Untuk dapat menarik hati para gamer, publisher dan developer harus bisa membuat trailer game yang menarik. Tujuannya adalah agar gamer tertarik dan akhirnya mau membeli produk game yang dibuat.

Namun, tidak semua game sesuai dengan janji-janji manis yang disuguhkan pada trailernya. Gamer yang membeli game tersebut akhirnya merasa tertipu. Mereka sudah mengeluarkan uang yang jumlahnya tidak sedikit untuk membeli, tapi gamenya tidak sesuai ekspektasi.

Agar kamu tidak terjebak oleh, ada baiknya kamu mengetahui 8 game yang memiliki trailer menipu. Setidaknya kamu sudah mengerti cara membedakan trailer  yang fake dan tidak.

1. Watch Dogs

Dalam trailernya Ubisoft memperlihatkan Watch Dogs sebagai game dengan visualisasi canggih dipadu konsep open world futuristik. Di dalam trailer sang karakter utama, Aiden Pearce dapat berinteraksi dan memecahkan masalah hanya dengan ponselnya.

Ketika gamenya yang dirilis, ternyata visualisasi yang disuguhkan tak seindah trailer. ALur cerita dari game tersebut juga sangat linear.

2. Dead Island

Trailer Dead Island sangatlah menjanjikan. Game ini seakan menawarkan inovasi baru dari game zombie dengan menawarkan cerita yang menyentuh. Bayangkan bagaimana perasaan orang tua yang melihat anaknya menjadi zombie di depan matanya.

Sayangnya cerita tersebut hanya ada di trailer saja. Game Dead Island yang asli justru bertolak belakang dengan trailernya, tapi tetap menyenangkan untuk dimainkan.

3. Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty

Game buatan Hideo Kojima, Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty juga masuk dalam daftar. Pada trailernya diperlihatkan jika Solid Snake menjadi karakter utama game ini. Namun ketika gamenya rilis malah mengecewakan. Solid Snake menghilang! Ia hanya bisa dimainkan pada bagian awal game saja. Selanjutnya pemain akan menggunakan tokoh baru, Raiden sampai tamat.

4. Alien: Colonial Marines

Aliens: Colonial Marines adalah contoh bagaimana pembuat game tidak jujur dengan game buatannya. Dalam trailer awalnya, game ini memperlihatkan visualisasi yang mencengangkan. Bagaimana marines diserang dari segala sisi oleh alien.

Sayang, ekspetasi yang diharapkan gamer ternyata hilang saat memainkan gamenya. Tampilan visual menurun, belum lagi alien yang menjadi bodoh dan tidak sepintar seperti di trailer. Hanya satu kata yang bisa diberikan kepada Alien: Colonial Marines, MENGECEWAKAN!

5. No Man’s Sky

Game eksplorasi No Man’s Sky mungkin masuk dalam sejarah sebagai game dengan trailer menipu paling sukses. Dalam trailer gamer dijanjikan petualangan yang menantang untuk menemukan planet yang jumlahnya sangat banyak. Setiap planet akan memiliki keunikan, mulai dari ekosistem sampai iklim. Belum lagi perang luar angkasa dimana pemain bisa bermain bersama pemain lainnya di mode multiplayer.

Saat gamenya dirilis, fitur-fitur yang dijanjikan tersebut malah menghilang. Unsur sandbox yang dianggap menantang malah membuat game jadi membosankan.

6. Game of Dice

Merasa asing dengan judul game ini? Wajar saja karena trailernya hanya muncul di media sosial seperti Instagram. Trailer ini menunjukkan game bergaya anime dengan beragam karakter. Setiap karakter memiliki peran dan kisahnya sendiri. Tapi saat dimainkan, game ini ternyata hanyalah sebuah game casual dengan karakter chibi. Sangat berbeda dengan trailernya.

7. Final Fantasy XIII

Trailer Final Fantasy XIII benar-benar mencuri perhatian. Sang karakter utama, Lighting tidak hanya cantik tapi juga dapat melakukan gerakan-gerakan akrobat saat bertarung. Sayangnya gameplay Final Fantasy XIII yang asli tidak sesuai dengan trailer. Lighting cs justru “terikat” dalam mode turn-based dan tidak dapat bergerak bebas.

8. Destiny

Trailer Destiny menawarkan kebohongan kepada game. Bungie dan EA memperlihatkan Destiny sebagai game MMO dengan jalan cerita yang kuat. Tapi game aslinya justru berbanding terbalik. Cerita dari Destiny sangatlah singkat dan tidak jelas. Untuk mengetahui ceritanya lebih lanjut, pemain harus membeli DLC.

Itulah 8 judul game dengan trailer yang menipu. Pelajaran yang bisa kamu petik adalah sebelum membeli game, ada baiknya jika kamu melihat gameplay terlebih dahulu dari YouTube atau membaca review dari media game. Jadilah gamer yang pintar.

Nah, agar lebih aman dan nyaman, beli PSN Card lewat tombol di bawah ini :

Sedangkan untuk membeli Voucher Google Play bisa lewat tombol di bawah ini :

Buat kamu gamer PC, Steam Wallet bisa kamu beli lewat tombol di bawah ini :