Baru Main Apex Legends? ini 9 Tips Dasar yang Perlu Diketahui

Baru seminggu dirilis, demam Apex Legends sudah dirasakan dimana-mana. Game battle royale milik EA ini berhasil menyihir gamer. Data terakhir dari jumlah pemain yang telah registrasi di game sangat luar biasa. Pada minggu pertama, sudah ada 25 juta pemain yang terdaftar. Angka ini diprediksi akan terus meningkat.

Demam Apex Legends tidak hanya dirasakan di luar saja, tapi juga di negara Indonesia tercinta. Gamer di Indonesia paling doyan dengan game yang kompetitif dan gratis. Syarat tersebut semuanya dimiliki oleh Apex Legends.

Kendala utama dari gamer baru di Apex Legends adalah belum mengerti dengan mekanisme game. Tidak perlu khawatir karena pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa tips dasar agar kamu bisa mengerti mekanisme di Apex Legends.

1. Tim Battle Royale

Apex Legends adalah permainan tim. Satu tim terdiri dari tiga orang. Seluruh anggota tim bebas memilih karakter yang digunakan. Tapi lebih baik jika karakter yang dipilih mendukung satu sama lainnya.

2. Tentukan Peranmu Dalam Tim

Keunikan dari Apex Legends adalah karakter yang digunakan memiliki role dan skill yang berbeda. Kamu harus menentukan lebih dulu ingin menjadi role apa sebelum memilih karakter. Saran saya untuk karakter pemula kamu bisa mencoba Bloodhound dan Lifeline.

Bloodhoud adalah karakter tipe attacker. Skill yang dimiliki Bloodhound bisa membuat pemainnya dapat melacak lokasi musuh. Lifeline adalah healer. Hampir semua skill Lifeline dapat menyembuhkan anggota tim yang lain.

3. Bersama Saat Terjun lalu Berpencar Saat Mendarat

Setelah terjun ke medan pertempuran ada baiknya kamu dan anggota tim berpencar. Tujuannya adalah mengumpulkan item seperti armor, helmet, weapon, terutama ammo. Setelah semua siap mulailah bergerak bersama. Saran saya hindari tempat-tempat yang rawan, kecuali kamu sudah merasa sanggup.

Jika bertemu dengan robot kecil yang berbetuk Apex Pack, pastikan untuk menembak atau memukulnya. Kenapa? Robot ini membawa satu rare loot yang pastinya berguna dalam pertempuran.

Jika lihat robot seperti ini langsung hajar!

4. Kenali Map

Setiap wilayah di dalam map Apex Legends memiliki sistem tier berdasarkan jenis loot. Tujuanmu sebenarnya adalah wilayah-wilayah hot zone atau wilayah yang memiliki loot untuk tier atas dan menengah. Namun wilayah ini biasanya juga jadi target oleh pemain lain. Artinya kamu harus siap untuk berperang jika mendatangi wilayah tersebut. Wilayah ini biasanya ditandai di map dengan tanda lingkaran putih.

Kamu juga bisa mendapatkan loot dari supply ship. Item yang didapatkan dari supply ship biasanya adalah tier tinggi. Karakter Lifeline juga bisa mendatangkan loot dengan skill ultimate, supply drop.

5. Item Rarity

Semua item di Apex Legends memiliki rarity. Biasanya semakin tinggi rarity-nya, semakin kuat pula item-nya. Rarity ini dilambangkan dengan warna:

  • Putih: common
  • Biru: rare
  • Ungu: epic
  • Emas: legendary

Untuk senjata, saat ini ada dua senjata yang masuk dalam tingkat rarity legendary, yaitu Mastiff dan Kraber. Mastiff adalah senjata dengan tipe shotgun, sedang Kraber adalah senjata tipe sniper rifle. Keduanya tidak menggunakan ammo biasa, jadi gunakan sebaik mungkin jika mendapatkannya.

6. Kenali Tanda dari Musuh

Setiap kali menembak musuh, kamu bisa melihat angka yang muncul. Angka ini biasanya memiliki warna berbeda-beda. Apa maksudnya? Warna tersebut menunjukkan seperti apa kondisi musuh yang ditembak:

  • Emas: tembakan headshot
  • Ungu: shield level 3
  • Biru: shield level 2
  • Putih: shield level 1
  • Merah: tanpa shield

Jika musuh yang ditembak mengeluarkan angka merah, maka artinya ia tidak lagi memiliki armor dan bisa dibunuh dengan cepat.

7. Gunakan Fitur Ping Sebaik Mungkin

Apex Legends memiliki fitur yang bisa digunakan sebagai alat komunikasi antar pemain. Fitur ini bernama ping. Fitur ini bisa diaktifkan dengan mudah, cukup dengan menekan satu tombol (Tekan R1 di kontroler untuk PS4 dan tombol tengah mouse untuk PC) saja. Melalui fitur ping kamu bisa menandai lokasi musuh dan item

Akan lebih baik lagi jika kamu berkomunikasi langsung dengan anggota tim yang lain menggunakan microphone. Ingat, Apex Legends meski battle royale masih memiliki unsur teamplay.

8. Ada Fitur Finisher dan Revive

Satu fitur yang patut mendapat perhatian di Apex Legends adalah finisher. Setiap menjatuhkan musuh (Knockdown), kamu akan mendapat kesempatan untuk melakukan finisher. Meski terlihat keren, finisher justru berbahaya karena membuat karaktermu terbuka dari serangan musuh.

Jika salah satu anggota tim tewas, anggota tim yang lain bisa kembali menghidupkannya. Saya tidak menyarankan kamu langsung menghidupkan anggota tim yang mati. Kenapa? Bisa saja itu adalah jebakan yang dibuat oleh musuh. Pastikan dulu kondisi aman sebelum mulai menghidupkan.

Setiap kali dihidupkan, pemain yang mati akan spawn di respawn station. Pemain yang mati juga akan kehilangan senjatanya.

Respawn point di Apex Legends

9. Maksimalkan Kebebasan Bergerak

Keunikan lain dari Apex Legends adalah kemampuan untuk bergerak bebas. Setiap karakter di game ini bisa memanjat dinding dan ngesot aka slide. Khusus untuk slide, gunakan ini untuk mempercepat langkah karaktermu. Kamu juga bisa bergerak lebih cepat jika menyarungkan senjata saat berlari.

Dalam map juga terdapat jump tower. Fungsi dari jump tower adalah agar karaktermu bisa menjelajah wilayah lain dengan cepat. Jatuh tidak memberikan damage jadi jangan ragu-ragu untuk meloncat dari ketinggian.

Itulah tips dasar untuk bermain Apex Legends. Jika kamu sudah menguasai semuanya, maka artinya kamu hampir menguasai game ini. Selamat mencoba.