Selama bulan Ramadan, umat muslim diwajibkan untuk menahan diri dari rasa lapar dan haus, juga menghindari hal-hal lain yang bisa membatalkan puasa. Tidak ada larangan untuk bermain game saat berpuasa, tapi alangkah baiknya jika kamu cermat dalam memilih game yang dimainkan.

Kenapa harus cermat? Karena ada fitur dan konten dalam game yang bisa membatalkan puasa. Berikut adalah 5 contohnya:

1. Game dengan Karakter Seksi

Ada beberapa game tertentu yang menampilkan karakter seksi. Biasanya karakter seperti ini didandani dengan wajah cantik dan pakaian minim. Melihat karakter seperti ini saat berpuasa bisa membuat batal. Ingat, kamu juga diharuskan menawan hawa napsu saat berpuasa. Jadi saat berpuasa ada baiknya kamu menghindari game yang memiliki karakter seksi.

2. Game yang Mengandung Unsur Kekerasan

Kalau kamu perhatikan dengan baik-baik, kebanyakan game yang digandrungi gamer mengandung unsur kekerasan. Misalnya game dengan genre FPS (First Person Shooter) yang mengharuskan kamu untuk membunuh musuh di dalam game dengan senjata. Sebaiknya kurangi bermain game seperti ini demi menjaga puasa kamu dari efek negatif.

3. Game Sadis Penuh Darah

Game yang mengandung kekerasan saja bisa mengurangi pahala puasa, apalagi game yang mengandung unsur gore atau sadis. Game sadis yang memperlihatkan darah dan organ tubuh yang berceceran bisa membatalkan puasa. Bayangkan jika kamu mual lalu muntah saat memainkan game seperti itu. Kalau sudah muntah otomatis puasa kamu batal.

4. Fitur Multiplayer dalam Game juga Bisa Membatalkan Puasa

Meski bisa mengasah kemampuan kamu dalam membuat strategi dan bekerja sama, game multiplayer juga memiliki efek negatif ketika dimainkan saat berpuasa. Dalam game multiplayer biasanya ada pemain yang toxic atau doyan mengeluarkan kalimat buruk untuk mengejek pemain lainnya. Hal ini menyulut emosi kamu dan membuat marah. Akhirnya bermain game yang tadinya untuk menghibur malah membatalkan puasa.

5. Memilih Tingkat Kesulitan Tertinggi

Bermain game dengan tingkat kesulitan tertinggi memang menarik dan menantang. Tapi jangan salah, tingkat kesulitan tinggi artinya presentasi gagal juga semakin tinggi. Jika terus-terusan gagal bisa membuat emosi. Kalau sudah emosi akhirnya kamu akan marah dan berujung dengan batal puasa. Kamu mungkin juga bisa kehilangan game kamu karena dirusak, misalnya dibanting atau dihapus dari file.

Itulah 5 konten dan fitur dalam video game yang bisa mengurangi pahala bahkan membatalkan puasa. Bagaimana menurut kamu?