Deretan Kartu Grafis seri RTX 40 dari ASUS yang akan Dirilis di Indonesia

ASUS hari ini mengumumkan bahwa kartu grafis ROG Strix dan kartu grafis TUF Gaming yang baru akan segera tersedia di Indonesia. Lini kartu grafis gaming ini menghadirkan seri GPU NVIDIA® GeForce RTX® 4000 yang sudah lama dinanti-nantikan, dimulai dari GeForce RTX tingkat atas, yaitu RTX 4090 24 GB, RTX 4080 16 GB, sampai RTX 4080 12 GB.

Didukung oleh arsitektur NVIDIA Ada Lovelace baru yang sangat efisien, generasi RTX ke-3, GPU GeForce RTX 40 Series memiliki performa super kencang dalam hal kinerja, neural rendering, dan banyak lagi kemampuan lainnya bagi para gamer dan konten kreator. Kemajuan besar dalam teknologi GPU ini merupakan pintu gerbang menuju pengalaman bermain game yang paling imersif, fitur AI yang luar biasa, dan workflow pembuatan konten yang paling cepat. GPU ini mendobrak standarisasi teknologi grafis yang cangih menuju masa mendatang.

Kartu grafis ROG dan TUF Gaming menyandingkan performa kuat tersebut dengan berbagai macam inovasi untuk menghadirkan performa yang lebih tinggi, suhu yang lebih rendah, dan keandalan yang ditingkatkan untuk bekerja maupun bermain game.

Mengukuhkan klaim dengan ROG Strix GeForce RTX 4090

Buat pengguna yang mencari kartu grafis terbaik generasi ini, maka tentu saja, kartu grafis ROG Strix GeForce RTX 4090 adalah jawabannya. Dengan keperkasaan yang belum pernah ada sebelumnya, kartu ini dirancang untuk menampilkan resolusi ultra-high atau refresh rate super cepat untuk membantu pengguna menguasai medan pertempuran.

Untuk mengeluarkan performa terbaik dari Strix GeForce RTX 4090, ASUS menekankan sistem pendinginan sebagai prioritas utama. Desain kartu grafis setebal 3,5-slot ini terdiri dari frame metal die-cast, shroud, dan backplate. ROG Strix GeForce RTX 4090 memiliki struktur ultra-rigid yang terbuat dari lapisan frame dengan kalkulasi ketat untuk mencegah PCB longgar atau melengkung. Struktur ultra-rigid tersebut juga memungkinkan aliran udara yang lancar dan tanpa hambatan berkat pass-through vent yang diperbesar di bagian belakang kartu grafis yang panjangnya 357 mm ini.

Namun, dengan GPU yang tangguh seperti GeForce RTX 4090 ini, ASUS ingin melangkah lebih jauh dari sekadar heatsink besar dan backplate berventilasi. Makanya, tim engineer pun membangun kembali desain heatsink dari nol. ROG Strix GeForce RTX 4090 didesain dengan vapor chamber yang baru dan permukaan heatsink 30% lebih luas daripada di ROG Strix GeForce RTX 3090 generasi sebelumnya.

Vapor chamber yang ada di sini bukan seperti yang biasa ditemukan. Untuk mengalirkan panas yang lebih baik, desain vapor chamber yang sudah dipatenkan ini menambahkan beberapa kanal di bawah heatpipes. Jadi, alih-alih ditempelkan rata di atas permukaan vapor chamber, heatpipe tersebut dibenamkan ke dalam vapor chamber sehingga memungkinkan lebih banyak panas yang dihantarkan secara efisien kepada empat heatpipe 8 mm dan tiga heatpipe 6 mm untuk kemudian menyebar ke heatsink fins. Ketika mengalami beban thermal sebesar 500 watt, desain mutakhir ini dapat menurunkan suhu sebesar 5°C lebih dingin daripada desain vapor chamber konvensional.

ASUS juga meningkatkan kualitas kipas Axial-tech. Dengan desain yang lebih tebal, ROG Strix GeForce RTX 4090 menghadirkan tujuh bilah kipas dan full barrier ring yang memberikan aliran udara 23,8% lebih banyak serta tekanan udara 19,3% lebih tinggi daripada kipas generasi sebelumnya pada ROG Strix GeForce RTX 3090. Dengan peningkatan ini, ASUS mampu menjaga suhu GPU dan akustik pada level yang sama dengan model generasi sebelumnya meskipun GPU kali ini membutuhkan daya yang lebih besar.

