Untuk gamer generasi “kekinian” mungkin saja tidak terlalu atau bahkan sama sekali tidak mengenal Atari, salah satu pionir dalam industri game. Perusahaan game yang didirikan oleh Nolan Bushnell dan Ted Dabney ini pernah sangat berjaya pada eranya. Berbagai game serta konsol besutannya pernah menemani para gamer era 80an. Sebentar…80an? jadul banget ya…hehehe.

Semangat nostalgia era keemasan itulah yang mungkin mendorong Atari untuk mengembangkan Atari Vault, sebuah bundel spesial berisi 100 buah game klasik milik Atari yang rencananya akan disiapkan untuk platform game PC.

Seperti SEGA 3D Classics Collection, Atari Vault ini juga kabarnya bukan sekedar porting namun game-game tersebut dikembangkan ulang dengan penambahan beberapa fitur dan user interface yang baru. Namun begitu, gameplay aslinya tidak akan diubah. Pun dengan sejumlah elemen yang akan tetap dipertahankan termasuk soundtrack game ala 80-an.

Seperti yang Playcubic kutip dari PR Newswire, Atari Vault akan dipamerkan secara perdana di acara Penny Arcade Expo (PAX) South pada tanggal 29 sampai 31 Januari 2016. Rilis resminya sendiri akan dilakukan pada pertengahan tahun ini dan nantinya bisa didapatkan melalui Steam.