang tamer. Ditemani oleh asisten wanita kawaii bernama Hina, misi utamamu adalah menciptakan digimon terkuat di dunia digital. Tidak ada storyline, tidak kisah cinta, tidak ada monster yang mengancam dunia. Tujuan utama di game ini hanya satu, yaitu menaikkan level digimon jagoanmu dari rookie sampai mega.

Sistem yang Kembali ke Klasik

Masih ingat dengan game Digimon 2 dan Digimon Dawn/Dusk? Bisa dibilang Digimon Links adalah perpaduan keduanya. Unsur Digimon 2 ada pada combat system-nya, sedangkan unsur Digimon Dawn/Dusk tercermin dari fitur farm.

Saat pertama kali memulai Digimon Links, Hana akan memberi pemain sebuah farm. Pada farm ini kamu bisa membuat rumah, warehouse, kebun daging (Ya kebun daging), dan berbagai macam bangunan lainnya. Setiap bangunan ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalnya kebun adalah untuk tempat menanam daging yang merupakan makanan favorit digimon.

Ngomongin soal daging, penulis jadi ingat game Digimon World saat digimon yang baru diberi makan mendadak buang air besar sembarangan dan berubah menjadi Sukamon. Sayang fitur ini tidak ada dalam Digimon Links. Fungsi daging di sini bukanlah untuk membuat kenyang, tapi untuk menaikkan level digimon.

Ada dua cara untuk menaikkan level di game ini. Pertama adalah memberi makan daging dalam jumlah tertentu. Kedua adalah dengan cara old fashion, yaitu grinding. Cara ini adalah kegiatan yang membosankan sekaligus melelahkan. Untungnya di game ini ada fitur auto combat dan fast forward. Jadi agak sedikit menolong walaupun akhirnya tetap boring juga.

Hal lainnya yang harus kamu ketahui adalah kamu dapat melatih digimonmu di farm. Ingin digimon punya skill lain? Kamu bisa menggunakan fitur legacies. Ingin menggabungkan dua Digimon? Ada fitur research. Kamu juga bisa memasang chip ke Digimon agar semakin kuat dalam pertarungan. Ragam fitur ini sebenarnya bagus, tapi kadang bisa membuat pemain jadi merasa overwhelmed. Bingung karena sangking banyaknya hal yang bisa dilakukan.

Combat system di Digimon Links adalah 3vs3. Saran penulis adalah pilih digimon pertama yang memiliki leader skill karena akan memberikan bonus tambahan bagi digimon yang lain. Pastikan juga skill yang dimiliki digimonmu adalah titik lemah dari lawan. Misalnya untuk melawan digimon tipe api, kamu sebaiknya menggunakan digimon tipe air.

Game memiliki fitur online yaitu co-op. Digimonmu akan bertarung bersama dengan digimon milik orang lain untuk menyelesaikan quest. Ada juga fitur Coloseum khusus untuk mereka yang doyan PvP. Saran penulis jangan sekali-sekali mencoba PvP kecuali Digimon milikmu sudah memiliki status awakening.

Next