Berbicara tentang daya, dapat dikatakan jika GeForce RTX 4090 ini adalah jawaranya kartu grafis gaming. Oleh karena itu, ASUS telah menyertakan jalur phase 12+4 yang terdiri dari 70-amp power stage dan dengan dua power stage per fase yang mengisi GPU, artinya jumlah totalnya adalah 24+4. Selanjutnya, digital controller pada PCB, selain menawarkan presisi yang lebih tinggi saat mendeteksi daya, juga mengkonversi dan menyeimbangkan daya dengan lebih baik untuk mengurangi kebisingan dan interferensi. Dengan power supply berkualitas (seperti ROG Thor 1200P2), pengguna tidak akan memiliki masalah ketika menggunakan kartu grafis ini. Apalagi kartu grafis ini memiliki dukungan PCIe® 16-pin native, pengguna dapat memasangkannya tanpa memerlukan adaptor apa pun.

Semua fitur kelas atas yang sama dengan kartu ROG Strix lainnya juga disuguhkan di sini. Lampu belakang ARGB pada ROG Strix GeForce RTX 4090 didukung oleh Aura Sync untuk menawarkan pencahayaan yang dapat disesuaikan di seluruh rakitan PC Anda. Sementara itu, dua header FanConnect II memungkinkan kontrol kipas casing melalui pembacaan suhu di GPU menggunakan software ASUS GPU Tweak III yang baru. Bagi mereka yang tidak ingin mengutak-atik terlalu banyak, switch Dual Bios memungkinkan seseorang untuk memilih antara mode kinerja maksimum dan mode yang lebih senyap. Meskipun, dengan teknologi ASUS 0dB, kartu grafis juga akan bekerja dengan hening pada beban rendah, apapun mode yang dipilih.

Terakhir, seperti kartu ROG yang lain, Strix GeForce RTX 4090 dibangun dengan proses manufaktur yang dinamakan ASUS Auto-Extreme yang minim intervensi manusia, sehingga pengguna dapat mengharapkan kinerja jangka panjang yang andal, langsung dari pabrikannya.

Naik Satu Tingkat Lebih Tinggi dengan TUF Gaming GeForce RTX 4090

Buat yang menginginkan kartu grafis dengan performa luar biasa dan desain yang kokoh, maka TUF Gaming GeForce RTX 4090 dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan desain yang sedikit lebih tebal dari versi kembarannya, setebal 3,65-slot, model TUF memiliki ukuran sedikit lebih pendek yaitu 348 mm. Hal ini dimaksudkan untuk kompatibilitas casing yang lebih luas, serta kinerja, pendinginan, dan manajemen daya yang sangat baik.

TUF Gaming GeForce RTX 4090 menggunakan shroud unibody die-cast yang terhubung langsung ke backplate berbahan aluminium. Hal itu dimaksudkan untuk memperkuat struktur secara keseluruhan dan melindungi PCB agar tidak longgar tetapi tetap menawarkan banyak aliran udara. Logo TUF akrilik 3D yang diperbarui di sepanjang shroud dilengkapi dengan pencahayaan ARGB yang kompatibel dengan Aura Sync. Sementara itu, loop velcro yang dapat dilepas menawarkan opsi manajemen kabel tambahan. Ventilasi besar di tepi backplate memungkinkan lebih banyak udara mengalir melalui fins dari kipas Axial-tech yang berukuran lebih besar, sehingga memberikan aliran udara 20% lebih besar daripada TUF Gaming GeForce RTX 3090 Ti generasi sebelumnya.

Seperti varian Strix, ASUS juga telah mendesain ulang pendinginan kartu grafis TUF Gaming dengan vapor chamber yang baru untuk perpindahan panas yang jauh lebih baik. Meskipun tidak menggunakan desain vapor chamber yang sama dengan ROG Strix, kedelapan heatpipenya — lima heatpipe 8 mm dan tiga heatpipe 6 mm — menawarkan peningkatan dalam potensi pendinginan, yaitu area kontak yang 35% lebih lebar dibandingkan dengan TUF Gaming GeForce RTX 3090. Seperti seri Strix yang lain, pengguna dapat memilih antara mode kinerja dan mode senyap mengunakan switch Dual BIOS onboard atau melalui software GPU Tweak III yang baru.

Untuk memberikan daya yang diperlukan, TUF Gaming GeForce RTX 4090 menggunakan konektor standar baru PCIe 5.0 16-pin yang dapat mengirim daya listrik yang lebih besar dan stabil. Selanjutnya, kartu grafis ini dilengkapi dengan kapasitor 20K-rated serta power stage arus tinggi dalam konfigurasi 10+4. Selain itu, proses manufaktur Auto-Extreme menawarkan masa pemakaian yang lama dan tangguh, sesuai dengan namanya, TUF. Dengan demikian, kartu grafis ini dapat menemani Anda bermain game bertahun-tahun lamanya.

Musnahkan Lawan Anda dengan ROG Strix GeForce RTX 4080 16GB

Untuk kartu grafis berperforma tinggi yang menggabungkan estetika dan performa, ROG Strix GeForce RTX 4080 16GB yang baru adalah pilihan yang sangat baik untuk PC generasi terdepan. Baik memainkan game AAA yang sedap di mata dengan grafis resolusi tinggi maupun bermain game esports ketika setiap frame begitu penting, ROG Strix GeForce RTX 4080 16GB yang di-overclock dari pabrikannya membawa GPU baru ini menuju potensi tertingginya.

Untuk melakukannya, ROG Strix GeForce RTX 4080 16GB memiliki desain pendingin setebal 3,5 slot serta menggunakan frame metal die-cast, shroud, dan pelat belakang yang sama dengan ROG Strix GeForce RTX 4090 sehingga memberikan desain rigid bagi PCB. Dengan panjang 357 mm, ROG Strix GeForce RTX 4080 16GB menawarkan heatsink yang besar untuk pembuangan panas yang lebih optimal serta backplate dengan ventilasi yang diperbesar untuk mengalirkan udara.

Namun, di bawah heatsink ada perangkat yang memiliki peran penting dari kartu grafis gaming ini. Sama seperti versi kembarannya yang tenaganya lebih tinggi, ASUS ROG Strix GeForce RTX 4080 16GB tidak menggunakan desain heatpipe tradisional biasa, melainkan menggunakan vapor chamber ASUS eksklusif baru yang menggunakan milled channel untuk memberikan lebih banyak area kontak dengan heatpipe. Dengan desain yang lebih efisien ini, ASUS dapat meningkatkan suplai daya tanpa membuat suhu jadi lebih panas.

ASUS memasangkan heatsink dan vapor chamber dengan kipas Axial-tech yang juga telah diperbarui, yang menggunakan desain lebih tebal dengan tujuh bilah kipas dan full barrier ring untuk aliran dan tekanan udara yang lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Hal ini memungkinkan para engineer ASUS untuk mengurangi suhu GPU dan kebisingan kipas yang lebih maksimal meskipun daya yang diberikan kepada GPU onboard generasi terdepan ini lebih ekstra.

Tentunya ROG Strix GeForce RTX 4080 16GB penuh dengan fitur-fitur yang membuatnya jadi yang terbaik dibanding para pesaingnya. ROG Strix GeForce RTX 4080 16GB dilengkapi dengan lampu belakang ARGB yang terhubung dengan pencahayaan PC melalui Aura Sync; serta terdapat dua header FanConnect II yang menawarkan kontrol kipas casing melalui perangkat lunak GPU Tweak III. Selanjutnya, switch Dual BIOS menawarkan pilihan antara kinerja maksimum dan akustik yang senyap. Sedangkan teknologi 0dB memastikan kedua mode akan sepenuhnya senyap saat beban kerja ringan. Semua hal tadi diracik dengan proses manufaktur Auto-Extreme sehingga pengguna memiliki kartu grafis yang andal dan tidak akan mengecewakan. Karena GeForce RTX 4080 terbaik ini, ROG Strix dapat diandalkan bahkan dalam kondisi baku tembak terberat sekalipun.

Bermain Game Berjam-jam dengan TUF Gaming GeForce RTX 4080 16GB

Dibangun dengan performa dan daya tahan tinggi, TUF Gaming GeForce RTX 4080 16GB menghadirkan performa generasi terdepan dalam bentuk desain yang keka. Dibandingkan dengan TUF Gaming GeForce RTX 3080, kartu grafis yang baru ini menawarkan shroud unibody die-cast dan blackplate berbahan aluminium untuk melindungi PCB di bawahnya. Selain itu, ia juga dilengkapi dengan heatsink setebal 3,65 slot untuk pendinginan tingkat tinggi. Artinya, ukurannya lebih tebal dari varian Strix yang lain, tetapi juga lebih pendek 9mm untuk kompatibilitas casing yang lebih luas.

Kemudian, tiga kipas Asus Axial-tech akan menciptakan aliran udara yang optimal — dengan kipas paling kanan meniupkan udara melalui ventilasi baru di sepanjang tepi backplate. Ukuran ventilasi ini secara signifikan lebih besar dari generasi sebelumnya sehingga memungkinkan kondisi kerja yang lebih dingin. Selain itu, tampilannya unik karena terdapat logo TUF di sepajang backplate dan frame ventilasi. Di bagian bawah, logo TUF 3D berbahan akrilik yang telah diperbarui dapat bersinar di tepi shroud dengan pencahayaan ARGB yang dapat disesuaikan dengan perangkat PC lainnya menggunakan Aura Sync. Terdapat pula switch Dual BIOS yang memungkinkan seseorang memilih antara mode kinerja dan mode senyap maupun melakukan penyesuaian manual dengan GPU Tweak III. Bagi Anda yang butuh kartu grafis dengan kinerja tinggi dan super awet, Anda bisa melengkapi PC kesayangan dengan kartu grafis TUF Gaming GeForce RTX 4080 16 GB.

Taklukan musuh dengan penuh gaya menggunakan ROG Strix GeForce RTX 4080 12GB

Bersamaan dengan varian 16 GB, ASUS juga merilis ROG Strix GeForce RTX 4080 12GB yang menawarkan performa masif dalam ukuran yang lebih kecil; namun tetap memiliki semua gaya dan substansi yang diharapkan pengguna ROG Strix. Dengan tebal 3,15-slot dan panjang 336 mm, kartu ini memiliki permukaan heatsink yang luas untuk aliran udara, desain bertemakan cyberpunk yang baru, serta struktur ultra-rigid seperti versi lainnya yang lebih besar.

Semua fitur yang harus dimiliki Strix juga ada di versi ini: Pengguna dapat memilih mode kinerja atau mode senyap dengan switch Dual-BIOS. Pengguna juga bisa menyambungkan kipas casing ke dua header FanConnect II, maupun membuat PC kian gemerlap dengan lampu ring ARGB yang kompatibel dengan Aura Sync. Sementara itu, sirkulasi daya yang andal dan kualitas rakitan yang telah teruji melalui proses manufaktur Auto-Extreme membuat kartu ini siap digunakan selama bertahun-tahun. Untuk kartu grafis yang lebih terjangkau namun tetap mentereng ala Strix, ROG Strix GeForce RTX 4080 12GB tidak bisa diremehkan.

Buktikan keberanian Anda dengan TUF Gaming GeForce RTX 4080 12GB

Terakhir, ASUS juga menawarkan varian TUF Gaming yang ditenagai oleh GeForce RTX 4080 12GB yang sama kuatnya dengan versi Strix-nya. Kartu grafis ini memiliki heatsink yang sedikit lebih tebal serta desain kartu grafis yang lebih pendek. Dengan ketebalan 3.25 slot dan dilengkapi kipas Axial-Tech yang tahan lama, Anda tidak akan kekurangan potensi pendinginan. Sementara, ukurannya yang lebih pendek, 305mm, menawarkan kompatibilitas casing terluas dari kelompok tersebut.

Selanjutnya, TUF Gaming GeForce RTX 4080 12GB memiliki shroud unibody die-cast yang kekuatan strukturnya sama dengan versi yang lebih besar. Selain itu, ventilasi yang lebar pada backplate membuat aliran udara meningkat dibandingkan dengan model generasi sebelumnya. TUF Gaming GeForce RTX 4080 12GB selain menawarkan switch DUAL BIOS yang sama seperti versi lain juga dilengkapi dengan logo ARGB TUF pada shroud yang telah didesain ulang untuk sentuhan gaya baru. Di samping itu, kartu grafis ini juga memiliki kapasitor yang sesuai standar militer serta berkualitas manufaktur Auto-Extreme yang sudah dikenal pada semua kartu TUF. Jika seseorang menginginkan kartu grafis yang dapat dipakai berkali-kali, TUF Gaming GeForce RTX 4080 12GB hadir dengan komitmennya terhadap kinerja kartu grafis gaming yang tahan lama.

Kartu Grafis yang Berkuasa

ROG Strix, TUF Gaming GeForce RTX 4090, dan RTX 4080 adalah beberapa kartu grafis gaming paling kuat yang kami suguhkan. Kartu grafis tersebut memberikan kinerja yang tak tertandingi untuk digunakan di PC kelas atas. Untuk memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari  PC generasi terdepan, pasangkan kartu grafis baru milik Anda dengan salah satu power supply premium kami, seperti ROG Thor 1000P2,  1728ROG Thor 1200P2 atau  ROG Loki SFX-L 1000W Platinum untuk rakitan PC small form factor (SFF). Dengan komponen yang berkualitas tinggi, pengoperasian yang senyap, dan garansi 10 tahun, PC kesayangan Anda akan bersanding dengan pasangan yang tepat.